Wednesday 25 September 2013

APAKAH PENGHARGAAN ANDA MALAH MERUSAK KARYAWAN ANDA? oleh Coach Chandra Liestiawan (Coach PT Formula Bisnis Indonesia) Edisi Ke-3



BERIKAN PENGHARGAAN YANG MEMBANGUN

Sekali lagi, uang memang merupakan penghargaan yang bisa diberikan ke karyawan yang telah berprestasi tetapi jangan hanya mengandalkan uang saja. Masih banyak bentuk penghargaan lainnya yang bisa anda berikan pada karyawan anda yang dapat memacu mereka untuk lebih produktif, termotivasi, loyal, dan semakin baik. Ada penghargaan yang dari sisi materi dan non-materi.
Penghargaan dari sisi materi misalnya adalah: kenaikan gaji, fasilitas kendaraan, telepon, komputer, rumah tinggal, tunjangan jabatan, tunjangan hari tua, tunjangan kredit kepemilikan kendaraan, tunjangan kredit kepemilikan rumah, tunjangan pulsa, tunjangan bahan bakar, tunjangan kebutuhan pokok, tunjangan kemahalan, tunjangan kesehatan, asuransi, Jamsostek, dan lain sebagainnya.
Penghargaan dari sisi non-materi misalnya adalah: Piagam penghargaan, kenaikan jabatan, employee of the month, penghargaan 360 derajat, pelatihan dan pendidikan, kesempatan mewakili perusahaan, makan malam keluarga dengan pimpinan, dan lain sebagainya.
Berikan penghargaan-penghargaan tersebut sesuai dengan tingkat nilai yang dicapai. Jangan sampai karyawan yang mendapatkan nilai lebih tinggi ternyata mendapatkan penghargaan yang sama dengan nilai yang lebih rendah. Jangan lupa juga untuk menghitung dengan cermat berapa besaran penghargaan yang dapat anda berikan yang masih wajar dan tidak sampai merugikan perusahaan.
 
Bersambung...

Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk informasi bisnis coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia
dengan nomer 021 583 583 33

APAKAH PENGHARGAAN ANDA MALAH MERUSAK KARYAWAN ANDA? oleh Coach Chandra (Coach PT Formula Bisnis Indonesia) edisi ke-2



LAKUKAN PENILAIAN YANG BENAR SECARA FAIR
Sebelum anda memberikan penghargaan ke karyawan anda, pastikan terlebih dahulu apakah cara anda melakukan penilaian sudah benar.
Entah disadari atau tidak, banyak perusahaan yang ternyata belum melakukan penilaian secara fair. Sering kali penilaian tidak dilakukan dengan objektif. Atau juga kriteria penilaiannya yang tidak tepat. Agar penilaian bisa dilakukan secara fair, maka anda perlu memahami terlebih dahulu latar belakang penentuan kriteria-kriteria tersebut.
Tiap karyawan di perusahaan anda memiliki peranannya masing-masing dalam kemajuan perusahaan anda, sesuai dengan jabatan dan pekerjaannya. Mereka bersinergi, bekerja bersama-sama sehingga kemajuan perusahaan baru bisa tercapai. Tidak mungkin anda mengharapkan bagian akunting untuk melakukan penjualan sebanyak bagian sales. Tidak mungkin juga bagian HRD diharapkan menyusun rencana promosi sebaik bagian marketing. Ingat ! Tiap bagian memiliki perannya masing-masing. Jadi jangan gunakan kriteria yang sama untuk semua bagian.
Untuk mudahnya, anda perlu membayangkan dengan jelas terlebih dahulu seperti apa harapan ideal anda pada masing-masing bagian tersebut. Misalnya, untuk bagian sales anda mengharapkan nilai dan kuantiti penjualan meningkat, penambahan pelanggan baru, re-order dari pelanggan lama, dsb. Untuk bagian keuangan dan akunting: laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu, pengaturan umur hutang-piutang, kelancaran tagihan, refinancing, dsb. Untuk bagian gudang dan pengiriman: Efisiensi penyimpanan barang, zero incident barang hilang atau rusak, waktu dan frekwensi pengiriman, dsb.
Selain kriteria-kriteria khusus tersebut, tuliskan juga kriteria umum yang anda harapkan dari karyawan anda, seperti: kedisipilinan, kerjasama tim, loyalitas, pengembangan diri, dsb.
Setelah itu, berikan bobot masing-masing kriteria itu sesuai dengan seberapa penting kriteria itu harus dimiliki oleh karyawan anda pada bidangnya. Bisa jadi kriteria yang sama tapi memiliki bobot yang berbeda untuk bagian yang berbeda. Misalnya jika anda berpendapat bahwa disiplin waktu kerja untuk bagian akunting lebih penting daripada bagian sales, maka berikan bobot lebih tinggi untuk kriteria waktu pada bagian akunting dan yang lebih rendah pada bagian sales.
Satu hal yang kadang suka terabaikan saat membuat kriteria penilaian adalah bahwa penilaian ini harus searah dengan arah tujuan perusahaan. Pastikan bahwa dengan semakin tingginya nilai seorang karyawan maka itu benar-benar berefek pada kemajuan perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjangnya. Jadi pastikan terlebih dahulu  bahwa perusahaan anda telah memiliki arah tujuan yang luar biasa.
bersambung edisi ke-3

Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk Informasi Bisnis Coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia
dengan menghubungi 021 583 583 33

APAKAH PENGHARGAAN ANDA MALAH MERUSAK KARYAWAN ANDA? edisi ke-1 oleh Coach Chandra (Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)



Setiap perusahaan tentu menginginkan agar tiap karyawannya bisa bekerja dengan penuh totalitas. Bekerja bukan sekedar untuk mendapatkan gaji saja tetapi  lebih untuk value yang lebih besar lagi. Bekerja sebagai aktualisasi diri jadi bekerja bukan karena faktor luar, tetapi bekerja karena sudah sesuai dengan motivasinya masing-masing.
Tetapi yang terjadi di lapangan tidak demikian. Masih sangat banyak pegawai yang bekerja tidak dengan sungguh-sungguh. Mengapa hal ini bisa terjadi ?
Salah satu kunci penting untuk mempertahankan kesungguhan pegawai dalam bekerja adalah dengan memberikan penghargaan yang layak sesuai dengan kinerjanya. Pada saat karyawan merasa tidak dihargai dilingkungan kerjanya maka hal itu akan menghambatnya untuk berprestasi dengan maksimal.
Penghargaan tidak melulu dikaitkan dengan uang. Memang uang salah satu cara untuk menunjukan penghargaan pada karyawan, tapi jangan dijadikan satu-satunya. Jangan mengharapkan bahwa dengan uang saja anda bisa membuat karyawan anda bekerja maksimal. Lengkapi cara penghargaan anda dengan alat lainnya. Sudah banyak perusahaan yang terjebak dengan hal ini, mereka hanya mengandalkan penghargaan berupa uang saja untuk karyawannya, dan akhirnya mereka masih gagal untuk mempertahankan karyawan terbaiknya. Jika anda juga melakukan hal yang sama, maka bersiaplah untuk mendapatkan hasil yang sama.
Ada tiga hal yang perlu anda ketahui untuk dapat memberikan penghargaan yang tepat. 
Pertama adalah bagaimana cara anda melakukan penilaian dan kedua adalah bagaimana bentuk-bentuk penghargaan lain selain berupa uang.
Kedua adalah memberikan penghargaaan yang membangun,
Ketiga adalah mengingat gambaran besarnya tetapi jangan melupakan detilnya.


bersambung...
Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
untuk informasi lebih lanjut tentang Bisnis Coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia
dengan menghubungi 021 583 583 33

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal