Dalam menjalankan usaha, cara praktis yang bisa dilakukan adalah mencari pesaing yang banyak.
Persaingan membuat kita banyak belajar dengan usaha sejenis. Bersaing sekaligus bersahabat akan memacu motivasi dan kreatifitas.
Sebagus apapun produk yang kita hasilkan, jika tidak laku dipasaran maka tidak ada artinya bagi usaha kita. Ada hal yang mestinya kita pahami, bahwa pemilihan produk tidak selamanya dilihat dari belum banyaknya produk pesaing, tetapi juga sangat bergantung kepada minat pasar untuk menerima produk tersebut. Ide-ide bagus belum tentu menjadi kenyataan yang bagus, tetapi sering kali lebih baik menjual produk yang sederhana tetapi dengan cara yang tepat.
Ada seseorang yang yang ingin mencoba memasarkan suatu produk baru yang penuh dengan inovasi. Ia mencoba menjelaskan bahwa produk ini benar-benar belum ada pesaingnya, sehingga berharap pasarnya pasti akan bagus. Tetapi sebenarnya tidak sederhana, karena tentunya dibutuhkan energi ekstra untuk meyakinkan calon konsumen untuk benar-benar membeli produknya. Mungkin akan lebih baik memilih produk yang umumnya dibutuhkan oleh masyarakat banyak, bukan sekedar mengenal, mencoba dan setelah itu tidak mau lagi.
Ketika kita akan memasarkan aneka kue, lokasi mana yang akan kita pilih, apakah Pasar kue Subuh senen, atau Pasar Tanah Abang. Bisa dipastikan akan memilih pasar Kue subuh. Kenapa? bukannya di sana banyak sekali pesaingnya, sedangkan di Tanah Abang belum tentu banyak pesaing? Jawabannya sederhana. Ternyata di Pasar Senen jumlah pembelinya sangat banyak, karena tanpa disadari pembeli memang sudah diarahkan ke pusat-pusat perdagangan tertentu.
Kasus diatas, menyadarkan kita bahwa berjualan di tempat yang belum ada pesaingnya mungkin malah tidak laku, tetapi bisa jadi malah harus mencari tempat usaha yang banyak pesaingnya karena pada umumnya disanalah pembeli sangat banyak.
Ada keuntungan lain dari mencari tempat yang banyak pesaingnya, yaitu kita justru bisa bekerjasama dengan para pesaing. Di Lokasi berkumpulnya pedagang makanan, jika satu warung tiba-tiba kedatangan banyak tamu, sementara persediaan makanan tidak mencukupi, maka warung tersebut akan pinjam ke warung pesaingnya yang tidak jauh lokasinya. Dengan demikian, kita harus berhubungan baik dengan mereka. Biasanya diantara mereka yang bersaing sekaligus bekerjasama, usaha mereka akan sama-sama maju sebaliknya jika mereka jarang bergaul dengan pesaing malah akan dikucilkan.
Dalam menjalankan usaha, cara praktis yang bisa dilakukan adalah mencari pesaing yang banyak. Persaingan membuat kita belajar dengan usaha sejenis. Bersaing sekaligus bersahabat akan memacu motivasi dan kreatifitas.