Monday 28 January 2013

bisnis ukm (tanpa modal)

Bisnis UKM tanpa Modal
 
Banyak yang telah membuktikan bahwa menjadi pengusaha yang sukses dan memiliki bisnis sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan orang. Permasalahan keterbatasan modal bukan lagi menjadi sesuatu yang diragukan lagi. Memang MODAL USAHA penting tetapi bukan dijadikan alasan untuk tidak memulai usaha UKM. Modal merupakan sumberdaya kekayaan perusahaan. Pemodal berarti pemilik modal. Sedangkan Modal tidak selalu dalam wujud uang. Sehingga pemodal adalah pemilik sumberdaya yang bukan selalu uang, misalnya :

1. Gagasan atau Ide

Jika ingin memiliki usaha, baik kecil maupun besar, maka ‘modal’ yang pertama yang utama, kita harus memiliki suatu gagasan atau ide mengenai bisnis apa yang akan digarap. Darimana gagasan atau ide itu muncul? Gagasan atau ide bisnis akan lebih mudah kita dapat apabila kita peka dan peduli  terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Peduli kepada diri sendiri adalahbagaimana kita mengenali kemampuan, minat, bakat, dan lain sebagainya. Banyak pengusaha yang berhasil karena dia dapat memanfaatkan kemampuan, minat, bakat yang dimilikinya sendiri dikombinasikan dengan kejelian melihat peluang pasar. Semua usah berawal dari sebuah gagasan atau ide yang kemudian dijual. Jadi, asal anda sudah punya gagasan atau ide yang baik, walupun belum punya modal uang, anda bisa menjual gagasan atau ide anda tersebut untuk kemudian dijadikan uang.

2. Kemitraan atau Bagi Hasil

Jika kita punya keterampilan tapi tidak punya uang, mengapa kita tidak bermitra dengan orang yang punya uang, tetapi tidak punya keberanian dan keterampilan yang kita miliki. Strategi bisnis dengan prinsip kerjasama win-win ini ternyata sudah lama diterapkan oleh para pelaku bisnis. Phak manajemen (pemilik keahlian) dan pemilik modal bermitra untuk menjalankan bisnis ini. Pihak manajemen tidak digaji melainkan diberikan bagian keuntungan (sesuai dengan prosentasi yang telah disetujui bersama) yang diperoleh dari menjalankan bisnis tersebut diatas.

3. Bayar Dimuka (Kepercayaan)

Dasar dari sebuah bisnis adalah kepercayaan. Jika orang lain telah menaruh kepercayaan kepada kita, tentunya itu menjadi ‘modal besar’ bagi anda untuk melakukan bisnis dengan modal dengkul (karena ada modal dipercaya orang). Misalnya saja, jika kita mendapat pesanan untuk mengekspor barang keluar negeri, tetapi kita tidak punya cukup uang untuk memproduksi barang yang akan diekspor tersebut, kita bisa mencoba untuk meminta pembelian untuk dibayar dimuka sebagian. Uang yang kita dapatkan ini bisa kita gunakan untuk memproduksi barang yang telah dipesan.

4. Perantara

Tidak ada modal uang bukan merupakan alasan bagi kita untuk tidak memulai usaha. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memulai bisnis dengan modal otak. Salah satunya dengan menjadi perantara. Disini kita bertindak sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kita bisa membantu orang yang memiliki barang untuk menjualkannya kepada konsumen. Setelah barang terjual kita bisa mendapat komisi dari hasil yang terjual. Uang yang berhasil kita kumpulkan bisa kita gunakan untuk mengembangkan usaha kita lebih lanjut.

5. Menjual Keahlian

Jika kita memiliki keahlian ataupun pengalaman berharga di suatu bidang yang jarang dimilki orang lain, kita bisa mencoba menjual keahlian dan pengalaman kita tersebut untuk membantu orang lain dalam melakukan bisnis mereka.

Pada prinsipnya, jika anda sudah bertekad untuk memulai sebuah bisnis, uang bukanlah modal utama. Yang perlu dimiliki adalah KEBERANIAN, KEYAKINAN, dan KETEKUNAN. Setelah itu untuk memulai sebuah usaha, kita tidakperlu menunggu hingga modal terkumpul. Kita bisa mendapatkan modal dari berbagai sumber, antara lain dengan menjual ide, keahlian atau menerapkan manajemen, menjadi perantara ataupun menjual keahlian kita sebagai solusi bagi orang lain. Jadi siapa bilang kita tidak bisa memulai usaha dengan “modal otak bukan dengan dengkul”. Milikilah semangat juang dengan memanfaatkan otak.
 
Anda ingin tips memulai usaha tanpa modal klik disini. Atau bisa comment dengan alamat email, sehingga mendapatkan newslater free lengkap tentang bisnis UKM yang mudah untuk dijalankan.

1 comment:

  1. There is definitely one thing being stated pertaining to education and learning, instruction and coaching specially
    in terms of internet marketing. Learning tips on how to your self as well
    as your is usually a need to since there exists a finding out contour in
    order to doing this. For these individuals who've located several as well as good achievement having internet marketing, we realize that it has have not just the web based advertising education, nevertheless that is engaged. TRAFFIC, visitors plus much more site visitors could be the right here.

    The basic with regard to web based business good results are usually easy capital t fully grasp, are not able to put into action. In standard, providers is fine wonderfully but specially when they may be where you live. You might get a lot of online businesses people browsing throughout or you have to provide. If you don't have something that you'll be presently giving, you are able to always small business that is providing goods for sale likewise. This will help free you around give full attention to far more significant your company it is possible to pay for preserving an everyday of the people goods accessible.

    In supplement, to get a company that may look after at this point you and provide pertaining to your household into the indefinite upcoming. With many funds generating options, the net is usually full of that could key in a drastically wrong choice; also to produce fast. The next essential qualification can be beneficial team help you in undertakings. The workforce will need to have working out required to become wealth building contractors and also inside a stepwise method in the direction of your current success. Thirdly, check out the techniques process.

    If that you are completely ready with your main equipment to generate substantive riches, you need to regarding steps, which is web analysis. Writing optimized articlesIf you're at the scarcity of advantageous
    suggestions, carry the assistance of internet within finding the
    right people available for you. And we are not really dealing with
    some sort of brick and mortar, we are going to have to think about the actual "virtual door" since Site Advertising.


    my blog ... cari duit di internet

    ReplyDelete

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal