Friday 16 August 2013

Modal awal untuk menjadi wirausaha sukses

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa seseorang tidak mau membuka usaha. Salah satu alasan yang banyak  dikemukakan orang adalah ketiadaan modal usaha.  Mereka selalu beranggapan bahwa modal menjadi hambatan yang paling utama untuk membuka sebuah usaha. Sebaliknya, mereka selalu beranggapan bahwa dengan adanya modal usaha, maka mereka akan dengan mudah membuka usaha

Dalam menjalankan sebuah usaha, salah satu faktor pendukung yang dibutuhkan adalah modal. Jika kita ibaratkan memulai usaha dengan membangun sebuah rumah, maka adanya modal menjadi bagian pondasi dari rumah yang akan dibangun. Semakin kuat pondasi yang dibuat, maka semakin kokoh pula rumah yang anda bangun.

Begitu juga pengaruh modal terhadap sebuah usaha, keberadaannya mejadi pondasi awal usaha yang akan dibangun. Modal tidak selamanya dalam bentuk uang, beberapa modal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha, antara lain tekad, pengalaman, keberanian, pengetahuan, networking, serta modal uang atau aset itu sendiri. Namun dari beberapa modal yang dibutuhkan, kebanyakan orang terhambat memulai usaha karena mereka sulit untuk mendapatkan modal uang atau aset.

Pada kebanyakan kasus, sebenarnya modal bukanlah alasan seseorang utnuk tidak membuka usaha. Ketidakadaan ide usahalah yang sebenarnya yang menghambat seseorang untuk mulai membuka usahanya. Namun demikian, jika benar bahwa alasan seseorang tidak membuka usaha tersebut memang karena ketiadaan modal, maka perlu ada solusi yang harus dipecahkan bersama agar seseorang memiliki modal usaha untuk membuka usaha.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apa yang harus dilakukan jika usaha yang anda buka setelah sekian lama ternyata belum memberikan hasil sementara anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk memulai usaha tersebut ? Haruskah anda kembali menambah modal usaha untuk biaya promosi sekedar mengenalkan usaha anda ke pasar ? Jika hal tersebut yang akan anda lakukan, maka ada kemungkinan anda akan semakin terperosok dalam permasalahan modal usaha, yang pada akhirnya justru aakan menimbulkan kebangkrutan.

Dalam menjalankan usaha, modal memang sangat diperlukan. Namun alangkah bijaksananya jika modal yang tersedia tersebut tidak semata-mata untuk sekedar membuka usaha melainkan untuk mengembangkan usaha yang telah berjalan. Lalau bagaimana caranya seseorang bisa membuka usaha tanpa harus mengeluarkan modal? Inilah yang seharusnya bisa dilakukan oleh setiap orang sebelum membuka usaha.


No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal