Wednesday 5 December 2012

JENIS TRAINING (coaching)



Berbagai Jenis Training



Setelah mendapatkan hasil analisa kebutuhan training, kita perlu mendesain materi pelatihan dan menyelaraskannya dengan metode pelaksanaan (training delivery) yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keadaan yang ada. Pilihan untuk metode pelaksanaan training sebenarnya cukup banyak, tidak hanya training dalam kelas yang akhir-akhir ini cukup menguras biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan:

1. Class room training (In House Training)
Memberikan training dalam ruang-ruang kelas sesuai dengan topik yang dibutuhkan oleh para peserta.

2. Pelatihan di Tempat Kerja (On the Job Training)
Memberikan pelatihan untuk peningkatan ketrampilan dan pengetahuan secara langsung on the spot di tempat kerja.

3. Action-based Learning
Proses training yang dilakukan secara kontinyu dengan mengacu pada pemecahan problem riil yang ditemui dilapangan. Peserta belajar mengenai konsep sambil memecahkan problem riil (learning by doing principle)

4. Cross Training
Mengirimkan karyawan untuk mengikuti training dalam bidang lain (cross skills); bertujuan untuk mempersiapkannya masuk dalam beragam pilihan jabatan


Jenis-Jenis training Coaching

Terdapat beberapa jenis coaching yang kita kenal, diantaranya:


1. Business Coaching
Dalam business coaching, yang menjadi coachee adalah organisasi. Dalam hal ini Board of Director atau owner (pemilik perusahaan). Materi yang dibahas adalah hal-hal yang berkaitan dengan strategi, pengembangan market share atau omzet perusahaan.


2. Executive Coaching
Dalam executive coaching, yang menjadi coachee adalah jajaran executive atau line manager. Fokusnya pada grooming, yaitu bagaimana agar para manajer bisa menunjukan prestasi yangexcellence.


3. Performance Coaching
Disebut juga dengan Manager Coach, dimana setiap manager adalah coach bagi subordinatnya. Tujuannya agar setiap karyawan dapat mencapai targetnya dan bagi karyawan yang sudah performakan dichallenge untuk mencapai target yang lebih tinggi.


4. Life Coaching
Dalam life coaching, yang dibahas adalah berbagai area dalam kehidupan (the wheel of life). Biasanya dilakukan oleh seorang life coach yang profesional.


5. Sport Coaching
Merupakan coach di bidang olah raga yang sudah kita kenal selama ini, dimana seorang coach akan membimbing olahragawan atau tim olah raga tertentu untuk memenangkan suatu pertandingan atau kejuaraan. 

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal