Seminar training motivasi merupakan agenda untuk membangun Indonesia lebih baik dengan mengadakan seminar bisnis, seminar franchise, seminar leadership, seminar kewirausahaan, seminar cara bisnis, bisnis coach indonesia, kerja sama mitra bisnis, bisnis online gratis, memulai cara bisnis dengan training-training bisnis sehingga membantu pebisnis mendapatkan uang banyak sehingga akan menjadikan wirausaha sukses dan pengusaha sukses yang akan meningkatkan perekonomian di Indonesia
Monday, 4 March 2013
cara memulai bisnis dengan Super Team
Bagaimana memulai bisnis dengan membentuk Super Team
1. 5 Steps Leader
2. 8 Steps Recruitmen
3. 3 Dasar Pengembangan
4. 5 Alat comunication
5. Punistmen and Reward
cara memulai bisnis dengan prinsip waralaba
Bagaimana cara memulai bisnis dengan prinsip waralaba
Untuk mengembangkan bisnis kita dalam bentuk waralaba, kita perlu memahami dulu tujuan dan prinsip dari waralaba. Pertama, tujuan utama dalam mewaralabakan bisnis adalah untuk memperoleh lebih banyak prospek dan pelanggan yang memberikan kita profit dengan investasi yang (relatif saat itu) lebih kecil dibandingkan kita membuka cabang sendiri. Kedua, prinsip dalam mengembangkan waralaba adalah trust (rasa percaya) dan relationship dengan pembeli waralaba kita. Nah, tujuan utama dalam mewaralabakan bisnis kita akan tercapai kalau kita saat ini bersedia melakukan beberapa investasi dan perhatian di beberapa langkah bisnis kita. Langkah pertama adalah langkah bisnis yang berhubungan dengan Visi, Misi, Kultur, target atau sasaran bisnis kita. Apakah kita sudah punya visi, misi, kultur bisnis dan target/sasaran bisnis yang jelas ? Visi, misi dan kultur bisnis berhubungan dengan kelangsungan bisnis itu dalam jangka panjang dan mempengaruhi keunikan bisnis kita dalam persaingan di pemasaran. Sedangkan target/sasaran bisnis, seperti target penjualan, target profit akan mempengaruhi tingkat kemajuan bisnis yang selalu bisa dievaluasi dan di pertanggung jawabkan. Selain itu, apakah bisnis anda sekarang sudah memiliki sistem pelaporan yang konsisten dan selalu dievaluasi tiap minggu, tiap bulan, tiap kuartal, tiap semester dan tiap tahun ? Lalu, apakah bisnis anda sudah memiliki Sistem Operating Procedur (SOP) yang jelas dalam menghasilkan produk makanan dan pelayanan yang konsisten kualitas dan kuantitasnya ? Bagaimana pula dengan tingkat produktivitas seluruh jajaran team anda ? Apakah anda sudah tahu koki anda bisa menghasilkan suatu menu makanan dalam berapa lama, termasuk berapa menit kecekatan pelayan anda dalam melayani tiap meja sehingga pada saat tamu anda memesan makanan, mereka punya gambaran jelas berapa lama mereka harus menunggu untuk dilayani dan disuguhi makanan ? Ke empat hal di atas adalah 4 bidang bisnis yang masuk area Mastery dimana anda perlu memberikan investasi perhatian, tenaga dan uang untuk membentuk sistemnya karena area ini merupakan langkah fundamental dari keberhasilan setiap bisnis.
Area bisnis lain yang juga memerlukan dasar yang kuat untuk waralaba adalah area Pemasaran dan Penjualan. Apakah target market dari restoran anda sangat definitif ? Yaitu, orang-orang dengan karakter dan lifestyle seperti apa yang akan memutuskan masuk dan membeli di resto anda. Target market anda akan mempengaruhi bagaimana layout dan presentasi dari resto anda, termasuk penampilan dan bahasa tubuh para team ujung tombak anda (seperti greeter, waiter maupun kasir). Kemudian, apakah anda sudah memiliki data statistik dari penerapan strategi pemasaran dan penjualan anda ? Seperti, kalau anda memasang iklan, berapa orang yang menelpon atau datang karena iklan tersebut. Di area inilah, yaitu area Niche, anda membangun fundamental dari pencapaian tujuan utama sistem waralaba anda, yaitu mengembangkan jumlah prospek dan konsumen anda dengan investasi yang relatif rendah. Anda bisa bayangkan bila anda sendiri masih struggle di area ini untuk kedua resto anda, bagaimana anda bisa mengembangkan trust dan relationship yang baik dengan pembeli waralaba anda ? Karena apa yang akan dibeli oleh pembeli waralaba anda bukanlah resto anda, tetapi business opportunity yang sudah anda bangun dengan dasar yang kuat di area Mastery dan Niche.
Untuk mengetahui lebih banyak lagi area bisnis apa yang perlu anda perkuat serta sistem yang perlu ada di area-area tersebut, anda dan para pendengar bisa mengikuti Free Konsultasi Bisnis Gratis dengan klik disini.
Area bisnis lain yang juga memerlukan dasar yang kuat untuk waralaba adalah area Pemasaran dan Penjualan. Apakah target market dari restoran anda sangat definitif ? Yaitu, orang-orang dengan karakter dan lifestyle seperti apa yang akan memutuskan masuk dan membeli di resto anda. Target market anda akan mempengaruhi bagaimana layout dan presentasi dari resto anda, termasuk penampilan dan bahasa tubuh para team ujung tombak anda (seperti greeter, waiter maupun kasir). Kemudian, apakah anda sudah memiliki data statistik dari penerapan strategi pemasaran dan penjualan anda ? Seperti, kalau anda memasang iklan, berapa orang yang menelpon atau datang karena iklan tersebut. Di area inilah, yaitu area Niche, anda membangun fundamental dari pencapaian tujuan utama sistem waralaba anda, yaitu mengembangkan jumlah prospek dan konsumen anda dengan investasi yang relatif rendah. Anda bisa bayangkan bila anda sendiri masih struggle di area ini untuk kedua resto anda, bagaimana anda bisa mengembangkan trust dan relationship yang baik dengan pembeli waralaba anda ? Karena apa yang akan dibeli oleh pembeli waralaba anda bukanlah resto anda, tetapi business opportunity yang sudah anda bangun dengan dasar yang kuat di area Mastery dan Niche.
Untuk mengetahui lebih banyak lagi area bisnis apa yang perlu anda perkuat serta sistem yang perlu ada di area-area tersebut, anda dan para pendengar bisa mengikuti Free Konsultasi Bisnis Gratis dengan klik disini.
Friday, 1 March 2013
cara memulai bisnis dengan mencari supplier yang tepat
Dalam hal perusahaan yang mencoba merambah pasar dengan membuka teritori baru diperlukan supplier.
Supplier adalah seseorang yang menjalankan usaha menyalurkan atau memasarkan sesuatu barang (produk) tertentu dalam jangka waktu tertentu.
Supplier berasal dari bahasa Inggris yang artinya : PEMASOK.
Supplier biasanya sebuah pabrik,toko,atau badan usaha lain yang dapat memasok material atau bahan2 dengan satu merek.
Thursday, 28 February 2013
cara memulai bisnis dengan strategi pemasaran
Pemasaran adalah bagaimana menemukan cara berkomunikasi dengan pasar sehingga produk dan jasa yang ditawarkan oleh penjual akan jauh lebih efektif dan efesien. Hal keduanya adalah mencari cara untuk mendidik pasar akan nilai-nilai manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga penjualan yang dilakukan tidak hanya menekankan pada harga semata.
Penjualan adalah hasil dari akibat penawaran yang dilakukan dengan berbagai macam strategi pemasaran. Penjuala adalah orang yang mengeksekusi beberapa strategi pemasaran yang dirumuskan diperusahaan yang bersangkutan.
Bagaimana strategi pemasaran yang jitu ? dari masalah efesiensi kerja, tentu saja lebih efesien, tetapi strategi efesien belum tentu efektif. Misal bilamana customer service yang ditugaskan untuk menawarkan produk dan jasa mempunyai banyak referensi dalam menawarkan produk dan jasa menjadi tidak efektif karena customer servis lebih menekankan pada pelayanan dan bukan pemasaran.
7 langkah membuat strategi pemasaran dalam cara memulai bisnis
Dapat dibagi menjadi 7 bagian yakni:
1. Bagaimana melakukan kampanye pemasaran yang tepat sasaran
2. Mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan dibandingkan dengan hasil yang akan diperoleh
3. Menyusun kekuatan dan keunikan dari produk dan jasa yang akan dipasarkan
4. Cara menyusun komunikasi yang tepat
5. Mencari pelanggan baru
6. Mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan
7. Evaluasi
Preview Article Next Article
Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana
terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300%
dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan disini
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.
cara memulai bisnis dengan memilih lokasi
Mengkedepankan penentuan lokasi dalam pemasaran terkadang dapat menjadi efektif, sekaligus tidak, karena biasaya lokasi yang terbaik memakan biaya yang tentunya sangat tinggi. Sehingga perusahaan kerap kali berfikir untuk menekan biaya lainnya, terutama gaji para karyawan. Bukan berarti penentuan lokasi yaang tepat, akan menjadikan produk dan jasa yang ditawarkan akan laku keras. Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi pasar yang benar. Katakanlah, produk dan jasa yang ditawarkan, menyasar pasar dengan segmentasi ekonomi kelas C, sedangkan pemilihan lokasi adalah segmentasi ekonomi kelas A. Hal ini dapat menyebabkan pasar tidak akan melihat produk dan jasa anda.
Jadi penentuan lokasi akan menjadi efektif atau tidak, bilamana beberapa pertimbangan ini diperhitungkan terlebih dahulu,
1. Segmen pasar yang dituju
2. Apa jenis perusahaan anda ? Sebagai perusahaan distribusi akan memilih lokasi yang dapat menjangkau
jalur distribusinya lebih mudah. Sebagai perusahaan ritel, akan memilih lokasi yang penuh keramaian
pengunjungnya. Sebagai perusahaan manufactur akan memilih lokasi, dimana sumber tenaga kerjanya
mudah didapatkan sehingga menghemat transport antar jemput, juga lokasi yang upah minimumnya tidak
begitu tinggi.
3. Apakah lokasinya mudah terlihat secara umum
4. Apakah tempat parkirnya memadai dengan biaya yang masuk akal dengan biaya operasional.
5. Apakah lokasi tersebut mengijinkan untuk usaha yang dijalankan.
6. Apakah lokasi mudah diakses oleh kendaraan umum
7. Apakah lokasi tersebut tidak menyalahi aturan umum yang ada didaerah sekitar
8. Apakah lokasi tersebut mengandung Hoki
Itu beberapa contoh yang mungkin saja berpengaruh dalam menentukan lokasi. Untuk beberapa jenis usaha, penentuan lokasi akan menghemat banyak biaya yang tidak dibutuhkan oleh perusahaan. Namun ada yang mau tidak mau harus berkorban untuk dapat tampil optimal, sehingga dapat diketahui oleh pasar, yang akhirnya harus menyisihkan biaya lainnya untuk tetap dpat bersaing dalam harga dipasar.
Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana
terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300%
dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan disini
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.
Wednesday, 27 February 2013
Cara memulai bisnis dengan USP (Unique Selling Proposition))
Cara memulai bisnis dengan USP (Unique Selling Proposition)
Menemukan dan membuat laut biru untuk strategi pemasaran perusahaan bukanlah sebuah pekerjaan yang rumit, anda hanya perlu mengetahui dasar-dasar pemikiran dari laut biru itu sendiri. Untuk jauh lebih jelasnya mari kita kupas langkah demi langkah dibawah ini ;
1. Price (harga)
Strategi digunakan apabila anda menguasai bagaimana mengefesienkan semua biaya yang muncuk dari
Kegiatan operasional, sehingga didapat harga yang dapat bersaing dengan pasar.
2. Kualitas
Pemasaran yang terbaik adalah menciptakan produk dan jasa yang terbaik.
3. Kuantitas
Produksi dalam jumlah massal akan mengurangi banyak biaya.
4. Keanekaragaman produk dan jasa.
Salah satu strategi yang mendongkrat jumlah belanja pelanggan, selama keanekaragaman tersebut sudah
diperhitungkan dengan dengan matang
5. Guarantee (Jaminan)
Beberapa garansi yang dapat dikemas misalnya
a. Garansi halal untuk makanan yang dipasarkan.
b. Garansi ketepatan waktu untuk pengantaran produk dan jasa.
c. Garansi harga termurah.
d. Garansi keaslian produk.
e. Garansi daya tahan sebuah produk.
f. Garansi kepuasan pelayanan
6. Image (tampilan)
Tampilan bagus, bersih, keren, canggih akan dibeli oleh pasar yang mementingkan visual (sesuatu yang
dapat dilihat).
7. Trust (kepercayaan)
Apa yang ditawarkan dengan yang sebenarnya, harus dipastikan 100% dapat dipenuhi. Kejujuran dalam
penyampaiannya juga menjadi salah satu faktor sehingga pasar tetap akan memilih anda dalam produk
dan jasa yang dipasarkan.
8. Kenyamanan Belanja.
Membuat belanja menjadi sangat nyaman sangat dibutuhkan pelanggan.
9. Tempat atau Lokasi.
Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi yang
benar.
10.Hadiah (Gimmick)
Setiap orang senang diberikan hadiah, tanpa syarat ! Bilamana syaratnya tidak masuk akal, maka justru
strategi tersebut menjadi sebuah bumerang bagi perusahaan.
Preview Article Next Article
Coach Gendro Salim
1. Price (harga)
Strategi digunakan apabila anda menguasai bagaimana mengefesienkan semua biaya yang muncuk dari
Kegiatan operasional, sehingga didapat harga yang dapat bersaing dengan pasar.
2. Kualitas
Pemasaran yang terbaik adalah menciptakan produk dan jasa yang terbaik.
3. Kuantitas
Produksi dalam jumlah massal akan mengurangi banyak biaya.
4. Keanekaragaman produk dan jasa.
Salah satu strategi yang mendongkrat jumlah belanja pelanggan, selama keanekaragaman tersebut sudah
diperhitungkan dengan dengan matang
5. Guarantee (Jaminan)
Beberapa garansi yang dapat dikemas misalnya
a. Garansi halal untuk makanan yang dipasarkan.
b. Garansi ketepatan waktu untuk pengantaran produk dan jasa.
c. Garansi harga termurah.
d. Garansi keaslian produk.
e. Garansi daya tahan sebuah produk.
f. Garansi kepuasan pelayanan
6. Image (tampilan)
Tampilan bagus, bersih, keren, canggih akan dibeli oleh pasar yang mementingkan visual (sesuatu yang
dapat dilihat).
7. Trust (kepercayaan)
Apa yang ditawarkan dengan yang sebenarnya, harus dipastikan 100% dapat dipenuhi. Kejujuran dalam
penyampaiannya juga menjadi salah satu faktor sehingga pasar tetap akan memilih anda dalam produk
dan jasa yang dipasarkan.
8. Kenyamanan Belanja.
Membuat belanja menjadi sangat nyaman sangat dibutuhkan pelanggan.
9. Tempat atau Lokasi.
Lokasi sangat tergantung juga dengan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada segmentasi yang
benar.
10.Hadiah (Gimmick)
Setiap orang senang diberikan hadiah, tanpa syarat ! Bilamana syaratnya tidak masuk akal, maka justru
strategi tersebut menjadi sebuah bumerang bagi perusahaan.
Preview Article Next Article
Coach Gendro Salim
diambil dari buku Neuro Marketing (50 business booster dengan dana terbatas untuk melipatgandakan bisnis ukm anda, profit minimal naik 300% dalam 6 bulan), buku bisa didapatkan di gramedia atau bisa pesan disini
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pemasaran lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.
cara memulai bisnis baru (cara membuat outcome)
Cara memulai bisnis baru dengan membuat well formed outcome
Cara memulai bisnis adalah dengan membuat outcome atau goal, outcome yang lebih spesifik disebut well formed outcome merupakan sebuah visi, apa yang bisa kita lihat dimasa depan dari masa kini. Untuk mendapatkan jawabannya diperlukan pertanyaan "apa yang sungguh-sungguh anda inginkan?" Banyak yang kesulitan menjawabnya, misal "saya ingin mendapatkan kebahagian dalam hidup" atau "saya ingin memiliki kebebasan finansial dan waktu", ini terlalu meluas kurang spesifik, karena bahagia itu harus bisa lebih spesifik misal bahagia dengan rumah mewah seharga 1 milyar, bisa naik haji, atau punya bisnis omset 1 milyar, itu lebih jelas.
Ada panduan untuk membuat well formet outcome bisa untuk digunakan secara personal tetapi juga bisa diaplikasikan dalam organisasi dan bisnis. Ada dua prinsip utama dalam membuat outcome (goal) yang well formed yaitu harus tertulis dalam kalimat positif dan spesifik, serta outcome yang dibuat haruslah hal yang inspirasional. Selain dalam kalimat positif, outcome yang well formed haruslah mengandung spesifikasi dalam kalimatnya. Semakin spesifik outcome semakin baik. Spesifikasi ini diperlukan agar tidak ada asumsi-asumsi yang salah. Dengan lebih spesifik, otak kita tidak bisa menerima informasi dengan jelas dan tidak terjadi distorsi.
Penting juga untuk menuangkan outcome yang spesifik dalam bentuk tulisan, bahkan aktifitas menuliskan outcome dalam teknik pencapaian tujuan selalu diharuskan. Pada saat menuliskan kehendak kita atau sesuatu yang ingin kita capai, sebenarnya kita telah melakukan afirmasi. Dalam konteks keyakinan, afirmasi adalah pernyataan niat.
Sedangkan outcome yang inspiring mendorong kita untuk melakukan daya upaya agar bisa mendapatkannya. Semakin inpiring maka daya dorongnya akan semakin kuat. Semakin berharga outcome yang hendak kita raih, semakin kita mau berkorban dan mau melakukan apapun saja untuk mendapatkannya. Spirit dan motivasi ini sangat dibutuhkan dalam proses pencapaian outcome. Kualifikasi dan ukuran untuk bisa disebut inspiring tentu ukurannya berbeda-beda pada masing-masing individu.
Well formed outcome seperti kompas yang menunjukkan arah tujuan kita. Ia adalah guide bagi langkah dan tindakan untuk sampai pada tujuan yang dikehendaki. Misal outcome, bagi walt disney impian membangun surga bermain dan hiburan bagi anak-anak menginspirasi hidupnya. Bagi Wright bersaudara melihat burung yang sedang terbang membentangkan sayap diangkasa sangat menginspirasi untuk membuat pesawat terbang, Tukang sepeda berfikir dan bekerja keras untuk mewujudkan impiannnya, Marck Zugeberg seorang drop out kuliah berfikir bagaimana mengumpulkan orang-orang dalam satu wadah, bagaimana berkomunikasi dengan banyak teman dalam satu wadah, dibangunkanlah facebook, atau Larry Page pendiri Google, bagaimana menjawab pertanyaaan setiap orang di suatu tempat, dibangunkanlah sebuah mega proyek pencarian secara global lahirlah Google.
Preview Article Next Article
Coch Ray Asmoro
diambil dari buku Exploring Human Excellence, dapatkan diskon buku dengan klik disini
Preview Article Next Article
Coch Ray Asmoro
diambil dari buku Exploring Human Excellence, dapatkan diskon buku dengan klik disini
Untuk mengetahui lebih lanjut Well Formed Outcome lebih lanjut silahkan klik disini dapatkan free konsultasi bisnis dengan pelatih bisnis kita.
Subscribe to:
Posts (Atom)