Wednesday 15 January 2014

Info Produk Waralaba (Info franchise)

Bisnis waralaba seperti fotokopi satu kertas dan memperbanyaknya. Hasilnya sama walaupun diperbanyak ratusan kali karena konsep waralaba yang kita tawari untuk membeli sebuah sistem usaha yang sudah ada dan teruji operasionalnya lengkap satu paket dengan konsep pemasaran dan lain-lain. Mudahnya seorang pemilik usaha (franchisor) yang sudah mapan dan berkembang mempersilhkan orang lain turut mendirikan usaha sejenis untuk dioperasikan di tempat lain dengan perjanjian kontrak dan ketentuan tertentu.

Pada produk ini, anda akan merasakan sudah memiliki sebuah bisnis dengan nama yang terkenal dan poduk yang diminati masyarakat dengan resiko yang relatif minim. Pengertian waralaba sendiri adalah pemberian sebuah lisensi usaha suatu pihak (perorangan atau perusahaan) kepada pihak lain sebagai penerima waralaba. Dengan kata lain, waralaba adalah pengaturan bisnis dengan sistem pemberian hak pemakaian nama dagang oleh pewaralaba/franchisor kepada pihak independen atau terwaralaba untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan standarisasi kesepakatan untuk membuka usaha dengan menggunakan merek dagang/ nama dagang di bawah bendera mereka.

Berikut beberapa nilai plus dan informasi untuk menjalankan waralaba :


  1. Sebuah bisnis diwaralabakan karena sebelumnya telah berhasil mencuri perhatian pasar, mendapatkan kepercayaan, dan bertumbuh. Artinya, perusahaan ini telah memiliki nama atau brand yang sudah lekat dengan pasar sehingga ketika anda menjalankan bisnis waralaba, keuntungan tercepat yang dapat anda peroleh adalah promosi secara tidak langsung. Ini karena waralaba pada dasarnya merupakan usaha penjualan brand sebuah unit bisnis.
  2. Sistemm operasioalnya telah distandarisasi dari franchisor. Anda tidak perlu pusing lagi dengan segala hal yang rumit tersebut mulai di input, baik bahan baku maupun infrastruktur sampai dengan proses dan output dipandu oleh franchisor. Anda tinggal mengawasi saja agar semuanya berjalan sesuai prosedur. Namun, tidak semua bentuk kerja sama sistem waralaba seperti ini, misalnya pada SDM, ada beberapa yang sampai memberikan pelatihan pada calon tenaga kerja yang akan kita pekerjakan, tetapi tidak sedikit pula yang memberi kebebasan kepada kita untuk mengaturnya.
  3. Dengan waralaba, Ibarat melakukan start awal dari tengah lintasan atau memotong jalan. Ini karena semua langkah awal dari memulai bisnis, penetrasi pasar, sampai hal-hal sepele sudah terkonsep dan anda tinggal mengoperasikannya. Berkat cara tersebut, usaha ini sebelumnya telah teruji dan berhasil menaklukkan pasar dan ketika anda menjalankanpun presentase untuk mendapatkan hasil yang sama menguntungkannya menjadi besar. Misalny saja, anda mendirikan usaha bimbingan belajar, usaha ini anda rintis sendiri dengan nama usaha yang anda tentukan sendiri. Oleh karena itu, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari izin atas usaha bimbingan belajar tersebut, kemudian promosi kesekolah-kesekolah, dan orang-orang mungkin belum sepenuhnya percaya apakah bimbingan belajar yang anda miliki cukup baik atau tidak. Ditahun-tahun pertama, mungkin kelas yang anda miliki hanya setengah siswa bahkan kurang, jika semuanya terkonsep dengan baik, mungkin baru setelah beberapa tahun anda bisa meraih hasilnya.
Bandingkan dengan jika membeli waralaba bimbingan belajar yang sudah terkenal. Anda bahkan mungkin tidak perlu lagi promosi besar-besaran, orang justru sudah mengenal bimbingan belajar tersebut dan andalah justu akan dicari. Sistem operasional sudah ada dan tinggal menjalankannya sesuai prosedur yang ditentukan. 





No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal