Wednesday 19 June 2013

Wirausaha Sukses (Never regard "financial statement" unimportant)

"Jangan pernah anggap laporan keuangan tidak penting" Langkah kelima dalam membangun usaha, yang harus dilakukan oleh seorang wirausaha sukses adalah selalu membuat laporan keuangan secara akurat. Dengan adanya laporan keuangan maka seorang wirausaha sukses akan mampu melihat kondisi perusahaan yang ada saat ini.

Dalam sebuah perusahaan, laporan keuangan ibarat panel sebuah kokpit pesawat terbang. Jika ada pesawat tersebut terjadi kerusakan atau hal-hal lain yang tidak sesuai dengan kondisi pada umumnya, maka lampu yang ada pada kokpit tersebut akan menyala.

Dengan demikian seorang pilot akan mengambil keputusan atas isyarat lampu pada panel kokpit yang menyala tersebut. Dalam menjalankan usahanya, seorang wirausaha sukses juga harus selalu melihat lampu yang ada di kokpit tersebut, dalam arti membaca laporan keuangan yang ada. Laporan keuangan tersebut akan memberikan informasi kepada seorang wirausaha sukses atas kondisi usahanya. selanjutnya wirausaha sukses tersebut dapat mengambil berbagai tindakan atas informasi yang diperoleh dari laporan keuangan guna menjaga kelangsungan perusahaan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang wirausaha sukses sehubungan dengan laporan keuangan antara lain :
1. Membuat laporan rugi laba (balance sheet) secara akurat
2. Membuat neraca (Income Statement) selengkap mungkin
3. Membuat laporan perubahan modal (Capital Statement Exchange)
4. Membuat arus kas (Cash Flow) secara detail
5. Melakukan analisis laporan keuangan serta
6. Menghindari kesalahan pengelolaan keuangan

Dengan mengetahui dan adanya kemampuan dalam membuat laporan keuangan secara detail, maka seorang wirausaha sukses akan mampu mengevaluasi keberadaan dan kondisi keuangan yang ada serta mengambil tindakan yang dibutuhkan. Akhirnya perusahaan akan terus berkembang.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal