Monday 7 January 2013

bagaimana sistem franchise / waralaba

Bagaimana Franchise / waralaba - Perencanaan Strategis, Dokumentasi dan Manajemen
Sistem waralaba / Franchise

 


Bayangkan membuka 20 lokasi bisnis baru tanpa harus membayar tagihan untuk real estate, peralatan dan biaya pengembangan atau mengambil salah satu risiko. Bahkan lebih, bayangkan menemukan manajer untuk menjalankan semua lokasi, yang hanya sebagai berkomitmen untuk tumbuh perusahaan seperti Anda, dan Anda tidak perlu membayar mereka sepeser pun. Akhirnya, bayangkan bahwa manajer akan merekrut, memecat dan mengelola semua karyawan serta kaki tagihan untuk semua biaya operasi dan biaya. Terdengar terlalu mengada-ada?

Tidak jika Anda berencana untuk memasuki industri waralaba atau franchise, salah satu cara tercepat untuk menumbuhkan usaha kecil tanpa melanggar bank. Bagi banyak perusahaan, bisnis waralaba/franchise (atau lisensi) adalah cara yang masuk akal untuk mencapai yang cepat, pertumbuhan yang menguntungkan tanpa menyerah kendali atau kepemilikan. Pergi dari satu lokasi ke beberapa sepuluh tempat dalam beberapa tahun, atau seratus dalam sepuluh tahun adalah mungkin dan terdokumentasi dengan baik karena pemilik waralaba franchise-investor memasang semua modal investasi, bahu resiko semua dan menganggap semua hari-hari tanggung jawab operasi.

Ini ekspansi, menggunakan (UOL) - Uang Orang Lain. Juga, perusahaan waralaba dan franchise dibayar mahal untuk mengajar orang lain rahasia bagaimana menjalankan bisnisnya. Pertama, ada yang up-front "keanggotaan" atau biaya waralaba atau franchise sebesar Rp 200.000.000 sampai Rp 500.000.000 dibayar untuk menggunakan nama merek dan metode operasi. Selain itu, terdapat royalti terus dari 5% sampai 10% dari penjualan kotor untuk nasihat dan konsultasi yang sedang berlangsung. Pada dasarnya, sebuah program pengembangan waralaba franchise memungkinkan perusahaan untuk keluar dari parit dan menjadi seorang jenderal yang sangat-dibayar mengawasi tentaranya. Jangka panjang pilihan juga menarik. Membangun sebuah kerajaan dengan santai, atau membiarkan perusahaan waralaba franchise akan dibeli oleh peningkatan jumlah perusahaan besar yang mencari kecil, namun perusahaan waralaba franchise terus berkembang. Menurut Asosiasi Franchise Internasional, 900 perusahaan baru telah mempunyai waralaba franchise dalam tiga tahun terakhir.

MEMASUKI BISNIS BARU
Sebuah perusahaan berencana untuk mempunyai waralaba franchise harus menyadari akan memasuki bisnis baru, menawarkan layanan yang sama sekali berbeda (training & support) untuk sepenuhnya pelanggan baru (pemilik bisnis-operator). Bisnis baru ini membutuhkan keterampilan yang berbeda, kemampuan dan keahlian. Dalam bisnis baru waralaba, sangat penting untuk mengembangkan evaluasi, dokumentasi yang efektif, mentoring, pelatihan dan keterampilan konsultasi. Karena keterampilan baru jarang hadir dalam personel yang ada, seorang ahli waralaba franchise luar diperlukan untuk melatih personel yang ada dan merencanakan transisi. Langkah pertama melibatkan menentukan apakah atau tidak bisnis waralaba franchise bisa, dan jika demikian, apa yang perlu dikembangkan. Selanjutnya, perencanaan strategis waralaba diperlukan untuk menciptakan sebuah "cetak biru" untuk ekspansi usaha yang sukses. Pengalaman menunjukkan bahwa, seperti bangunan, pondasi dikembangkan di awal akan menciptakan konsekuensi abadi mempengaruhi keberhasilan relatif (atau kegagalan) dari seluruh usaha. Hukum (pengungkapan dokumen waralaba, perjanjian waralaba) dan dokumen operasional (waralaba operasi manual, waralaba program pelatihan) yang disiapkan dan disusun dan akhirnya proses pendaftaran waralaba diperlukan di beberapa 14 negara, tergantung pada negara (s) perusahaan menjual waralaba. Fase-fase ini dibahas di bawah ini.

FASE WARALABA FRANCHISE KELAYAKAN

Sebuah langkah yang sangat diperlukan sebelum program pengembangan waralaba akan berlangsung adalah analisis konsep dan model bisnis. Apakah konsep telah cukup terbukti di pasar? Bagaimana menguntungkan yang ada prototipe atau perusahaan milik outlet? Waralaba tidak akan memecahkan masalah yang ada, itu hanya akan mengintensifkan mereka - dan biasanya pada biaya yang serius bagi investor waralaba. Waralaba tidak harus dilihat sebagai metode untuk meningkatkan modal, mengembangkan sebuah bisnis yang memiliki permasalahan yang ada, atau cara cepat kaya. Harus ada keuntungan yang memadai dalam model bisnis, sehingga royalti dan pembayaran lainnya dapat dibuat dan meninggalkan investor franchise dengan keuntungan yang cukup. Dengan analisis kelayakan waralaba, penentuan dapat dibuat tentang:

(A) apakah waralaba atau lisensi ide ekspansi harus dikejar, ditunda atau ditinggalkan, dan
(B) dengan asumsi hasil positif dalam (a), apa yang perlu fine-tuned atau dikembangkan dari awal untuk program waralaba.

Selain menentukan jika dan ketika bisnis waralaba dapat, analisis juga harus mencakup memberikan bimbingan dan arahan sehingga banyak dasar mungkin dapat dilakukan oleh personil yang ada. Hal ini telah terbukti menjadi pendekatan yang sangat efektif dan secara signifikan mengurangi biaya waralaba pengembangan. Jika analisis kelayakan adalah positif, tahapan lain yang dibahas di bawah ini mengikuti. Dua puluh delapan tahun pengalaman saya di industri waralaba memungkinkan saya berbagi wawasan yang berharga tentang studi kelayakan waralaba. Terlalu banyak perusahaan melompat ke waralaba tanpa melakukan studi kelayakan, atau jika ada yang melakukannya dilakukan oleh konsultan waralaba atau kelompok yang memberitahukan kabar setiap orang baik - mereka semua "franchise-bisa." Sebagian besar studi kelayakan waralaba yang telah saya lakukan baik mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan perhatian sebelum waralaba masuk akal atau memberitahu klien untuk melupakannya dan mengejar pilihan lain.

TAHAP PERENCANAAN STRATEGIS WARALABA
Sebuah program waralaba sukses pembangunan dimulai dengan rencana yang solid - landasan untuk waralaba. Tujuan jangka panjang adalah untuk membangun seimbang, terpadu, hubungan bisnis yang sukses dengan individu berkualitas yang mendukung tujuan perusahaan dan citra. Menciptakan hubungan yang abadi memerlukan strategi yang komprehensif yang membahas semua aspek usaha waralaba.

Titik awalnya adalah analisis rinci yang meliputi:

Karakteristik profil (1) mengidentifikasi siapa yang akan menjadi pemilik waralaba terbaik untuk bisnis tertentu;

(2) posisi kompetitif untuk membuat waralaba menonjol dari 3.000 perusahaan waralaba lainnya +;

(3) lingkup geografis - di mana dan kapan akan dijual waralaba;

(4) analisis kekuatan organisasi perusahaan dan kelemahan relatif terhadap waralaba;

(5) mengidentifikasi struktur waralaba yang tepat organisasi serta kebutuhan staf dan tanggung jawab, dan

(6) penataan hubungan waralaba untuk skenario, seimbang menang-menang.

Apa yang harus muncul dari analisis rinci adalah rencana strategis spesifik dan kerangka kerja untuk membimbing hampir semua usaha waralaba. Meskipun pentingnya jangka panjang tahap perencanaan waralaba, terlalu banyak perusahaan waralaba muncul memasukkan waralaba tanpa rencana atau perencanaan - selain "mari kita coba dan menjual banyak waralaba." Mereka terburu-buru melalui (atau mengabaikan seluruhnya) proses perencanaan strategis, sehingga menciptakan ranjau darat litigasi waralaba masa depan yang berdetak tuntutan hukum waralaba menunggu untuk terjadi.

Seringkali, hal ini karena mereka hanya memanfaatkan layanan dari sebuah perusahaan konsultan waralaba atau pengacara waralaba, di mana sedikit perhatian atau tidak dibayarkan kepada perencanaan strategis kritis, masalah operasional dan organisasi. Biasanya, perusahaan-perusahaan rancangan "boilerplate" waralaba pengungkapan dokumen perjanjian waralaba, dan operasi waralaba manual berdasarkan angket yang diisi oleh klien mereka, yang dianggap telah membuat semua keputusan strategis. Dokumen waralaba disajikan, bersama dengan faktur dan jabat tangan - tidak bahan untuk sukses dalam bisnis baru waralaba.

FASE FRANCHISE DOKUMENTASI
Jika perusahaan telah membuat melakukan pekerjaan yang baik pada tahap perencanaan prioritas nomor satu, tujuan dokumentasi waralaba akan jelas. Aset properti eksklusif dan intelektual (seperti teknik operasi, informasi pelanggan, resep, rumus dan metode) harus diidentifikasi dan dilindungi. Sebuah rahasia dagang program perlindungan dikembangkan dan diimplementasikan. Garis nama, logo dan tag harus sebelumnya telah terdaftar sebagai merek dagang atau merek layanan.

waralaba operasi manual
Waralaba operasi manual dan program pelatihan yang dikembangkan, seringkali dari awal, untuk memberikan keterampilan bisnis operasi kepada pemilik waralaba serta menjamin keseragaman produk dan jasa. The waralaba operasi manual dan kurikulum program pelatihan harus dirancang dengan fokus tertentu. Beberapa topik, bab dan kebijakan yang ditemukan di manual untuk rantai perusahaan milik, misalnya, sama sekali tidak pantas dalam lingkungan waralaba, menciptakan kewajiban yang signifikan (gugatan) masalah untuk divisi waralaba.

Saya rutin menemukan operasi waralaba manual disusun oleh konsultan waralaba atau do-it-yourself pengguna kitscontaining bab pantas atau topik. Tidak tahu di mana peluru berasal dari dalam litigasi waralaba, mereka melanjutkan membabi buta ke depan menggunakan "boilerplate" manual di mana kebanyakan kasus (tetapi tidak semua) dari "hamburger" yang berubah menjadi "pajak." Aspek dukungan hubungan waralaba harus hati-hati, terstruktur dan tercermin dalam manual operasi waralaba.

Memutuskan siapa yang menulis manual operasi waralaba adalah pertanyaan yang relatif sederhana untuk menjawab, namun banyak perusahaan waralaba baru juga jatuh ke dalam perangkap di sini. Bingung dengan bisnis baru waralaba, dengan persyaratan hukum, waralaba operasi manual, program pelatihan, dll, mereka memutuskan untuk "mendelegasikan tanggung jawab," biasanya seorang konsultan waralaba harga tinggi yang menghasilkan manual operasi dan kadang-kadang bahkan dokumen hukum . Mengesampingkan hukum berlatih tanpa masalah lisensi pada dokumen hukum, tidak menggunakan seseorang untuk menulis waralaba Anda manual operasi yang tahu benar apa-apa tentang bisnis Anda, pernah masuk akal?

Pendekatan praktek terbaik, dikembangkan selama hampir tiga dekade saya menulis, mengedit dan meninjau ratusan manual waralaba operasi didasarkan pada akal sehat. Biarkan "pakar" sejati dalam bisnis Anda tulis manual operasi. Dan yang ahli itu? Ini biasanya pendiri bisnis atau beberapa personel manajemen yang tahu dalam bisnis dan keluar. Memang benar, seorang ahli waralaba luar harus terlibat dalam proses, tapi ini harus dibatasi secara ketat untuk kapasitas perencanaan dan mengedit - membantu mengembangkan Tabel keseluruhan Isi, memberikan contoh gaya penulisan dan technicques, kemudian meninjau setiap bab setelah itu disusun oleh Anda atau tim manajemen Anda. Pendekatan ini menghasilkan manual, profesional mudah digunakan dan memperbarui operasi waralaba. Ini juga menjamin paling efisien penggunaan sumber daya dan bakat.

waralaba pengungkapan dokumen
Akhirnya, dan hanya setelah semua di atas sedang berlangsung, sebuah Waralaba Pengungkapan Dokumen, mirip dengan efek (penawaran saham) prospektus, disiapkan oleh pengacara waralaba yang kompeten dan terdaftar dengan berbagai lembaga regulator untuk mematuhi undang-undang federal dan negara yang berlaku. Dokumen ini dapat berisi ribuan pengungkapan diskrit dalam waktu dua puluh tiga bab dan pameran terpasang, dan jelas perlu disiapkan oleh pengacara waralaba. Melakukannya dengan benar dan dengan perspektif yang seimbang dan adil dapat membantu menjaga perusahaan keluar dari ruang sidang nanti. Selain itu, proses pendaftaran waralaba diperlukan sebelum waralaba dapat diiklankan atau dijual di negara-negara 14 atau lebih memiliki persyaratan pendaftaran waralaba. Memiliki satu penulis perusahaan, mengedit, dan meninjau semua dokumen tidak hanya biaya-efektif - itu juga menghindari inkonsistensi yang dapat mengganggu perusahaan waralaba sebagai perangkap waralaba hukum di masa depan (lihat pembahasan di bawah).


REKOMENDASI
Dua puluh delapan tahun pengalaman saya telah menunjukkan bahwa agar sebuah perusahaan waralaba untuk turun ke awal yang baik, penekanan yang berat harus ditempatkan pada waralaba perencanaan strategis untuk mengelola hubungan waralaba masa depan seperti dibahas di atas. Kemudian, sebelum program dimulai waralaba, manajemen kebutuhan pelatihan dalam cara efektif mengoperasikan sebuah organisasi waralaba. Minimal, program-program berikut harus di tempat sebelum upaya pemasaran waralaba mulai:

1. Waralaba Timbal Sistem Pengolahan (sm):
Dua pertimbangan utama bagi semua perusahaan waralaba yang bergerak dalam pemasaran waralaba adalah seleksi cermat pelamar waralaba dan mengadopsi rencana media yang tepat, jadwal dan anggaran. Hanya krim dari tanaman harus diizinkan untuk bergabung dengan jaringan waralaba. Menghilangkan pelamar pada tahap masuk jauh lebih mudah daripada menunggu untuk masalah tak terelakkan dan mahal di kemudian hari. Pemeriksaan jaringan waralaba diganggu oleh pemilik waralaba merepotkan (yang sering matang ke depan tuntutan hukum) menunjukkan kurangnya perencanaan dan perhatian terhadap konsep ini relatif sederhana. Mengingat risiko kerugian pribadi terbatas melekat dalam waralaba, perusahaan mengabaikan konsep penting, atau mereka menggunakan broker waralaba, hanya meminta masalah.

Sebelum waralaba upaya pemasaran mulai, perusahaan harus mengadopsi Timbal Waralaba Sistem Pengolahan disesuaikan yang mencakup menginstruksikan personel kunci dalam:

(1) mengadopsi struktur organisasi yang tepat;

(2) mendefinisikan karakteristik profil yang sesuai dari pemilik waralaba calon;

(3) mengembangkan teknik wawancara yang efektif, pemasaran bahan, prosedur dan checklist;

(4) menggunakan serangkaian tes dan langkah-langkah lain untuk memastikan bahwa calon tidak pantas didiskualifikasi sebelum bergabung dengan jaringan waralaba;

(5) mendeteksi (dan kemudian menghindari) bendera merah yang muncul dalam siklus pemasaran waralaba, dan

(6) mengadopsi rencana media yang tepat, jadwal dan anggaran.

2. Kepatuhan Hukum Program (sm):
Gugatan waralaba dapat terjadi jika komunikasi tidak konsisten atau menyesatkan terjadi ketika waralaba pertama kali dijual. Sebagian besar risiko hukum waralaba pusat sekitar apa yang terjadi selama siklus pemasaran: yang dua puluh tiga bab dari pengungkapan dalam dokumen pengungkapan waralaba serta yang mengatakan apa, dan kapan. Membela setiap gugatan waralaba, bahkan yang sembrono, bisa sangat besar. Waralaba perusahaan yang terlibat dalam litigasi waralaba terkejut menemukan mereka telah jatuh ke dalam rawa yang menelan waktu dan uang tanpa batas. Biaya penuntutan atau membela bahkan "kecil" gugatan waralaba cepat dapat melebihi $ 100.000, dan up. Exposure bisa lari ke jutaan. Meskipun satu penelitian terhadap dokumen pengungkapan waralaba menunjukkan 27 persen perusahaan waralaba memiliki riwayat litigasi waralaba (sedikit lebih besar dari 1 di 4), persentase yang sebenarnya jauh lebih besar dan mungkin utara 50 persen. Hal ini karena litigasi hanya tertunda dan penilaian akhir harus diungkapkan dalam dokumen pengungkapan waralaba. Kebanyakan kasus waralaba litigasi, seperti kasus litigasi lainnya diselesaikan, jadi mereka hanya diminta untuk berada di dokumen pengungkapan waralaba dari waktu mereka mengajukan sampai diselesaikan. Setelah itu, mereka lenyap tanpa jejak. Dan apakah kemungkinan mendapatkan digugat dalam gugatan waralaba dan mendapatkan terlibat dalam litigasi waralaba lebih besar dari 1 dalam 2 atau 1 4, yang ingin terlibat dalam kekacauan memakan waktu, stres dan mahal?

Hal ini hampir mustahil untuk menghindari kewajiban waralaba potensial kecuali program asli pendidikan dan pengajaran dilakukan dengan personil pemasaran serta manajemen waralaba menengah dan eksekutif. Sebuah Kepatuhan Program Pengungkapan terpadu yang menentukan aturan dan harapan (termasuk aturan-aturan hukum dalam menjual waralaba), mengelola dokumen waralaba pengungkapan dan mengontrol penyebaran informasi semua adalah mutlak. Hal ini juga salah satu investasi terbaik perusahaan waralaba akan pernah membuat. Untuk semua alasan di atas, penggunaan broker waralaba pasti tidak dianjurkan. Pernyataan mereka (atau tindakan lainnya) dibuat untuk "menutup kesepakatan" akan membuat organisasi franchise (dan aset pribadi pejabat) bertanggung jawab atas pelanggaran hukum waralaba federal atau negara. Ini juga menjelaskan mengapa mayoritas organisasi waralaba yang sukses mendirikan sendiri di-rumah departemen pemasaran waralaba, sehingga tindakan dan pernyataan yang dibuat selama siklus pemasaran waralaba dapat dipantau dan dikendalikan dalam kerangka Sistem Franchise Sales Control (sm).

3. Penjualan waralaba Control System (sm):
Waralaba Sales Control adalah bagian lain dari persamaan kepatuhan seluruh. Sementara kepatuhan hukum menetapkan aturan dan harapan, waralaba penjualan kontrol adalah mekanisme untuk mendeteksi kesenjangan dan inkonsistensi. Ketika terdeteksi, penyebabnya dapat diidentifikasi dan diperbaiki sebelum melukai upaya waralaba. Sebuah waralaba Penjualan Sistem Pengendalian harus dirancang dengan pemikiran ini, dan harus mencakup berbagai mekanisme umpan balik untuk memantau kinerja dan mengambil informasi yang relevan untuk ditinjau oleh manajemen. Hal ini tidak hanya meningkatkan efektivitas upaya pemasaran waralaba - itu juga sangat mengurangi kemungkinan bahwa penjualan personil akan menyimpang dari prosedur yang ditetapkan dalam menjual waralaba. Akhirnya, dirancang dengan baik Waralaba Penjualan Sistem Kontrol menciptakan kembali lengkap up file untuk setiap franchise yang dijual akan memenuhi syarat sebagai bukti bisnis rekaman dalam hal terjadi sengketa waralaba masa depan. Hal ini juga memenuhi persyaratan hukum dari berbagai negara bahwa perusahaan waralaba mempertahankan satu set lengkap buku, catatan dan rekening penjualan waralaba. Karena sebagian besar risiko hukum dalam franchise muncul selama siklus pemasaran waralaba, Franchise Penjualan Control System yang komprehensif adalah perlindungan terbaik perusahaan terhadap pasir litigasi waralaba.

4. Mengelola Hubungan Waralaba Franchise:
Seperti waralaba yang dijual, jalur komunikasi yang berkembang antara pihak-pihak akan memiliki dampak besar terhadap keberhasilan atau kegagalan hubungan waralaba franchise yang sedang berlangsung. Pengendalian yang dibawa ke jaringan melalui langkah-langkah yang diuraikan di atas adalah langkah pertama yang penting. Sekali di dalam jaringan waralaba, pemilik waralaba harus diajarkan untuk menyadari bahwa mereka adalah anggota dari sistem outlet saling tergantung, masing-masing bekerja untuk menjadi lebih baik dari seluruh jaringan. Mengembangkan kesadaran konsep ini di awal hubungan dan menerapkan sistem umpan balik waralaba akan menciptakan sikap positif, mendorong ide-ide inovatif dari pemilik waralaba, memastikan pembayaran royalti tepat waktu dan mencegah masalah waralaba hubungan di kemudian hari.

© 1982-2008, Kevin B. Murphy, BS, MBA, JD - all rights reserved

Untuk informasi lebih lanjut tentang membangun bisnis bisa mengikuti salah satu program dari perusahaan kita dengan mengisi form isian disebelah kiri, bisa buka website juga di www.formulabisnisindonesia.com

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal