Friday 22 February 2013

leadership adalah (karakter seorang leadership)




 


Sifat seorang leadership adalah dengan melihat berbagai karakter yang bisa dilakukan seorang leader, karakter-karakter tersebut adalah :
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Congruent
Yang dimaksud dengan congruent adalah melakukan apa yang diucapkan dan mengucapkan apa yang dilakukan. Seorang leader adalah role model.  Oleh karenanya penting bagi setiap leader untuk selalu congruent karena semua gerak-geriknya menjadi panutan orang-orang yang dipimpinnya. Tentunya bukan seorang leader yang baik bilamana ia hanya berbicara tanpa melakukan apa yang dia bicarakan tersebut.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Visionary
Visionary disini dimaksudkan bahwa seprang leader harus memiliki visi atau tujuan jangka panjang.  Dengan memiliki visi, apalagi kalau visi tersebut mengandung nilai-nilai luhur yang mewakili visi orang banyak, maka pantaslah seseorang disebut sebagai leader.  Leader tersebut tahu kemana arah dan tujuan dari setiap tindakan yang dia lakukan. Tentu saja hal ini juga memudahkan siapa saja yang dia pimpin karena mereka sadar bahwa segala tindakan yang mereka lakukan bermuara kepada visi tersebut.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Technically competent
Tidak menjadi mandatory namun biar bagaimanapun bila seorang leader memiliki kemampuan teknis yang memadai berdasarkan bidangnya, maka semakin baiklah dia pada posisi tersebut. Kompetensi teknis yang dimiliki leader akan juga memudahkan seorang leader dalam mengambil keputusan terutama di waktu-waktu yang mendesak. Memiliki kompetensi teknis yang baik juga memudahkan leader dalam mengontrol dan mengawasi pekerjaan orang-orang yang dipimpinnya.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Good communicator
Salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh leader adalah good communicator yang berarti seorang leader harus memiliki komunikasi yang baik ke segala lini dalam organisasi. Komunikasi yang baik diperlukan ke atasan maupun ke bawahan (vertikal) serta ke posisi yang sejajar dengan leader tersebut (horisontal). Dengan menjadi good communicator maka alur komunikasi terjalin baik sehingga memudahkan penyampaian dan penerimaan informasi.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Good motivator
Sebagai leader, maka kemampuan untuk memotivasi bawahan dianggap penting. Tentunya motivasi diperlukan ketika orang-orang dalam keadaan semangat kerja yang rendah. Sangat besar harapan setiap perusahaan bahwa seorang leader dapat memompa motivasi para bawahannya sehingga kinerja tim tetap baik dan berkembang.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Decisive

Ketegasan tidak bisa dipungkiri harus melapisi dari semua karakter yang dimiliki oleh leader.  Bagi leader, dirinya harus dapat membuat satu kata dalam suatu keputusan dan tidak mudah berubah dalam sekejap oleh karena sesuatu hal. Ketegasan ini juga merupakan bagian dari congruent.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Support team members
Mendukung semua kegiatan dari anggota tim, juga menjadi karakteristik penting bagi seorang leader.  Leader memegang kendali pimpinan, oleh karenanya sangat diharapkan leader dapat mendukung penuh kegiatan tim sehingga terjadi harmonisasi dalam tim tersebut.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Encourage new ideas
Seorang leader harus dapat memberanikan orang-orang yang dipimpinnya untuk menelurkan ide-ide baru demi perkembangan organisasi/perusahaan.  Ide-ide baru yang segar tentunya diperlukan dalam tim karena dapat membawa kepada nuansa yang berbeda yang bisa memacu kinerja orang menjadi lebih baik lagi. Tentunya, tidak semua ide adalah baik, maka dari itu leader harus dapat memnyaring mana yang termasuk ide baik dan mana yang buruk.
  • Seorang Leadership adalah harus mempunyai karakter Coaching skills
Karakter kental dari seorang leader menjadi sempurna dengan memiliki coaching skills. Seorang leader dengan karakter seorang coach sangat diyakini dapat mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki oleh timnya.

Coach Patricius Dion Widia
Coach Dari PT Formula Bisnis Indonesia
Dapatkan Free sesi Coaching dari Bapak Patricius Dion Widia
contack PT Formula Bisnis Indonesia telp 583 583 33

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal