Mengkedepankan penentuan lokasi dalam pemasaran terkadang dapat menjadi efektif, sekaligus tidak, karena biasaya lokasi yang terbaik memakan biaya yang tentunya sangat tinggi. Sehingga perusahaan kerap kali berfikir untuk menekan biaya lainnya, terutama gaji para karyawan. Bukan berarti penentuan lokasi yaang tepat, akan menjadikan produk dan jasa yang ditawarkan akan laku keras. Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi pasar yang benar. Katakanlah, produk dan jasa yang ditawarkan, menyasar pasar dengan segmentasi ekonomi kelas C, sedangkan pemilihan lokasi adalah segmentasi ekonomi kelas A. Hal ini dapat menyebabkan pasar tidak akan melihat produk dan jasa anda.
Jadi penentuan lokasi akan menjadi efektif atau tidak, bilamana beberapa pertimbangan ini diperhitungkan terlebih dahulu,
1. Segmen pasar yang dituju
2. Apa jenis perusahaan anda ? Sebagai perusahaan distribusi akan memilih lokasi yang dapat menjangkau
jalur distribusinya lebih mudah. Sebagai perusahaan ritel, akan memilih lokasi yang penuh keramaian
pengunjungnya. Sebagai perusahaan manufactur akan memilih lokasi, dimana sumber tenaga kerjanya
mudah didapatkan sehingga menghemat transport antar jemput, juga lokasi yang upah minimumnya tidak
begitu tinggi.
3. Apakah lokasinya mudah terlihat secara umum
4. Apakah tempat parkirnya memadai dengan biaya yang masuk akal dengan biaya operasional.
5. Apakah lokasi tersebut mengijinkan untuk usaha yang dijalankan.
6. Apakah lokasi mudah diakses oleh kendaraan umum
7. Apakah lokasi tersebut tidak menyalahi aturan umum yang ada didaerah sekitar
8. Apakah lokasi tersebut mengandung Hoki
Itu beberapa contoh yang mungkin saja berpengaruh dalam menentukan lokasi. Untuk beberapa jenis usaha, penentuan lokasi akan menghemat banyak biaya yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan. Namun ada yang mau tidak mau harus berkorban untuk dapat tampil optimal, sehingga dapat diketahui oleh pasar, yang akhirnya harus menyisihkan biaya lainnya untuk tetap dpat bersaing dalam harga dipasar.
Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana
terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300%
dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan
disini
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan
klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.