Thursday 22 August 2013

Sistem Keagenan dan dan Distribusi

Strategi bisnis keagenan dan distribusi merupakan pola bisnis yang sudah jamak digunakan oleh sebagian besar pebisnis kawakan di Indonesia. Pola bisnis berbasis kedua sistem tersebut diyakini dapat lebih cepat memenangkan persaingan pasar dengan prospek jangka panjang. Seperti apa efektififitasnya dalam membangun brand dan mengukuhkan eksistensi di pasar

Pelaku bisnis keagenan dan distribusi juga biasanya tak segan untuk ikut serta dalam pameran-pameran skala international atau nasional, untuk melebarkan jangkauan pasarnya menjadi kian luas dan lebar. "Karena tujuan mereka hanya menjual barang dan bisa terdistribusi sampai di berbagai negara manapun, dan mereka selalu mencari partner untuk sama-sama menjual produknya di negara atau wilayah tertentu."

Bisnis keagenan dalam bidang jasa pengiriman dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan bisnis online yang mempengaruhi secara signifikan kepada jasa pengiriman. Dan, sebagian bisnis online menggunakan sistem keagenan yang harus mengirim barang melalui perusahaan pengiriman dalam intensitas yang tinggi

Wednesday 21 August 2013

Latar Belakang Analisa Laporan Keuangan

Latar Belakang Analisa Laporan Keuangan

Analisa Laporan keuangan ( Financial Statements ) dalam bentuk Neraca ( Balansheet ) dan Perhitungan Laba –Rugi ( Income Statement ) yang pada umumnya diterbitkan secara periodik ( triwulan, smester dan tahunan ) merupakan media penting dalam proses pengambilan keputusan perusahaan,  karena disamping merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang berisi informasi tentang prestasi perusahaan dimasa lampau, namun juga  dapat memberikan petunjuk dalam menetapkan kebijakan perusahaan dimasa mendatang.

Tidak dipungkiri lagi bahwa Laporan keuangan juga menjadi kebutuhan para pemegang saham , investor, pelaku pasar modal dan juga pemerintah. Kesalahan dalam menganalisa laporan keuangan perusahaan sudah barang tentu akan sangat berpengaruh kepada keputusan perusahaan, misalnya ketika perusahaan memperoleh laba yang besar , namun karena exekutif kurang memahami analisa ratio keuangan, sehingga untuk kepentingan operasional dan expansi perusahaan memutuskan untuk menambah jumlah hutang, yang akibatnya Debt Equity Ratio tinggi.

Demikian juga halnya perusahaan tetap saja melakukan expansi bisnisnya padahal  ROI yg dihasilkan dari investasi  jauh dibawah bunga deposito atau bisa juga  perusahaan memutuskan untuk membeli saham  di pasar modal padahal ROE dari perusahaan tersebut jauh dibawah bunga Deposito .
Dalam Dua hari Workshop ini , para peserta akan mendapatkan sharing  untuk  memahami , melakukan interprestasi dan  menganalisis laporan keuangan dengan benar, sehingga mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam proses pengambilan keputusan bisnis untuk pengembangan perusahaan.

Manfaat Peserta Workshop
  1. Memahami cara menganalisis, menginterprestasi dan menggunakan laporan keuangan
  2. Memahami Cash Flows, Balansheet dan Income Statement
  3. Mampu mengaplikasikan instrument dan teknik dalam menganalisa laporan keuangan
  4. Mampu menyusun dan membuat proyeksi laporan keuangan
Sasaran Peserta WorkshopPara praktisi dan exekutif perusahaan ( finance, treasurer, planning and budgeting analyst, tax, accounting, credit analyst, bankers, investment analyst ) , dewan komisaris perusahaan dan public yang berminat sharing dalam mendalami analisa laporan keuangan .

Materi Workshop
Materi Pertama

1.    INTRODUCTION  KONSEP DASAR MANAJEMEN KEUANGAN
  • FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN
  • PIHAK-PIHAK YANG MEMERLUKAN LAPORAN KEUANGAN
  • JENIS LAPORAN KUANGAN
2.    BASIC FINANCIAL STATEMENT S
  • NERACA ( BALAN SHEET )
  • PERHITUNGAN RUGI-LABA ( INCOME STATEMENT )
  • LAPORAN LABA DITAHAN ( STATEMENT OF RETAINED EARNINGS )
  • LAPORAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA
Materi Kedua
3.    ANALISA  RATIO KEUANGAN
  • ANALISA LIKUIDITAS
  • ANALISA  SOLVABILITAS
  • ANALISA RENTABILITAS
  • ANALISA PROFITABILITAS
  • ANALISA  AKTIVITAS
4.    PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KEUANGAN
  • ANALISA PULANG POKOK ( BREAK EVEN ANALYSIS )
  • ANALISA LEVERAGE OPERASI
  • ANALISIS IMPAS UNTUK KAS
  • ANALISA KEUANGAN SISTEM DU PONT
5.    PERKIRAAN KEUANGAN
  • SIKLUS ARUS KAS ( CASH FLOW CYCLE )
  • PENGARUH SIKLUS ARUS KAS TERHADAP NERACA
  • CASH FLOW OPERATION, PEMBIAYAAN DAN INVESTASI
6.    ANALISA ARUS KAS DAN MODAL KERJA
  •   KEGUNAAN LAPORAN ARUS KAS
  • JENIS LAPORAN ARUS KAS
  • TEKNIK ANALISA ARUS KAS
Untuk lebih jelas workshop analisa laporan keuangan bisa klik disini

deskripsi seminar analisa laporan keuangan

DESKRIPSI


Pelatihan intensif Analisa Laporan Keuangan (Cash Is the King) dua hari ini akan membahas secara menyeluruh bagaimana teknik dan aplikasi dalam menganalisa laporan keuangan perusahaan yang bergerak di sector financial. Dengan penyajian materi yang aplikatif, diharapkan peserta dapat memahami struktur dan pembuatan laporan keuangan, menguasai teknik menganalisa, menilai tingkat resiko serta kesehatan perusahaan.

MANFAAT PELATIHAN BAGI PESERTA
  1. Memahami tingkat resiko pada setiap produk-produk dan lini bisnis yang ditawarkan oleh perusahaan dan refleksinya dalam laporan keuangan
  2. Memahami karakteristik dan komponen dari laporan keuangan
  3. Memahami peraturan-peraturan yang terkait dengan kebijakan prosedur pelaporan serta pengaruhnya pada laporan keuangan
  4. Memahami variable-variabel yang harus dianalisa dalam laporan keuangan
  5. Menguasai teknik menganalisa laporan keuangan dengan framework CAMELS ( (capital, asset quality, management, earnings, liquidity and sensitivity to market risk) untuk menilai resiko dan kesehatan perusahaan
Untuk lebih jelas ikuti seminar Analisa Laporan Keuangan dengan klik disini.

Manfaat Training Analisa Laporan Keuangan

Manfaat Training:
  1. Mampu membaca dan melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan
  2. Bisa memberikan sumbangan pemikiran dari sisi keuangan perusahaan terhadap kondisi yang dihadapi perusahaan
  3. Menciptakan koordinasi yang lebih baik dengan unit lain dari sisi keuangan yang terkait dengan tugas yang menjadi tanggung jawabnya
  4. Mengenal teknik-teknik analisis laporan keuangan serta manfaatnya bagi perusahaan dengan baik.
Materi :
Kerangka  Manajemen  Keuangan
  1. Peran dan fungsi Manajemen Keuangan
  2. Arus Keuangan sebagai urat nadi perusahaan
  3. Karakteristik Biaya untuk perencanaan dan pengendalian (Fixed Cost &Variable Cost, Break Even Point Analysis, Standard Cost vs Historical Cost)
Laporan Keuangan
  1. Mengenal jenis-jenis laporan keuangan (yang diperlukan dalam analisis laporan keuangan)
  2. Tujuan laporan keuangan
  3. Karakteristik kualitatif laporan keuangan, neraca, laporan laba/rugi dan laporan arus kas
  4. Keterbatasan Analisis Laporan Keuangan
Mengevaluasi  Kinerja   Perusahaan  – Analisis Ratio Keuangan
  1. Laporan Keuangan sebagai Indikator Posisi, Prestasi, dan Pertumbuhan Perusahaan
  2. Sistematika Analisa dengan Berbagai Tolok Ukur Rasio Keuangan
  3. Rasio Profitabilitas (ROI, ROE, Profit Margin)
  4. Cause and Effect Analysis (DuPont Formula on ROI and ROE)
  5. Rasio Likuiditas (Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio)
  6. Rasio Solvalibitas / Leverage (Debt Equity Ratio, Debt Asset Ratio)
  7. Rasio Aktifitas /Turnover (Days Inventory, Days Receivables, Days Payables, Cash-to-Cash Cycles)
  8. Rasio Efisiensi (COGS to Sales, Operating Expenses to Sales)
Menganalisa Kelayakan Investasi
  1. Pola pikir strategis (jangka panjang) dalam pertimbangan investasi
  2. Break-Even Analisis
  3. Proyeksi Cashflow dan Penerapan Time Value of Money
  4. Sistematika Analisa Penilaian Kelayakan (NPV, IRR, PI, Payback Period)
Menganalisa Penyimpangan Biaya (Variance Analysis)
  1. Biaya Realisasi vs Biaya Standar
  2. Sistematika Analisa Penyimpangan
  3. Jenis, Karakteristik, dan Sebab Penyimpangan
Studi Kasus Tentang Analisa Laporan Keuangan

Untuk lebih Jelas bisa mengikuti training Analisa Laporan Keuangan klik disini

Training Analisa Laporan Keuangan

Latar Belakang Training
Bagaimana Memanfaatkan Financial Satement Analysis atau Analisa Laporan Keuangan secara maksimal sebagai landasan untuk Pengambilan Keputusan Manajemen,, Keputusan Operasional dan Investasi, dan Perencanaan Perusahaan.

Untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai kinerja sesungguhnya dari satu perusahaan tidak cukup hanya dengan melihatnya dari besaran laba yang dicapai, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah dengan melihat kondisi keuangan perusahaan sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi dari balance sheet, income statement dan cash flow statement, serta dikaitkan karakteristik masing-masing jenis usaha.

TUJUAN PELATIHAN
  1. Meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya Analisa Laporan Keuangan dalam perencanaan bisnis perusahaan ataupun dalam pengambilan keputusan manajemen, yang menyangkut pengendalian operasi, investasi dan mitigasi resiko
  2. Memberikan pembekalan kepada peserta mengenai cara memanfaatkan Analisa Laporan Keuangan secara efektif, misal untuk melihat prospek dan masalah yang terjadi, kemungkinan investasi dan restrukturisasi.
  3. Meningkatkan ketrampilan peserta dalam melakukan Analisa Laporan Keuangan sesuai dengan lingkup tugas dan kepentingannya
  4. Meningkatkan apresiasi dan tanggung-jawab peserta terhadap peningkatan kinerja dan keberhasilan perusahaan secara umum
Ikuti training analisa laporan keuangan klik disini 

seminar analisa laporan keuangan (Finance or non Finance


Bagi para eksekutif yang tidak memiliki background keuangan dituntut untuk memahami financial statement, akan tetapi kendala dalam bahasa keuangan terjadi karena bahasa keuangan memiliki disiplin tersendiri. Disaat yang sama seorang yang telah memiliki posisi tertinggi dalam perusahaan dituntut lebih sering terlibat dengan laporan keuangan. Program ini disajikan guna menjawab kebutuhan seseorang yang tidak memiliki background keuangan namun dalam keseharian terlibat dengan keputusan keuangan. Program ini juga dirancang bagi mereka yang sudah terbiasa dengan laporan keuangan atau financial planning perusahaan. Sehingga penekananya lebih kepada proses yang diperlukan dalam perencanaan keuangan berupa analisa investasi yang juga merupakan studi menarik guna mengambil keputusan yang tepat bagi masa depan perusahaan.

Keuntungan memahami analisa laporan keuangan  :

Memahami arti dan fungsi keuangan perusahaan sebagai salah satu aspek penting dalam sistem perusahaan.
Memahami neraca dan laporan laba rugi.
Mampu mengunakan financial statements sebagai analysis tool.
Pemahaman akan pentingnya liquidity planning.
Pengertian akan process of profit planning.
Kemampuan untuk analisa investment.
Memahami budgeting process.
 
Materi Analisa Laporan keuangan :

Fungsi dari financial management.
Arus kas dan klasifikasi biaya dalam perusahaan.
Laporan keuangan.
Analisis rasio.
Analisis arus kas
Dana yang dibutuhkan perencanaan.
Perencanaan laba dengan pendekatan titik impas.
Metode yang berbeda dari analisis investasi.
Proses penganggaran.
 
Ikuti seminar Analisa laporan keuangan klik disini.

Tuesday 20 August 2013

Faktor gagal dalam berwirausaha

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan wirausaha. Faktor-faktor ini perlu diketahui dan dipelajari oleh wirausaha agar usahanya berjalan dengan lancar.

Hasil beberapa penelitian menunjukkan kalau faktor gagal yang paling tinggi adalah :
  1. Faktor manajemen, termasuk didalamnya manajemen keuangan, bagaimana mengelola uang, arus kas. Bisnis kecil sekalipun punya arus kas yang harus dikelola dengan baik.
  2. Perencanaan yang baik. Perencanaan yang tidak harus rumit, seperti rencana bisnis perusahaan besar. Yang penting rencana bisnis itu bisa dilakukan sebagai pedoman untuk mencapai target.
  3. Tidak memiliki positioning. Bahasa bisnisnya "tidak tahu ada dimana, dan mau kemana nantinya". Padahal mengetahui positioning sangat penting untuk menentukan langkah ke depan.
  4. Tidak punya strategi harga yang baik. Dalam hal ini menentukan harga terlalu murah, sehingga untung tidak besar. Sementara kalau harga terlalu mahal, pembeli tidak banyak.
  5. Permodalan.

Untuk itu, wirausaha sukses perlu mengetahui virus-virus yang bisa menyebabkan kegagalan.
virus itu adalah :
1. Terlalu optimis, terlalu percaya diri.
2. Tidak melakukan promosi dengan tepat.
3. Mengabaikan persaingan.
4. Tidak paham dengan kelemahan sendiri.
5. Pengalaman kurang memadai.
6. Karyawan (SDM) tidak tepat.
7. Kurang kontrol terhadap bisnis

Seorang wirausaha harus mau terus belajar, tidak cepat puas, dan selalu melakukan evaluasi.


SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal