Wednesday 17 July 2013

Analisis laporan keuangan

Setiap pembuatan laporan keuangan tentu memiliki maksud tertentu. Salah satunya adalah sebagai bahan evaluasi orang-orang yang berkepentingan atas laporan keuangan tersebut, termasuk pihak manajemen. Atas laporan tersebut dapat memberikan arti bagi seseorang, maka perlu dilakukan analisis atas laporan keuangan tersebut. Dengan melakukan analisis maka seseorang dapat mengkaji, mengukur serta memahami berbagai hal yang disajikan dalam laporan tersebut.

Alat analisis yang digunakan dalam menganalisis laporan keuangan biasanya berupa rasio-rasio keuangan yang ada di suatu perusahaan. Dengan adanya rasio keuangan maka berbagai pertanyaan mendasar mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan akan terjawab. Selanjutnya, dengan resiko tersebut maka seorang manajer dapat mengambil berbagai keputusan atau kebijakan untuk kepentingan masa yang akan datang.

Dengan membandingkan berbagai komponen yang ada di neraca maupun laporan laba rugi, maka seseorang dapat mengetahui rasio keuangan tersebut. Hasil analisis laporan keuangan dapat memberikan gambaran secara menyeluruh tentang kondisi, serta aktivitas perusahaan dalam periode tertentu. Dengan demikian maka pihak manajemen bisa melakukan berbagai perbaikan atas usaha yang sedang dijalankan agar kondisi keuangan secara keseluruhan dapat terus membaik di masa yang akan datang.

Ada beberapa bentuk rasio yang dapat digunakan dalam melakukan analisis laporan keuangan. Setiap rasio tentunya memiliki tujuan, manfaat serta arti tertentu yang dapat diinterpretasikan sehingga memiliki makna untuk digunakan sebagai dasar pengambil keputusan.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal