Monday, 4 March 2013

cara memulai bisnis dengan prinsip waralaba

 Bagaimana cara memulai bisnis dengan prinsip waralaba
 
Untuk mengembangkan bisnis kita dalam bentuk waralaba, kita perlu memahami dulu tujuan dan prinsip dari waralaba. Pertama, tujuan utama dalam mewaralabakan bisnis adalah untuk memperoleh lebih banyak prospek dan pelanggan yang memberikan kita profit dengan investasi yang (relatif saat itu) lebih kecil dibandingkan kita membuka cabang sendiri. Kedua, prinsip dalam mengembangkan waralaba adalah trust (rasa percaya) dan relationship dengan pembeli waralaba kita. Nah, tujuan utama dalam mewaralabakan bisnis kita akan tercapai kalau kita saat ini bersedia melakukan beberapa investasi dan perhatian di beberapa langkah bisnis kita. Langkah pertama adalah langkah bisnis yang berhubungan dengan Visi, Misi, Kultur, target atau sasaran bisnis kita. Apakah kita sudah punya visi, misi, kultur bisnis dan target/sasaran bisnis yang jelas ? Visi, misi dan kultur bisnis berhubungan dengan kelangsungan bisnis itu dalam jangka panjang dan mempengaruhi keunikan bisnis kita dalam persaingan di pemasaran. Sedangkan target/sasaran bisnis, seperti target penjualan, target profit akan mempengaruhi tingkat kemajuan bisnis yang selalu bisa dievaluasi dan di pertanggung jawabkan. Selain itu, apakah bisnis anda sekarang sudah memiliki sistem pelaporan yang konsisten dan selalu dievaluasi tiap minggu, tiap bulan, tiap kuartal, tiap semester dan tiap tahun ? Lalu, apakah bisnis anda sudah memiliki Sistem Operating Procedur (SOP) yang jelas dalam menghasilkan produk makanan dan pelayanan yang konsisten kualitas dan kuantitasnya ? Bagaimana pula dengan tingkat produktivitas seluruh jajaran team anda ? Apakah anda sudah tahu koki anda bisa menghasilkan suatu menu makanan dalam berapa lama, termasuk berapa menit kecekatan pelayan anda dalam melayani tiap meja sehingga pada saat tamu anda memesan makanan, mereka punya gambaran jelas berapa lama mereka harus menunggu untuk dilayani dan disuguhi makanan ? Ke empat hal di atas adalah 4 bidang bisnis yang masuk area Mastery dimana anda perlu memberikan investasi perhatian, tenaga dan uang untuk membentuk sistemnya karena area ini merupakan langkah fundamental dari keberhasilan setiap bisnis.

Area bisnis lain yang juga memerlukan dasar yang kuat untuk waralaba adalah area Pemasaran dan Penjualan. Apakah target market dari restoran anda sangat definitif ? Yaitu, orang-orang dengan karakter dan lifestyle seperti apa yang akan memutuskan masuk dan membeli di resto anda. Target market anda akan mempengaruhi bagaimana layout dan presentasi dari resto anda, termasuk penampilan dan bahasa tubuh para team ujung tombak anda (seperti greeter, waiter maupun kasir). Kemudian, apakah anda sudah memiliki data statistik dari penerapan strategi pemasaran dan penjualan anda ? Seperti, kalau anda memasang iklan, berapa orang yang menelpon atau datang karena iklan tersebut. Di area inilah, yaitu area Niche, anda membangun fundamental dari pencapaian tujuan utama sistem waralaba anda, yaitu mengembangkan jumlah prospek dan konsumen anda dengan investasi yang relatif rendah. Anda bisa bayangkan bila anda sendiri masih struggle di area ini untuk kedua resto anda, bagaimana anda bisa mengembangkan trust dan relationship yang baik dengan pembeli waralaba anda ? Karena apa yang akan dibeli oleh pembeli waralaba anda bukanlah resto anda, tetapi business opportunity yang sudah anda bangun dengan dasar yang kuat di area Mastery dan Niche.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi area bisnis apa yang perlu anda perkuat serta sistem yang perlu ada di area-area tersebut, anda dan para pendengar bisa mengikuti Free Konsultasi Bisnis Gratis dengan klik disini.

Friday, 1 March 2013

cara memulai bisnis dengan mencari supplier yang tepat

 

Dalam hal perusahaan yang mencoba merambah pasar dengan membuka teritori baru diperlukan supplier.
Supplier adalah seseorang yang menjalankan usaha menyalurkan atau memasarkan sesuatu barang (produk) tertentu dalam jangka waktu tertentu.

Supplier berasal dari bahasa Inggris yang artinya : PEMASOK.

Supplier biasanya sebuah pabrik,toko,atau badan usaha lain yang dapat memasok material atau bahan2 dengan satu merek.

Thursday, 28 February 2013

cara memulai bisnis dengan strategi pemasaran

Pemasaran adalah bagaimana menemukan cara berkomunikasi dengan pasar sehingga produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual akan jauh lebih efektif dan efesien. Hal keduanya adalah mencari cara untuk mendidik pasar akan nilai-nilai manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga penjualan yang dilakukan tidak hanya menekankan pada harga semata.

Penjualan adalah hasil dari akibat penawaran yang dilakukan dengan berbagai macam strategi pemasaran. Penjuala adalah orang yang mengeksekusi beberapa strategi pemasaran yang dirumuskan diperusahaan yang bersangkutan.

Bagaimana strategi pemasaran yang jitu ? dari masalah efesiensi kerja, tentu saja lebih efesien,  tetapi strategi efesien belum tentu efektif. Misal bilamana customer service yang ditugaskan untuk menawarkan produk dan jasa mempunyai banyak referensi dalam menawarkan produk dan jasa menjadi tidak efektif karena customer servis lebih menekankan pada pelayanan dan bukan pemasaran.

7 langkah membuat strategi pemasaran dalam cara memulai bisnis

Dapat dibagi menjadi 7 bagian yakni:
1. Bagaimana melakukan kampanye pemasaran yang tepat sasaran
2. Mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh
3. Menyusun kekuatan dan keunikan dari produk dan jasa yang akan dipasarkan
4. Cara menyusun komunikasi yang tepat
5. Mencari pelanggan baru
6. Mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan
7. Evaluasi

Preview Article                                                                                                          Next Article
Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300% dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan disini

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.

cara memulai bisnis dengan memilih lokasi


Mengkedepankan penentuan lokasi dalam pemasaran terkadang dapat menjadi efektif, sekaligus tidak, karena biasaya lokasi yang terbaik memakan biaya yang tentunya sangat tinggi. Sehingga perusahaan kerap kali berfikir untuk menekan biaya lainnya, terutama gaji para karyawan. Bukan berarti penentuan lokasi yaang tepat, akan menjadikan produk dan jasa yang ditawarkan akan laku keras. Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi pasar yang benar. Katakanlah, produk dan jasa yang ditawarkan, menyasar pasar dengan segmentasi ekonomi kelas C, sedangkan pemilihan lokasi adalah segmentasi ekonomi kelas A. Hal ini dapat menyebabkan pasar tidak akan melihat produk dan jasa anda.

Jadi penentuan lokasi akan menjadi efektif atau tidak, bilamana beberapa pertimbangan ini diperhitungkan terlebih dahulu,
1. Segmen pasar yang dituju
2. Apa jenis perusahaan anda ? Sebagai perusahaan distribusi akan memilih lokasi yang dapat menjangkau
    jalur distribusinya lebih mudah. Sebagai perusahaan ritel, akan memilih lokasi yang penuh keramaian
    pengunjungnya. Sebagai perusahaan manufactur akan memilih lokasi, dimana sumber tenaga kerjanya
    mudah didapatkan sehingga menghemat transport antar jemput, juga lokasi yang upah minimumnya tidak
    begitu tinggi.
3. Apakah lokasinya mudah terlihat secara umum
4. Apakah tempat parkirnya memadai dengan biaya yang masuk akal dengan biaya operasional.
5. Apakah lokasi tersebut mengijinkan untuk usaha yang dijalankan.
6. Apakah lokasi mudah diakses oleh kendaraan umum
7. Apakah lokasi tersebut tidak menyalahi aturan umum yang ada didaerah sekitar
8. Apakah lokasi tersebut mengandung Hoki

Itu beberapa contoh yang mungkin saja berpengaruh dalam menentukan lokasi. Untuk beberapa jenis usaha, penentuan lokasi akan menghemat banyak biaya yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan. Namun ada yang mau tidak mau harus berkorban untuk dapat tampil optimal, sehingga dapat diketahui oleh pasar, yang akhirnya harus menyisihkan biaya lainnya untuk tetap dpat bersaing dalam harga dipasar.

Preview Article                                                                                                          Next Article

Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300% dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan disini

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.

Wednesday, 27 February 2013

Cara memulai bisnis dengan USP (Unique Selling Proposition))

Cara memulai bisnis dengan USP (Unique Selling Proposition)

Menemukan dan membuat laut biru untuk strategi pemasaran perusahaan bukanlah sebuah pekerjaan yang rumit, anda hanya perlu mengetahui dasar-dasar pemikiran dari laut biru itu sendiri. Untuk jauh lebih jelasnya mari kita kupas langkah demi langkah dibawah ini ;

1. Price (harga)
    Strategi digunakan apabila anda menguasai bagaimana mengefesienkan semua biaya yang muncuk dari
    Kegiatan operasional, sehingga didapat harga yang dapat bersaing dengan pasar.
2. Kualitas
    Pemasaran yang terbaik adalah menciptakan produk dan jasa yang terbaik.
3. Kuantitas
    Produksi dalam jumlah massal akan mengurangi banyak biaya.
4. Keanekaragaman produk dan jasa.
    Salah satu strategi yang mendongkrat jumlah belanja pelanggan, selama keanekaragaman tersebut sudah
    diperhitungkan dengan dengan matang
5. Guarantee (Jaminan)
    Beberapa garansi yang dapat dikemas misalnya
    a. Garansi halal untuk makanan yang dipasarkan.
    b. Garansi ketepatan waktu untuk pengantaran produk dan jasa.
    c. Garansi harga termurah.
    d. Garansi keaslian produk.
    e. Garansi daya tahan sebuah produk.
    f.  Garansi kepuasan pelayanan
6. Image (tampilan)
    Tampilan bagus, bersih, keren, canggih akan dibeli oleh pasar yang mementingkan visual (sesuatu yang
    dapat dilihat).
7. Trust (kepercayaan)
    Apa yang ditawarkan dengan yang sebenarnya, harus dipastikan 100% dapat dipenuhi. Kejujuran dalam
    penyampaiannya juga menjadi salah satu faktor sehingga pasar tetap akan memilih anda dalam produk
    dan jasa yang dipasarkan.
8. Kenyamanan Belanja.
    Membuat belanja menjadi sangat nyaman sangat dibutuhkan pelanggan.
9. Tempat atau Lokasi.
    Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi yang
    benar.
10.Hadiah (Gimmick)
     Setiap orang senang diberikan hadiah, tanpa syarat ! Bilamana syaratnya tidak masuk akal, maka justru
     strategi tersebut menjadi sebuah bumerang bagi perusahaan.

Preview Article                                                                                                             Next Article

Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300% dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan disini

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.

cara memulai bisnis baru (cara membuat outcome)

Cara memulai bisnis baru dengan membuat well formed outcome


Cara memulai bisnis adalah dengan membuat outcome atau goal, outcome yang lebih spesifik disebut well formed outcome merupakan sebuah visi, apa yang bisa kita lihat dimasa depan dari masa kini. Untuk mendapatkan jawabannya diperlukan pertanyaan "apa yang sungguh-sungguh anda inginkan?" Banyak yang kesulitan menjawabnya, misal "saya ingin mendapatkan kebahagian dalam hidup" atau "saya ingin memiliki kebebasan finansial dan waktu", ini terlalu meluas kurang spesifik, karena bahagia itu harus bisa lebih spesifik misal bahagia dengan rumah mewah seharga 1 milyar, bisa naik haji, atau punya bisnis omset 1 milyar, itu lebih jelas.

Ada panduan untuk membuat well formet outcome bisa untuk digunakan secara personal tetapi juga bisa diaplikasikan dalam organisasi dan bisnis. Ada dua prinsip utama dalam membuat outcome (goal) yang well formed yaitu harus tertulis dalam kalimat positif dan spesifik, serta outcome yang dibuat haruslah hal yang inspirasional. Selain dalam kalimat positif, outcome yang well formed haruslah mengandung spesifikasi dalam kalimatnya. Semakin spesifik outcome semakin baik. Spesifikasi ini diperlukan agar tidak ada asumsi-asumsi yang salah. Dengan lebih spesifik, otak kita tidak bisa menerima informasi dengan jelas dan tidak terjadi distorsi.

Penting juga untuk menuangkan outcome yang spesifik dalam bentuk tulisan, bahkan aktifitas menuliskan outcome dalam teknik pencapaian tujuan selalu diharuskan. Pada saat menuliskan kehendak kita atau sesuatu yang ingin kita capai, sebenarnya kita telah melakukan afirmasi. Dalam konteks keyakinan, afirmasi adalah pernyataan niat.

Sedangkan outcome yang inspiring mendorong kita untuk melakukan daya upaya agar bisa mendapatkannya. Semakin inpiring maka daya dorongnya akan semakin kuat. Semakin berharga outcome yang hendak kita raih, semakin kita mau berkorban dan mau melakukan apapun saja untuk mendapatkannya. Spirit dan motivasi ini sangat dibutuhkan dalam proses pencapaian outcome. Kualifikasi dan ukuran untuk bisa disebut inspiring tentu ukurannya berbeda-beda pada masing-masing individu.

Well formed outcome seperti kompas yang menunjukkan arah tujuan kita. Ia adalah guide bagi langkah dan tindakan untuk sampai pada tujuan yang dikehendaki. Misal outcome, bagi walt disney impian membangun surga bermain dan hiburan bagi anak-anak menginspirasi hidupnya. Bagi Wright bersaudara melihat burung yang sedang terbang membentangkan sayap diangkasa sangat menginspirasi untuk membuat pesawat terbang, Tukang sepeda berfikir dan bekerja keras untuk mewujudkan impiannnya, Marck Zugeberg seorang drop out kuliah berfikir bagaimana mengumpulkan orang-orang dalam satu wadah, bagaimana berkomunikasi dengan banyak teman dalam satu wadah, dibangunkanlah facebook, atau Larry Page pendiri Google, bagaimana menjawab pertanyaaan setiap orang di suatu tempat, dibangunkanlah sebuah mega proyek pencarian secara global lahirlah Google.

Preview Article                                                                                                            Next Article

Coch Ray Asmoro
diambil dari buku Exploring Human Excellence, dapatkan diskon buku dengan klik disini


Untuk mengetahui lebih lanjut Well Formed Outcome lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.

cara memulai bisnis versi 2

Jadi Anda telah membuat keputusan untuk memulai bisnis. Seperti yang Anda pahami, sebagian besar upaya untuk memulai bisnis baru di akhiri dengan kegagalan. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah membuang-buang waktu dan uang dan meningkatkan peluang Anda. Sementara setiap bisnis yang unik dan dilengkapi dengan set sendiri masalah dan peluang, ada beberapa langkah dasar - menulis rencana bisnis, membuktikan konsep, meningkatkan modal, memilih struktur hukum - yang perlu dipertimbangkan ketika memulai. Mari kita lihat:

Rencana Bisnis 

Menulis rencana bisnis mungkin tampak seperti sebuah tugas, tapi itu penting. Tidak perlu panjang hanya beberapa halaman baik-baik saja. Tapi cobalah untuk menutupi bagian dasar, terutama jika Anda berharap untuk membuat lapangan kepada investor atau pemberi pinjaman. Rencana tersebut harus mencakup gambaran bisnis, latar belakang industri, produk atau jasa, model bisnis (bagaimana Anda menghasilkan uang?), Strategi dan tim.

Pikirkan proses sebagai cara untuk lebih memahami peluang dan risiko. Bahkan mungkin menunjukkan bahwa bisnis ini terlalu sulit. Jika itu terjadi, Anda ingin tahu secepat mungkin.

Cobalah untuk menjawab berikut dalam rencana bisnis:
1) Siapakah pelanggan?

Cobalah untuk fokus pada segmen pasar yang ditetapkan. Dalam beberapa kasus, itu harus mudah. Mungkin Anda bertujuan pengacara. Tetapi jika produk Anda berlaku untuk hampir siapa pun, Anda perlu untuk mempersempit hal. Lihatlah Amazon. Pada awalnya, perusahaan berfokus pada buku. Setelah membangun bisnis yang kuat di sana, itu pindah ke kategori lain.

Jadi, di mana untuk memulai? Cobalah untuk menemukan segmen pelanggan yang mengalami rasa sakit yang paling atau bersedia untuk bertaruh pada ide-ide baru.

2) Apa yang terjadi dengan pasar Anda?

Benamkan diri Anda dalam pasar. Apa tren utama? Bagaimana mereka akan membantu atau menyakiti usaha Anda? Seiring dengan melakukan pencarian web, Anda juga harus memeriksa perdagangan publikasi dan situs web asosiasi.

Jika bisnis Anda di ritel, melihat Zoom Prospector yang menyediakan informasi bermanfaat mengenai tren ekonomi lokal (populasi, pendapatan dan demografi). Kunjungi Lingkaran Merchant atau Yelp dan melihat berapa banyak pengecer bersaing Anda akan hadapi. Apakah pasar terlalu ramai?

Akhirnya, buatlah daftar pesaing Anda dan update secara teratur.

3) Apakah start-up biaya?

Jangan realistis. Pengusaha biasanya meremehkan waktu dan biaya untuk memulai dan mengoperasikan perusahaan. Saya sarankan menyusun anggaran start-up rinci serta prakiraan.

Seperti yang Anda meletakkan segala sesuatu bersama-sama, mencari cara untuk meminimalkan biaya. Beberapa ide: belanja untuk peralatan yang digunakan, barter jasa Anda, menggunakan aplikasi online gratis atau murah untuk telepon dan situs web gratis (untuk men-setup sebuah situs web) dan online (untuk pencetakan kartu bisnis dan brosur). Selalu meminta diskon.

Pada saat yang sama, memikirkan cara-cara kreatif untuk meningkatkan pendapatan. Mungkin Anda dapat memulai sebuah kampanye pemasaran online melalui Google atau menggunakan Vertikal Respon untuk newsletter e-mail.

Buktikan Konsep

Setelah Anda menyelesaikan rencana bisnis, langkah berikutnya adalah untuk menguji itu. Ini berarti menjawab pertanyaan: Apakah pelanggan benar-benar ingin membeli apa yang Anda ingin menjual?

Ini pertanyaan penting yang perlu dijawab.


Salah satu cara adalah untuk berbicara dengan pelanggan potensial, namun menghindari teman-teman Anda, melainkan, mengidentifikasi daftar pelanggan kemungkinan dan memanggil mereka. Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak daftar gratis di Internet.

Sementara panggilan yang sulit, Anda akan mendapatkan rasa apakah ada permintaan. Anda juga akan mendapatkan ide-ide baru untuk memperbaiki produk Anda, dan Anda akan membangun keterampilan yang berharga penjualan, yang sangat penting bagi siapa saja memulai bisnis.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan survei menggunakan layanan online seperti Facebook, yang memiliki panel sekitar dua juta orang. Anda dapat menetapkan kelompok dengan hingga 500 atribut (industri, umur, jenis kelamin, pendapatan, dan sebagainya). Ini adalah cara cepat untuk mendapatkan umpan balik pada ide bisnis Anda.

Meningkatkan Modal

Hal ini dapat memakan banyak waktu dan dapat mengalihkan perhatian Anda dari bisnis. Hal ini dapat dengan mudah mengambil enam bulan untuk mendapatkan investasi pertama Anda. Investor secara alami ragu-ragu dan ingin melihat bukti bahwa bisnis ini layak.

Itu berarti Anda mungkin akan perlu menggunakan teman-teman dan keluarga atau bootstrap. Ini tidak mudah tetapi memiliki keuntungan yang memungkinkan Anda untuk menjaga kontrol yang lebih besar dan kepemilikan saham yang lebih besar.

Anda dapat melakukan hal-hal seperti: meminjam terhadap uang pensiun Anda. asuransi jiwa dan rumah, kartu kredit yang anda gunakan, dan bahkan melakukan konsultasi.


Selanjutnya, Anda dapat menjangkau teman, keluarga dan kolega. Meskipun mereka mungkin mempercayai Anda, penting bahwa Anda memiliki rencana bisnis yang meyakinkan dan kontrak investor. Untuk tujuan ini, check out Virgin Money. Layanan online ini menyediakan dokumen hukum yang diperlukan, mengelola pembayaran pinjaman dan membuat laporan kepada lembaga kredit (yang akan membantu membangun sejarah kredit untuk bisnis).

Memilih Struktur Hukum

Ketika Anda membawa investor atau mitra atau menandatangani kontrak, itu ide yang baik untuk mengatur struktur hukum untuk usaha Anda. Berikut adalah alternatif utama:

Usaha Perorangan: Anda adalah pemilik tunggal. Ada pita merah kecil atau beban. Tapi ada kerugian besar: kewajiban yang tidak terbatas. Jika bisnis adalah target gugatan atau berutang utang besar, aset pribadi pemilik yang terkena kejang.

Sebuah kepemilikan tunggal yang dikenal sebagai "melewati" entitas. Ini berarti bahwa pendapatan dikenakan pajak atas pengembalian pribadi Anda.

Kemitraan: Ada lebih dari satu pemilik. Dan seperti dengan kepemilikan tunggal, ada sedikit dokumen yang terlibat dan itu adalah entitas pass-through untuk keperluan pajak. Sayangnya, kemitraan juga memiliki eksposur kewajiban yang tidak terbatas.

Corporation: Biaya dengan mudah dapat berkisar dari Rp 2.000.000 sampai Rp 10.000.000 Meskipun Anda dapat menggunakan biaya-efektif layanan online untuk membantu, seperti Konsultan hukum, itu masih ide yang baik untuk memiliki pengacara meninjau dokumen dan pengajuan. Anda dapat menemukan pengacara yang berkualitas dengan mengunjungi tempat-tempat kantor konsultan hukum.

Perlu diingat bahwa ada berbagai jenis perusahaan, yang sering didasarkan pada bagaimana pajak dibayar. Sebagai contoh, sebuah perseroan terbatas (LLC) dan S-Corp adalah pass-through entitas. Di sisi lain, C-Corp dikenakan pajak - dan begitu pula dividen. Sebelum membuat keputusan, berkonsultasi dengan akuntan publik bersertifikat. Ini dapat menghemat uang besar.

Pemilik usaha juga harus berpikir tentang masalah hukum dari nama perusahaan. Ini adalah penting untuk menemukan nama yang mudah diingat dan khas, tapi itu bukanlah tugas yang mudah.

Pada akhirnya persiapan yang baik dan perencanaan akan memberi Anda kesempatan besar untuk sukses

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal