Thursday 22 August 2013

Wirausaha Sukses dengan Business Opportunity



Business Opportunity (BO)

Banyak pilihan bisnis murah di Indonesia dengan menggunakan konsep Business Opportunity (BO).
Konsep BO ini sejatinya adalah embrio dari sebuah usaha franchise. Kalau ditilik lebih dalam rata-rata usaha BO belum memenuhi syarat Franchise tapi sudah mulai menawarkan bisnisnya ke masyarakat.
Apakah BO memiliki prospek yang bagus ?
Memang kalau dibandingkan konsep Franchise tentu waralaba lebih memiliki potensi yang lebih besar.
Di Indonesia, rata-rata pemain BO dikategori usaha “gerobakan”. Namun, sebagian juga sudah berkonsep outlet.
Lalau apa yang harus dipersiapkan ketika usaha kita akan di-BO-kan? Tentu yang pertama yang perlu anda jawab, apa motivasi anda ingin memBOkan usaha? Pastinya, kebanyakan pengusaha yang ingin usahanya berkembang. Nah BO atau Franchise sebagai jalan untuk membiakkan usaha. Namun perlu jadi catatan adalah harus memiliki misi luhur untuk mensukseskan partner bisnis anda.
Kalau niat anda hanya sukses sendiri, sebaiknya jangan teruskan. Pasalnya, anda juga wajib mensupport mitra anda untuk sukses.
Kedua pastikan bisnis anda sudah menguntungkan. Hal ini sangat penting. Pasalnya, bagaimana anda berbagi kesuksesan kalau outlet anda belum untung.
Ketiga buatlah standarisasi usaha layaknya bisnis franchise yang memiliki SOP. Baik SOP produk, SOP Penjualan, SOP Pelayanan, Standar Gerai, SDM, Operasional dan Standard Laporan.
Keempat, Buatlah tim yang siap mensupport mitra anda untuk sukses. Langkah selanjutnya, merumuskan keunikan produk/jasa yang akan dijual. Wajib dipahami, tanpa keunikan, sebuah produk kurang dilirik oleh konsumen. Keunikan ini pula yang nantinya akan menjadi pembeda dari pesaing sekaligus memudahkan penetrasi produk ke pasar. Keunikan tidak harus dari sisi produk (termasuk kemasan), bisa juga dari sisi layanan atau cara penyajian.

Terlepas dari hal yang disebutkan di atas, penting juga melakukan konsultasi kepada jasa konsultan untuk memastikan berbagai persiapa yang dilakukan. Selamat berbisnis!

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal