Wednesday, 11 September 2013

Karakteristik Wirausaha

Karakateristik Wirausaha

Ciri -ciri
1. Percaya diri
Mempunyai watak Kepercayaan, Ketidaktergantungan, Individualistis, Optimisme


2. Berorientasi : Tugas dan Hasil, dengan watak kebutuhan akan prestasi, Orientasi laba, ketekunan, ketabahan, tekad kerja keras, dorongan energi, inisiatif

3. Pengambil Resiko
Kemampuan mengambil resiko, suka pada tantangan

4. Kepemimpinan
Dapat bergaul dengan orang lain

5. Orisinalitas
Inovatif dan kreatif, Fleksibel, banyak sumber, serba bisa

6. Orientasi kemasa depan
Pandangan ke depan, Perspektif

Pengusaha Sukses (Communication Skill Bill Gates)



Bill Gates M inat : Piranti lunak atau software. Saat menjadi mahasiswa baru di Universitas Harvard pada tahun 1973. Lahir : 28 Oktober 1955, di Seattle, AS. Komisaris sekaligus direktur riset dari Microsoft Corporation. Buku The Road Ahead & Bussiness

Bill Gates saat ini adalah seorang komisaris sekaligus direktur riset dari Microsoft Corporation. Ini adalah sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang pembuatan software dan teknologi Internet untuk komputer pribadi dan bisnis. Lahir pada tanggal 28 Oktober 1955, di Seattle, AS. Bill menyelesaikan pendidikan dasarnya di Lakeside School. Pada usia 13 tahun ia menemukan minat dan bakatnya di dunia piranti lunak atau software. Saat menjadi mahasiswa baru di Universitas Harvard pada tahun 1973. Selain mengembangkan Microsoft, Bill yang gemar membaca ini juga menyampaikan ide dan gagasannya melalai dua buku yang ditulisnya. Buku pertama, The Road Ahead, menjadi buku terlaris di AS pada tahun 1995. Empat tahun kemudian, Bill menulis buku keduanya, Business

Kreatif dalam bisnis (cara memulai bisnis)

Menerapkan kreativitas dalam bisnis sangatlah penting. Bahkan menerapkan kreativitas bisa menjadikan salah satu kunci penting kesuksesan dalam bisnis.

Kreativitas bukan hanya untuk bisnis yang masuk dalam kelompok ekonomi kratif semata. Bisa bidang fashion, musik, film, dan sebagainya digolongkan sebagai ekonomi kreatif, terkesan bahwa sisi kreativitas lebih berguna untuk jenis bisnis tersebut.

Bisnis seperti laundry, berjualan makanan, minuman dan sebagainya, juga membutuhkan kreativitas. Tak hanya dari segi produk yang dihasilkan, melainkan menciptakan metode pemasaran yang efektif menjual produk yang memiliki sangat banyak saingan di pasaran.

Bahkan, pada tingkat yang lebih tinggi, perbedaan kreativitas untuk produk sejenislah yang akan menentukan sebuah bisnis bertahan dan maju, atau sekedar stagnan, bahkan mandek lantaran kurang kreatif dalam berusaha.

Inilah kreativitas yang dibutuhkan untuk pebisnis yang sukses :

1. Anda adalah apa yang anda bayangkan

Perilaku mempengaruhi sikap, tetapi sikap juga mempengaruhi perilaku. Kenyataan adalah apa yang anda inginkan.

2. Menantang perubahan dengan mengganti tantangan.

Mengubah cara pandang terhadap sesuatu, maka hal yang anda lihat akan berubah. Hal yang terus menerus dan terjadi berulang kali akan menghalangi visi dan menempati imajinasi anda. Kadang sangat berguna untuk membayangkan pendekatan yang bertolak belakang, atau bekerja dengan urutan yang terbalik.

3. Berfikir tentang hal yang tak terpikirkan

Kita perlu melakukan cara untuk mengacaukan imajinasi, demi mengeksplorasi batasan terluar atau alternatif, supaya kita dapat memperoleh hasil yang tidak biasa.

4. Pelaksanaan adalah kunci dari berfikir kreatif.

Kebanyakan seniman gagal dalam pelaksanaan. Anda harus melakukan segala sesuatu secara berurutan.

5. Kenali pola yang umum dalam hal yang berbeda

Akibat mempelajari kebiasaan dan rutinitas, ide baru terkadang terdengar sama dengan yang lama. Orang-orang kreatif mendapatkan hasil dari mengombinasikan hal-hal yang justru tidak umum.


Kompetensi inti seorang Leader (Leadership adalah)

Ada lima kompetensi inti yang wajib dimiliki oleh seorang leader yang sukses berdasarkan penelitian psikologis :

1. Tegas Membuat keputusan

Pemimpin yang sukses membuat banyak keputusan dan tidak plin plan. Seorang leader harus sigap dalam memilih suatu keputusan dan bertanggungjawab dalam pilihannnya tersebut. Orang-orang yang dimpimpin membutuhkan kepastian dan ketegasan dalam mengambil keputusan.

2. Ahli

Seorang leader adalah pribadi yang unggul, mampu bernegosiasi dan komunikatif, bisa mempengaruhi orang lain serta pakar persuasi. Keahlian seorang leader yang terutama adalah mensinergikan beragam kemampuan anggotanya dan mengolah berbagai sumberdaya yang ada. Menutupi kekurangan dan memaksimalkan kelebihan kelompoknya sehingga membawa kesuksesan bersama. Untuk memproses sumberdaya tersebut dan mengoptimalkan modal yang dikelola demi kepentingan semua.


3. Visioner

 Ini adalah salah satu kualitas terpenting yang membedakan seoarang pemimpin dari pengikut. Leader harus mampu memproyeksikan pandangan ke depan, memberikan motivasi dan tujuan untuk maju bersama-sama serta menunjukkan jalan dari visinya agar para pengikutnya tidak tersesat.






4. Berintegrasi Tinggi






Leader yang jujur dan dapat dipercaya akan meningkatkan semangat dan kinerja para pengikut yang dipimpinnya secara keseluruhan. Orang-orang yang dipimpin akan berkomitmen, loyal, dan hormat pada pemimpin yang dipercaya.

5. Gigih



Para  leader yang berhasil membawa perubahan dan kemajuan adalah mereka yang pantang menyerah. Meskipun begitu, pemimpin yang baik juga tetap fleksibel dan tidak kaku dalam mengejar pencapaian tujuan dengan kegigihannya




Monday, 9 September 2013

Analisis Kebangkrutan (Analisa Laporan Keuangan)




Analisa Kebangkrutan Z, adalah suatu alat yang digunakan untuk meramalkan tingkat kebangkrutan suatu perusahaan dengan menghitung nilai dari beberapa rasio lalu kemudian dimasukan dalam suatu persamaan diskriminan, maka berdasarkan analisa ini apabila nilai Z < 1,80 berisiko tinggi terhadap kebangkrutan, bila nilai Z diantara 1,81 - 3,00 dikatakan masih memiliki resiko kebangkrutan, bila Z > 3,00 aman dari kebangkrutan. Nilai Z dari Perusahaan di Industry 3,135 maka bisa dikatakan bahwa Perusahaan ini aman dari kebangkrutan ataupun kesulitan keuangan.








Analisis Cashflow (Analisa Laporan Keuangan)






Rasio ini menunjukkan perbandingan antara kas bersih dari aktivitas operasi dengan jumlah hutang jangka pendek. Gunanya untuk memprediksi kemampuan perusahaan dalam jangka pendek untuk memenuhi kewajibannya yang jatuh tempo dalam periode berjalan yang dinyatakan dalam jumlah tertentu. Idealnya nilai tersebut harus 1 agar perusahaan mampu memenuhi kewajiban jangka pendek nya.

Analisis Pasar (Analisa Laporan Keuangan)







PER melihat harga saham relatif terhadap labanya. Perusahaan yang berprospek baik adalah perusahaan yang memiliki PER yang tinggi. Namun, bagi investor PER yang tinggi tidak terlalu menarik karena kemungkinan capital gain yang diperoleh akan lebih kecil.


 


Deviden yield merupakan sebagian dari total return yang akan diperoleh investor. Biasanya perusahaan yang mempunyai prospek pertumbuhan yang tinggi akan memiliki deviden yield yang rendah, karena deviden sebagian besar akan diinvestasikan kembali. Sama halnya dengan devidend yield, perusahaan yang tingkat pertumbuhannya tinggi juga memiliki rasio pembayaran deviden yang rendah.
 

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal