Monday 28 January 2013

bisnis coaching (adalah sebuah investasi yang baik)

Mengapa Mendapatkan Pelatih Bisnis / Bisnis Coach adalah Investasi Baik

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa bisnis coaching adalah industri baru naik dan datang sebagai industri kedua dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Bisnis Coaching adalah seperti pembinaan olahraga? seperti pembinaan pelatih olahraga seorang atlet dan melatih mereka untuk menjadi lebih baik, bisnis coaching tidak hanya membantu bisnis membangun rencana terorganisir untuk setiap tantangan yang mereka temui, dan membantu mengatur rencana tersebut bergerak.
 
Bisnis Coaching sangat mirip dengan pembinaan olahraga - seorang bisnis coach membantu usaha membangun rencana untuk tantangan dan untuk mencapai tujuan yang mereka tetapkan, seperti pelatih olahraga lakukan untuk atlet mereka. Perusahaan yang memiliki tantangan pembinaan usaha mengatasi dengan strategi rencana dan bisnis dari pemilik bisnis dan pandangan pandangan luar:? Pelatih bisnis / Bisnis Coach. Dengan cara ini, pemilik bisnis dapat mencapai semua yang dia inginkan.

Berikut adalah beberapa statistik umum tentang pembinaan bisnis saat:

Pengeluaran Tahunan pembinaan eksekutif di Amerika Serikat? Diperkirakan sebesar $ 1 miliar.? ? Harvard Business Review, November 2004.

Penggunaan pembinaan tersebar luas dalam organisasi Inggris, dengan hampir sembilan dari sepuluh responden melaporkan bahwa mereka sekarang menggunakan pembinaan dalam organisasi mereka (88%).?? ? University of Bristol Newsletter, 2005.

The Institute? Australia Manajemen mengatakan 70% dari perusahaan anggotanya mempekerjakan pelatih.? ? Di dalam Bisnis, Channel 2 Juli 2006.

Sebuah studi baru-baru ini memperkirakan? Bahwa 40.000 orang di Amerika bekerja sebagai pelatih bisnis (pekerjaan atau kehidupan) dan pasar $ 2.400.000.000 tumbuh cepat pada 18 per tahun.?  Marketdata Report, 2007.

Coaching adalah profesi kedua dengan pertumbuhan tercepat di dunia,? Hanya disaingi oleh teknologi informasi.? ? National Post, April 2007.

Apa arti dari Statistik ini?

Statistik dan laporan tidak berbohong??  bisnis coaching tidak hanya industri yang berkembang cepat, itu? industri berkembang juga bisa saja? sukses. Sama seperti olahraga atlet harus tetap di depan pesaing mereka dengan pelatih, bisnis industri, terutama dalam resesi ini, semakin sangat kompetitif.

Pikirkan jika atlet olahraga melakukan ini ? dan memiliki pelatih. Dia mungkin terus melakukan hal yang sama yang telah bekerja untuknya berkali-kali sebelumnya, dan ia mungkin baik-baik saja untuk sementara waktu. Tapi akhirnya, karena dia? melakukan hal yang sama dan belum tentu semakin baik dalam olahraga nya atau keterampilan, kompetisi akan melampaui dia.

Ini hal yang sama dengan bisnis. Dengan semua perubahan industri, inovasi dan strategi manajemen, pemilik bisnis dapat terus melakukan hal yang sama seperti mereka? mereka telah lakukan? Akhirnya pesaing akan meninggalkan perusahaan dalam kekalahan mereka, sehingga perusahaan kurang maju.

Ini bahkan benar dengan merek besar? McDonald? Starbucks dan Coca-Cola terus-menerus di depan permainan dan menghadapi tantangan. Terutama dalam resesi? berapa banyak merek yang digunakan untuk berada di sekitar (Fannie Mae, Bombay Co, Circuit City) tidak lagi?

Ketika datang ke pesaing perusahaan, pelatihan bisnis (bisnis coaching) adalah investasi yang sehat di masa depan perusahaan Anda karena itu membuat Anda di depan mereka.

Itu masih merupakan industri bisnis yang relatif baru, tetapi statistik tidak salah:? Pelatihan bisnis/bisnis coaching cepat-menjadi investasi besar karena itu membuat perusahaan didepan pesaing.?
Bisnis coaching adalah industri dengan pertumbuhan tercepat kedua untuk beberapa alasan berikut:

1.Bisnis coaching meningkatkan kinerja. Coaching mengembangkan kualitas terbaik dari orang-orang dan tim, membuat sebagian besar orang kualitas? Dan produktivitas secara signifikan meningkat, membuat sebagian besar orang bakat? dan keterampilan bagi perusahaan.

2.Bisnis coaching memungkinkan pemilik untuk memotivasi staf mereka. Coaching membantu orang untuk bekerja untuk potensi terbaik mereka, meningkatkan harga diri mereka dan dengan demikian meningkatkan kualitas kerja mereka dan meningkatkan produktivitas pada saat yang sama.

3.Bisnis coaching meningkatkan pengembangan karyawan. Pengembangan staf berarti tidak hanya seminar pendidikan dan pelatihan, tetapi juga membuka potensi dalam perusahaan? Karyawan. Apakah karyawan akan mengembangkan diri atau tidak tergantung terutama pada perusahaan? gaya manajemen. Awalnya, kita semua memiliki potensi besar yang dapat terungkap melalui pembinaan. Coaching memungkinkan karyawan untuk mengembangkan diri secara langsung di tempat kerja, sehingga meningkatkan efisiensi mereka.

Anda mau tau lebih banyak tentang coaching dari PT Formula Bisnis Indonesia hubungi 
021-583 583 33, dapatkan free coaching dengan coach-coach terbaik, dan dapatkan free bisnis check up dengan mengisi form berikut. klik disini.

Pendanaan UKM (bisnis bisnis untuk kredit usaha)

Cara Dapatkan Pendanaan Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)

Karena semakin banyak orang beralih ke kewirausahaan, akses ke pendanaan bisnis juga meningkat. Pemberi pinjaman tradisional seperti bank telah memperketat kredit dalam beberapa tahun terakhir sehingga kekurangan uang dari pengusaha beralih ke alternatif lain untuk memecahkan satu masalah penting - menemukan uang tunai. Sementara bank-bank komersial diperas dukungan finansial mereka untuk usaha kecil, pengembangan perusahaan, pemberi pinjaman mikro dan penyedia merchant cash advance membuka pintu mereka, mengisi kekosongan dan membantu pengusaha mendapatkan akses ke uang tunai.

Pemilik usaha kecil seperti operator restoran, penyedia layanan gigi, pemilik produk promosi, dan lainnya operator usaha kecil mencari alternatif sumber modal usaha kini dapat mengamankan uang tambahan dengan cepat tanpa harus menawarkan jaminan apapun. Perusahaan seperti penyedia uang muka menawarkan layanan tersebut dan lebih disukai oleh pemilik bisnis yang lebih.

Apa sebenarnya adalah uang muka pedagang?

Sebuah merchant cash advance (atau MCA, juga disebut kredit dari kartu kredit) adalah pilihan pembiayaan yang sering dicairkan oleh usaha kecil dan menengah. Ini melibatkan pembelian sebagian kredit di masa depan piutang merchant kartu dengan harga diskon. Setiap kali pedagang menerima pembayaran dari pelanggan melalui kartu kredit, sebagian dari penjualan diteruskan ke penyedia uang muka sampai seluruh piutang yang dibeli dibayar kembali.
Sebuah uang muka pedagang Namun, bukan pinjaman terutama untuk alasan berikut:

Penyedia MCA tidak memerlukan jaminan pribadi atau jaminan dari pedagang. Ini berarti bahwa penyedia risiko kehilangan investasinya jika pedagang pergi keluar dari bisnis. Ini adalah salah satu alasan mengapa penyedia uang muka pedagang memiliki satu set minimal persyaratan sebelum membagikan uang muka. Ini adalah:
1. Pedagang itu telah berbisnis selama satu tahun terakhir;
2. Pedagang itu memiliki setidaknya lima puluh transaksi kredit (50) kartu setiap bulan;
3. Pedagang itu tidak memiliki kewajiban sewa yang luar biasa dan memiliki setidaknya satu tahun 
    tersisa di sewa, dan;    
4. Pedagang tidak mengalami kebangkrutan terbuka atau dalam penyitaan.

Merchant uang tunai tidak memiliki jadwal pembayaran tetap. Pembayaran berikutnya dengan kartu sehari pedagang berdasarkan volume penjualan. Dengan kata lain, penyedia menerima jumlah pembayaran yang lebih tinggi ketika penjualan pedagang yang naik dan menerima persentase pembayaran yang lebih rendah ketika penjualan pedagang menurun. Tidak ada keterlambatan pembayaran, sehingga, tidak ada biaya tambahan atau denda sebagai lawan pinjaman tetap panjang di mana jumlah dolar tetap harus dibayar pada atau sebelum tanggal jatuh tempo yang terlepas dari volume penjualan pedagang.
Tidak ada batasan penggunaan bisnis. Pedagang itu bebas untuk menggunakan uang muka dalam setiap pengeluaran bisnis - pembelian persediaan tambahan, peralatan baru, melunasi utang subsidi, kantor renovasi atau darurat antara lain.

Penyedia merchant paling terkemuka kas dapat memenuhi syarat bisnis untuk uang muka dengan cepat dan mudah. Proses aplikasi ini cukup sederhana. Tidak ada dokumen yang membosankan dan tidak ada nilai kredit atau kredit cek terlibat. Anda hanya perlu memilih operator yang tepat.

anda membutuhkan informasi tentang bisnis comment dengan alamat email dapatkan Newsletter gratis.

Bagaimana memasarkan UKM

Bagaimana Pasar Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  'Menawarkan Produk atau Jasa Mereka?

Jika saya mengambil pertanyaan ini kembali ke 1999-2000 jawabannya adalah sederhana, pergi ke internet, perusahaan pencari forsome "untuk misalnya: perusahaan perangkat lunak, california" dan mengumpulkan alamat email dari hasil pencarian dan menembak email memperkenalkan layanan atau produk Anda. Sederhana! Ini adalah cara yang efektif termudah dan biaya pemasaran bisnis. Hidup itu baik. Tapi Sekarang? Ini tidak akan bekerja.

Ini tidak akan bekerja karena email menembak tanpa persetujuan dari penerima email dengan niat membuat keuntungan adalah SPAM dan penyedia hosting Anda mungkin baik Anda atau mungkin memblokir akun Anda dari server mereka jika ditemukan begitu. Apa cara lain / metode / saluran untuk pemasaran? Tele-Marketing, Iklan, dll Direct mail tetapi semua ini akan membuktikan mahal atau kurang efektif untuk usaha kecil dan menengah. Lalu apa alternatifnya?

Biasanya bank dan organisasi lain di India menggunakan ponsel untuk sms dan menjangkau pengguna ponsel untuk memasarkan produk mereka. Anda mungkin telah menerima panggilan atau sms untuk pinjaman pribadi, kredit kendaraan, kredit perumahan, rencana asuransi dari organisasi yang berbeda namun karena peraturan pemerintah yang baru, layanan operator (pengguna Handphone yang khusus memilih untuk menerima iklan pada ponsel mereka) hanya dapat menerima iklan dari organisasi-organisasi sekarang. Bagaimana bank atau organisasi lain menjangkau pelanggan baru?

Apa cara termudah untuk mempromosikan bisnis? Jawabannya adalah jaringan bisnis

Ya, jaringan Bisnis telah tiba dan merupakan alternatif yang sukses untuk marketing.Businesses email 'atau orang-orang yang bergabung dengan jaringan tersebut bergabung dengan maksud untuk mendapatkan sambungan baru dan mengembangkan jaringan mereka dan meraih pelanggan baru. Hal ini seperti layanan database opt-in untuk bisnis dan profesional untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis mereka. Bisnis yang sudah menggunakan jaringan tersebut sudah mulai menyadari manfaat dan memiliki keunggulan kompetitif atas orang lain yang tidak jaringan. Bisnis yang tidak menganggap belum jaringan pasti akan kehilangan manfaat kepada pesaing mereka. Jadi waktu untuk bergabung dengan jaringan untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda.


Sebelum saya menyimpulkan kata hati-hati, saya ingin mendidik penonton tentang 2 istilah jaringan sosial dan jaringan Bisnis. Jaringan situs-situs seperti orkut, myspace, dll adalah murni untuk tujuan sosial, Anda dapat menggunakannya untuk memperluas kontak Anda secara pribadi, tetapi jaringan Bisnis adalah permainan bola yang berbeda. Tidak ada ruang untuk anonimitas dan absurditas dalam bisnis sehingga ketika Anda ingin jaringan untuk mempromosikan dan memasarkan bisnis Anda tidak bergabung dengan jaringan sosial, bukannya bergabung dengan jaringan bisnis seperti linkedin.com, livebiznet.com dan xing.com, dll Ini yang situs yang benar-benar situs jaringan profesional bisnis yang tidak menghibur ketelanjangan atau gambar vulgar atau topik. Satu gambar vulgar atau kata yang pelanggan Anda dapat melihat pada jaringan dapat merusak reputasi organisasi Anda secara keseluruhan. Jadi memilih situs jejaring Bisnis untuk bisnis dan bukan situs jejaring sosial.

Ide Pemasaran UKM

Ide pemasaran UKM (20 ide pemasaran)


Kesulitan dalam memasarkan bisnis kecil Anda? Berikut adalah 20 ide pemasaran yang dapat membantu Anda menarik perhatian pelanggan dan membawanya ke dalam bisnis.

Marketing atau pemasaran merupakan kunci dari hampir semua bisnis apa pun. Ini tidak biasa, pada kenyataannya, sebuah produk yang biasa-biasa saja jika dibarengi dengan pemasaran yang luar biasa dapat mengalahkan sebuah produk berkualitas tinggi yang dipasarkan dengan cara yang biasa/buruk.

Tentu saja, banyak perusahaan besar yang dapat mendedikasikan uang dalam jumlah besar dan staf untuk mendatangkan ide-ide pemasaran hebat untuk produk mereka. Namun bagaimana dengan perusahaan kecil dan menengah? Lantas, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil pemasaran Anda?

Jawabannya sangat sederhana: terus mencoba ide-ide pemasaran yang belum Anda coba sebelumnya. Jika Anda mau mencarinya, ide itu sangat berlimpah.

Perhatikan Apa yang dilakukan perusahaan besar (maupun bisnis kecil lainnya) untuk mengenalkan dan mempromosikan produk mereka, dan kemudian menyesuaikan teknik pemasaran mereka untuk memenuhi target klien dan anggaran Anda sendiri.

Berikut adalah 20 ide pemasaran yang perlu dipertimbangkan:

1.Tampil beda. Ambil pelajaran dari para pengiklan brand besar untuk menemukan sesuatu yang dapat membedakan Anda dengan para pesaing, kemudian promosikan perbedaan tersebut. Perbedaan tersebut bisa dari slogan Anda, atau perbedaan utama dalam produk Anda. misalkan apakah tas koper yang Anda jual lebih ringan dari pesaing?

2. Bentuk aliansi strategis dengan bisnis lain. Carilah sebuah bisnis yang target pasarnya sama dengan Anda dan ajak mereka untuk bekerja sama. Bentuknya bisa bermacam-macam. Apakah secara aktif memasarkan jasa satu sama lain, atau bekerja secara bersama-sama untuk mengerjakan pekerjaan dari klien, aliansi strategis dapat memperluas jangkauan perusahaan hingga bottom-line Anda.

3.Segmentasikan pasar Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan produk terbaik atau mengembangkan spesialisasi yang menarik, khususnya untuk kebutuhan setiap segmen.

4. Ekspansi ke pasar baru. Setidaknya ada tiga langkah untuk memperluas pasar

5. Periksa pasar pelengkap. Kemana pengiriman anda sekarang? Kemungkinan besar kondisi serupa akan terjadi di pasar lain. Ini menunjukkan bahwa bisnis anda bisa sukses di sana juga.
6.Lacak permintaan goloba produk Anda. Karena anda sudah mengirim ke satu Negara atau wilayah tertentu, Anda dapat memanfaatkan data tersebut untuk melukis gambaran yang lebih jelas dari permintaan dan kompetisi untuk produk anda.
7.Bicarakan dengan rekan bisnis Anda. Salah satu cara terbaik untuk memperluas pasar adalah belajar dari perusahaan lain yang sesuai dengan profil anda, baik melalui asosiasi industri perdagangan, kamar dagang lokal atau jaringan pemasok anda.
8.Menaruh bisnis Anda di internet. Jika Anda belum menaruh bisnis anda di internet, sebaiknya anda segera membuatnya.

9.Masuk dalam daftar Google Places

Terlibat dalam sosial media. Anda dapat meminta pelanggan untuk ikut serta dalam jejaring sosial Anda. kemudian meminta mereka untuk menghabiskan beberapa menit sehari untuk berpartisipasi di jejaring sosial anda tersebut.

10. Isilah profil sosial media dengan detail sebanyak yang Anda bisa dan pastikan untuk mencantumkan link situs web dan produk.

11. Gunakan direct mail untuk menjangkau pelanggan Anda. Ya, itu adalah sebuah teknik kuno dalam dunia pemasaran yang masih banyak digunakan dan tetap bekerja dengan baik sampai saat ini.

12. Mengirimkan Kartu nama atau postcard kepada pelanggan untuk mengingatkan mereka bahwa mereka harus datang kembali.

13. Masukkan kata kunci lokal (nama kota atau daerah misalnya) pada halaman web Anda dan dalam tag judul untuk membantu para pencari web menemukan Anda.

14.Tambahkan tombol share di website Anda dan menganjurkan pengunjung untuk menggunakannya.

15.Gunakan email untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Hubungi mereka secara berkala dengan penawaran khusus, tips tentang menggunakan produk Anda, informasi industri, atau konten lain yang akan membantu mereka untuk kembali ke website Anda dan/atau membeli dari Anda.

16.Sertakan nomor telepon Anda dalam iklan pay-per-click Anda. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan menelepon untuk mencari informasi lebih lanjut atau menelepon untuk melakukan pembelian.

17.Membuat tautan nomor telepon di website Anda (click-to-call) untuk memudahkan bagi pelanggan yang menggunakan smartphone dalam menghubungi Anda.

18.Pasang iklan di media setempat jika bisnis anda bersifat lokal. Carilah penawaran untuk memperoleh iklan Anda dalam kedua edisi baik cetak maupun online dari publikasinya.

19.Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi yang melakukan pembelian yang melibihi jumlah tertentu.

20.Jadilah proaktif dan terus-menerus. Waktu kecil Anda belajar naik sepeda, Anda tidak berpikir bagaimana cara mengendarai sebuah sepeda bukan? Anda hanya mengambil sepeda dan mencobanya sampai Anda belajar menyeimbangkan diri dan kemudian secara bertahap menambah kecepatan.

Tidak ada bedanya dengan pemasaran. Anda harus terus melakukannya sampai Anda menemukan apa yang efektif bagi bisnis Anda.

Mulailah dengan segera. Buatlah daftar ide pemasaran Anda sendiri. Sertakan ide pemasaran yang sudah digunakan dan belum Anda gunakan sebelumnya ke dalam daftar termasuk strategi pemasaran yang Anda lihat dari perusahaan lain.

Kemudian mulai memasukan satu per satu ke dalam praktek. Usahakan untuk mencoba salah satu ide pemasaran baru dalam seminggu. Dan rekrut orang-orang yang mau bekerja dengan Anda dan buang orang-orang yang tidak mau melihat bisnis anda berkembang.


Anda tertarik memiliki ide bisnis yang lain daftar disini dapatkan newsletter free tentang bisnis UKM dan cara bagaimana membangun bisnis dengan mudah.


CS|businessknowhow

Sumber : marketing.co.id

bisnis ukm (tanpa modal)

Bisnis UKM tanpa Modal
 
Banyak yang telah membuktikan bahwa menjadi pengusaha yang sukses dan memiliki bisnis sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan orang. Permasalahan keterbatasan modal bukan lagi menjadi sesuatu yang diragukan lagi. Memang MODAL USAHA penting tetapi bukan dijadikan alasan untuk tidak memulai usaha UKM. Modal merupakan sumberdaya kekayaan perusahaan. Pemodal berarti pemilik modal. Sedangkan Modal tidak selalu dalam wujud uang. Sehingga pemodal adalah pemilik sumberdaya yang bukan selalu uang, misalnya :

1. Gagasan atau Ide

Jika ingin memiliki usaha, baik kecil maupun besar, maka ‘modal’ yang pertama yang utama, kita harus memiliki suatu gagasan atau ide mengenai bisnis apa yang akan digarap. Darimana gagasan atau ide itu muncul? Gagasan atau ide bisnis akan lebih mudah kita dapat apabila kita peka dan peduli  terhadap diri kita sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar.

Peduli kepada diri sendiri adalahbagaimana kita mengenali kemampuan, minat, bakat, dan lain sebagainya. Banyak pengusaha yang berhasil karena dia dapat memanfaatkan kemampuan, minat, bakat yang dimilikinya sendiri dikombinasikan dengan kejelian melihat peluang pasar. Semua usah berawal dari sebuah gagasan atau ide yang kemudian dijual. Jadi, asal anda sudah punya gagasan atau ide yang baik, walupun belum punya modal uang, anda bisa menjual gagasan atau ide anda tersebut untuk kemudian dijadikan uang.

2. Kemitraan atau Bagi Hasil

Jika kita punya keterampilan tapi tidak punya uang, mengapa kita tidak bermitra dengan orang yang punya uang, tetapi tidak punya keberanian dan keterampilan yang kita miliki. Strategi bisnis dengan prinsip kerjasama win-win ini ternyata sudah lama diterapkan oleh para pelaku bisnis. Phak manajemen (pemilik keahlian) dan pemilik modal bermitra untuk menjalankan bisnis ini. Pihak manajemen tidak digaji melainkan diberikan bagian keuntungan (sesuai dengan prosentasi yang telah disetujui bersama) yang diperoleh dari menjalankan bisnis tersebut diatas.

3. Bayar Dimuka (Kepercayaan)

Dasar dari sebuah bisnis adalah kepercayaan. Jika orang lain telah menaruh kepercayaan kepada kita, tentunya itu menjadi ‘modal besar’ bagi anda untuk melakukan bisnis dengan modal dengkul (karena ada modal dipercaya orang). Misalnya saja, jika kita mendapat pesanan untuk mengekspor barang keluar negeri, tetapi kita tidak punya cukup uang untuk memproduksi barang yang akan diekspor tersebut, kita bisa mencoba untuk meminta pembelian untuk dibayar dimuka sebagian. Uang yang kita dapatkan ini bisa kita gunakan untuk memproduksi barang yang telah dipesan.

4. Perantara

Tidak ada modal uang bukan merupakan alasan bagi kita untuk tidak memulai usaha. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memulai bisnis dengan modal otak. Salah satunya dengan menjadi perantara. Disini kita bertindak sebagai perantara antara produsen dengan konsumen. Kita bisa membantu orang yang memiliki barang untuk menjualkannya kepada konsumen. Setelah barang terjual kita bisa mendapat komisi dari hasil yang terjual. Uang yang berhasil kita kumpulkan bisa kita gunakan untuk mengembangkan usaha kita lebih lanjut.

5. Menjual Keahlian

Jika kita memiliki keahlian ataupun pengalaman berharga di suatu bidang yang jarang dimilki orang lain, kita bisa mencoba menjual keahlian dan pengalaman kita tersebut untuk membantu orang lain dalam melakukan bisnis mereka.

Pada prinsipnya, jika anda sudah bertekad untuk memulai sebuah bisnis, uang bukanlah modal utama. Yang perlu dimiliki adalah KEBERANIAN, KEYAKINAN, dan KETEKUNAN. Setelah itu untuk memulai sebuah usaha, kita tidakperlu menunggu hingga modal terkumpul. Kita bisa mendapatkan modal dari berbagai sumber, antara lain dengan menjual ide, keahlian atau menerapkan manajemen, menjadi perantara ataupun menjual keahlian kita sebagai solusi bagi orang lain. Jadi siapa bilang kita tidak bisa memulai usaha dengan “modal otak bukan dengan dengkul”. Milikilah semangat juang dengan memanfaatkan otak.
 
Anda ingin tips memulai usaha tanpa modal klik disini. Atau bisa comment dengan alamat email, sehingga mendapatkan newslater free lengkap tentang bisnis UKM yang mudah untuk dijalankan.

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal