- Memahami 5 keinginan pelanggan yang ingin selalu dituruti oleh para karyawan.
- Meminimalkan kesenjangan (GAP) antara apa yang diinginkan dan yang seharusnya didapatkan oleh pelanggan
- Memahami dengan baik 5 dimensi kualitas pelayananan
- Memastikan bahwa setiap karyawan mampu melayani pelanggan dengan 6S
- Mampu mendesain program untuk menciptakan pelanggan yang loyal
- Melakukan penilaian terhadap setiap pelanggan sehingga wirausaha suskes tersebut mampu memberikan penghargaan yang sesuai dengan pelanggan tersebut.
- Mengubah paradigma lama pelanggan dengan paradigma yang baru.
Seminar training motivasi merupakan agenda untuk membangun Indonesia lebih baik dengan mengadakan seminar bisnis, seminar franchise, seminar leadership, seminar kewirausahaan, seminar cara bisnis, bisnis coach indonesia, kerja sama mitra bisnis, bisnis online gratis, memulai cara bisnis dengan training-training bisnis sehingga membantu pebisnis mendapatkan uang banyak sehingga akan menjadikan wirausaha sukses dan pengusaha sukses yang akan meningkatkan perekonomian di Indonesia
Wednesday, 19 June 2013
Wirausaha Sukses (Succeed in running the business continuity)
Berhasillah dalam menjalankan usaha yang berkesinambungan. Langkahterakhir dalam membangun usaha adalah membangun usaha tersebut agar dapat berkesinambungan. Artinya usaha tersebut dapat berjalan dengan sendirinya tanpa campur tangan terlalu banyak si pemilik usaha tersebut.
Cara yang harus dilakukan adalah dengan membuat sebanyak mungkin pelanggan yang loyal terhadap perusahaan tersebut. Pelanggan yang loyal terhadap perusahaan tersebut. Pelanggan yang loyal akan menjadi asset perusahaan yang sangat penting karena ditangan mereka sebenarnya perusahaan akan bergantung. Atas kesadaran diri, seorang pelanggan yang loyal akan selalu setia melakukan pembelian atas produk yang ditawarkan. Bahkan banyak pelanggan yang menjadikan produk tersebut sebagai sebuah kebutuhan produk dalam hidupnya. Jika hal ini terjadi, maka berapapun uang yang harus mereka keluarkan untuk membeli produk tersebut tidak akan pernah diperhitungkan lagi.
Disisi lain, biasanya seorang pelanggan yang loyal akan sangat fanatik dengan produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Kefanatikan tersebut pada akhirnya akan membuat para pelanggan yang ada secara sadar maupun tidak menjadi bagian dari tim marketing perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan dengan cara mengajak, menginformasikan serta menceritakan mengenai produk maupun perusahaan tersebut kepada orang lain. Dengan demikian maka orang tersebut akan mencari dan membeli produk yang dimaksudkan.
Guna menjaga kelangsungan usaha, maka seorang wirausaha sukses harus mampu mendesain pelanggan loyal yang ada di perusahaannya. Beberapa langkah yang dapat diambil oleh seorang wirausaha sukses dalam menciptakan pelanggan yang loyal tersebut antara lain :
Dengan menjalankan kedelapan langkah menjadi wirausaha sukses tersebut, maka seorang wirausaha suskes akan mampu menjadi wirausahawan yang sukses sekali. Pada akhirnya ia akan berada dalam satu kondisi kenyamanan dalam menjalankan usaha dan bahkan bisa keluar dari usaha tersebut untuk kembali membuat usaha lainnya dengan mengikuti kedelapan langkah membangun usaha tersebut.
Wirausaha Sukses (Set your marketing strategy)
"Tetapkan strategy pemasarannya" Langkah ketujuh yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha sukses adalah menetapkan berbagai strategi pemasarang yang akan digunakan dalam menjalankan usahanya. Atas dasar impian yang dibangunnya, pengalaman selama membuka usaha sebelumnya, informasi yang diperoleh dari pesaing dan lain sebagainya, maka seorang wirausaha sukses harus menetapkan strategi pemasaran. Strategi inilah yang akan digunakan oleh seorang wirausaha sukses untuk memenangkan persaingan usaha.
Beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha sukses dalam kegiatan menetapkan strategi pemasaran tersebut antara lain :
Beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha sukses dalam kegiatan menetapkan strategi pemasaran tersebut antara lain :
- Melakukan riset pemasaran untuk mengetahui berbagai hal tentang pasar seperti demografi pelanggan, harapan pelanggan, kondisi pesaing ndan lain sebagainya.
- Melakukan pengelompokan (segmentating) pelanggan atas dasar usia, penghasilan, gender, dan lain sebagainya.
- Menetapkan kelompok yang akan dituju (targeting) oleh usaha yang dijalankannya.
- Merancang strategi agar produk yang ditawarkan tersebut dapat masuk ke benak konsumen melalui positioning.
- Menetapkan strategi pemasaran yang akandigunakan dalam kegiatan usahanya itu sendiri
- Mengenal 7 (tujuh) tingkatan pelanggan sehingga seorang wirausaha sukses mampu mendesain strategi yang sesuai dengan tingkatan tersebut.
- Melipatgandakan penjualan melalui peningkatan penggunaan strategi pada setiap level penjualan.
Wirausaha Sukses (Enhace "Employee's development programs)
"Tingkatkan program pengembangan karyawan" Mengembangkan karyawan merupakan langkah keenam dalam membangun sebuah usaha yang harus dijalankan oleh seorang wirausaha sukses. Karyawan merupakan komponen perusahaan yang paling penting. Sebaik apapun teknologi yang digunakan, sebagus apapun ide usaha yang dijalankan dan selengkap apapun produk yang ditawarkan namun jika karyawannya memiliki kinerja yang rendah maka semuanya akan menjadi sia-sia. Oleh sebab itu setiap wirausaha sukses harus mampu untuk mendesain program pengembangan karyawan yang berkelanjutan sehingga karyawan tersebut dapat terus memiliki antuasiasme untuk bekerja.
Guna mendapatkan karyawan yang berkualitas, maka seorang wirausaha sukses dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :
Guna mendapatkan karyawan yang berkualitas, maka seorang wirausaha sukses dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :
- Meniadakan kesenjangan antara keinginan dan realisasi yang didapatkan karyawan agar usahanya pada tahap awal dapat berjalan dengan baik.
- Membuat berbagai program untuk menciptakan karyawan yang loyal.
- Mengenal karakter (meta program) karyawan sehingga bisa memperlakukan karyawan sesuai dengan meta programnya tersebut.
- Menciptakan karyawan yang bermental sukses dengan menyatukan badan, pikiran, hati, dan jiwa serta langkah nyata yang harus dijalankan untuk mencapai kesuksesan tersebut.
- Mengetahui dengan berbagai teknik untuk mengembangkan karyawan dilihat dari sudut pandang kemampuan dan kemauan yang dimilikinya.
- Mengenal siklus kinerja karyawan mulai dari tahap kelahiran, perkembangan, pendewasaan, penurunan, dan bahkan kematian sehingga wirausaha sukses dapat mendesain berbagai program agar karyawannya dapat selalu berkembang.
- Mempersiapkan pondisi yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha sukses sebelum ia mengembangkan karyawan yang dimilikinya.
Wirausaha Sukses (Never regard "financial statement" unimportant)
"Jangan pernah anggap laporan keuangan tidak penting" Langkah kelima dalam membangun usaha, yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha sukses adalah selalu membuat laporan keuangan secara akurat. Dengan adanya laporan keuangan maka seorang wirausaha sukses akan mampu melihat kondisi perusahaan yang ada saat ini.
Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan ibarat panel sebuah kokpit pesawat terbang. Jika ada pesawat tersebut terjadi kerusakan atau hal-hal lain yang tidak sesuai dengan kondisi pada umumnya, maka lampu yang ada pada kokpit tersebut akan menyala.
Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang wirausaha sukses sehubungan dengan laporan keuangan antara lain :
1. Membuat laporan rugi laba (balance sheet) secara akurat
2. Membuat neraca (Income Statement) selengkap mungkin
3. Membuat laporan perubahan modal (Capital Statement Exchange)
4. Membuat arus kas (Cash Flow) secara detail
5. Melakukan analisis laporan keuangan serta
6. Menghindari kesalahan pengelolaan keuangan
Dengan mengetahui dan adanya kemampuan dalam membuat laporan keuangan secara detail, maka seorang wirausaha sukses akan mampu mengevaluasi keberadaan dan kondisi keuangan yang ada serta mengambil tindakan yang dibutuhkan. Akhirnya perusahaan akan terus berkembang.
Wirausaha Sukses (Improve the "Leadership" skill)
"Tingkatkan ketrampilan kepemimpinan anda". layaknya sebuah peperangan, persaingan usaha tentunya membutuhkan seorang pemimpin yang kuat. Oleh sebab itu, dalam tahapan keempat ini, sebagai pemilik usaha yang biasanya juga sekaligus pimpinan perusahaan, maka seorang wirausaha sukses harus terus mampu meningkatkan kemampuan manajerialnya. Dengan demikian maka ia akan terus tumbuh menjadi seorang pemimpin yang semakin hari akan semakin baik.
Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang wirausaha sukses untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinannya adalah dengan melakukan berbagai aktifitas sebagai berikut :
- Mendesain dan mengatur tugas dan tanggung jawab masing-masing level dalam perusahaannya sehingga ia bisa dengan jelas memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota organisasi.
- Memilih legalitas usaha yang sesuai dengan usaha yang dijalankan, apakah jenis usaha perseorangan, firma (Fa), Persekutuan Komanditer (CV), atau bahkan perseroan terbatas (PT), sehingga ia bisa terus mengembangkan kepemimpinannya.
- Memahami dengan baik asal usul lahirnya sebuah kepemimpinan sehingga ia bisa terus memperbaiki berbagai hal yang menjadi dasar lahirnya kepemimpinan tersebut.
- Mengetahui 5 (lima) tingkatan kepemimpinan mulai kepemimpinan berdasarkan posisi hingga personhood sehingga ia terus berusaha untuk mengingkatkan level kepemimpinannya.
- Memahami berbagai kemampuan kepemimpinan dalam berwirausaha yang harus dimiliki oleh setiap wirausahawan.
- Mengetahui peningkatan tingkat efektifitas sebuah usaha dengan adanya kepemimpinan yang memadai.
- Merencanakan program pengembangan kepemimpinan itu sendiri.
Dengan ketuju hal tersebut maka kemampuan yang dimiliki oleh seorang wirausa suskes dalam hal kepemimpinan dapat terus meningkat di masa yang akan datang. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap kelancaran jalannya sebuah usaha.
Wirausaha Sukses (Search further information from the "competitor")
"Cari informasi mendalam dari para pesaing". Langkah ketiga yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha sukses adalah mencari informasi sebanyak mungkin dari para pesaing usahanya. Banyak wirausaha sukses beranggapan bahwa pesaing merupakan musuh yang harus dihancurkan karena akan menggangu kelangsungan usahanya. Oleh sebab itu, banyak wirausahawan yang terkuras tenaga dan pikirannya untuk sekedar memikirkan bagaimana cara untuk menghancurkan pesaing tersebut.
Bagi wirausaha sukses yang bermental sukses, sebenarnya kehadiran pesaing merupakan anugerah tersendiri baginya. Dengan adanya pesaing maka ia menjadi termotivasi untuk meningkatkan kinerja perusahaannya agar lebih baik lagi. Cara yang dapat ia lakukan adalah dengan mecari informasi sebanyak mungkin dari para pesaing tersebut. Atas dasar informasi tersebut maka seorang wirausaha sukses dapat menciptakan berbagai hal termasuk strategi pemasaran untuk mengalahkan pesaing itu sendiri.
Dengan melakukan hal tersebut maka seorang wirausaha sukses akan memiliki daya saing yang kuat dalam menghadapi berbagai serangan dari para pesaing usahanya. Pada akhirnya justru wirausaha sukses itulah yang mampu memenangkan persaingan tersebut, karena ia mampu memanfaatkan kelebihan yang dimiliki oleh pesaing sebagai sebuah kekuatan bagi diri wirausaha sukses tersebut. Dengan demikian, ia akan selalu tenang dan sabar dalam menghadapi munculnya persaingan usaha.
Wirausaha Sukses (Undestand how to "open" a business)
"Pahami bagaimana untuk membuka sebuah bisnis" Merupakan tahap kedua yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha suksess. Pada tahap ini, wirausaha sukses tersebut harus berani memaksakan diri untuk membuka usaha. Oleh sebab itu, maka ia harus memiliki karakter action oriented, sehingga ia selalu berorientasi pada tindakan nyata untuk mulai membuka usahanya., tidak hanya sebatas bisa mendesain usahanya di atas kertas.
Agar usaha yang dijalankan tersebut tidak memuai banyak kendala walaupun usahanya belum berjalan semaksimal mungkin, maka seorang wirausaha sukses minimal harus mampu menjawab keenam pertanyaan yang terdiri dari 5 W dan 1 H, sebagai berikut :
- What, produk atau jasa apa yang diinginkan oleh para calon pelanggannya ?
- Where, dimana calon pelanggan menginginkan usaha tersebut dibuka ?
- When, kapan waktu yang diinginkan oleh para calon pelanggan agar usaha tersebut mulai dibuka ?
- Who, siapa calon pembeli atas usaha tersebut, dalam arti segmen calon pelanggan mana yang akan dibidik ?
- Why, mengapa calon pelanggan harus membeli produk tempat anda, artinya keunggulan apa yang anda miliki dibandingkan pesaing ?
- How, Bagaimana cara wirausaha sukses tersebut menjalankan usahanya, artinya strategi pemasaran mana yang akan digunakan ?
Wirausaha Sukses (Build your dream)
"Bangun impian anda" merupakan tahapan pertama membangun sebuah usaha. Syarat awal untuk menjadi seorang wirausahawan adalah memiliki impian akan sebuah kesuksesan di masa yang akan datang. Impian inilah yang pada akhirnya akan menjadi pemicu bagi seseorang untuk melangkah menggapai kesuksesan di masa yang akan datang, termasuk dalam hal wirausaha.
Pada tahapan pertama yaitu build your dream ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang wirausahawan, yaitu :
- Mengubah pola pikir menjadi seorang wirausahawan,
- Menanamkan penjangkaran yaitu kegiatan dimana seorang calon wirausahawan meyakinkan dirinya sendiri untuk sukses menjadi seorang wirausahawan,
- Menciptakan ide usaha,
- Membangun visi perusahaan,
- Menentukan misi yang akan digunakan untuk mencapai visi tersebut,
- Menciptakan budaya kerja untuk mencapai visi yang diinginkan,
- serta menetapkan berbagai target hasil kerja yang harus dicapai pada periode tertentu
Dengan mendesain impian tersebut, maka seorang wirausahawan akan mampu menggambarkan kondisi yang ia inginkan di masa yang akan datang. Hal ini tentunya akan membuat seorang wirausahawan semakin yakin untuk mencapai impian tersebut.
Subscribe to:
Posts (Atom)