Wednesday 9 October 2013

Pertanyaan yang efektif dalam Coaching


Coaching memancing sikap proaktif, pemikiran yang terfokus, minat dan pengamatan.
Fungsi pertanyaan diajukan untuk memperoleh informasi, dengan meminta informasi untuk memecahkan masalah untuk diri sendiri, atau apabila mengajukan nasihat atau sebuah solusi kepada orang lain.
Pertanyaan terbuka menuntut jawaban deskriptif yang meningkatkan kesadaran.
Kata-kata interogatif yang efektif untuk membangkitkan kesadaran dan tanggungjawab.
Fokus pada detail (rincian) pertanyaan seharusnya mulai secara panjang lebar dan semakin memfokuskan diri pada rincianya.
Wilayah minat bagaiman instruktur itu menentukan aspek-aspek masalah yang penting, lebih-lebih apabila itu merupakan wilayah yang tidak begitu diketahuinya secara mendalam.
Pertanyaan yang mengarahkan dari banyak intruktur yang buruk, memberi indikasi bahwa instruktur tidak percaya pada apa yang ia lakukan.
Perhatian pada jawaban, seorang coach harus memberi perhatian sepenuhnya pada jawaban dari orang yang dilatih.
Nada suara apakah yang harus kita dengarkan dan untuk apa? Nada suara orang yang di coach akan akan memberi indikasi perasaan apa saja dan harus didengarkan.
Bahasa tubuh sama seperti mendengarkan, coach harus mewaspadai bahasa tubuh dari orang yang di coach.
Merenungkan kembali, mendengarkan, melihat dan memahami dan coach harus cukup sadar diri untuk mengetahui yang mana yang akan dilakukan.
Kesadaran diri, seorang caoch yang baik akan menggunakan kesadaran dirinya sendiri untuk memantau dengan cermat tentang reaksi, emosi, atau penilaiannya terhadap setiap respons dari orang yang di coach.
Transferensi, adalah istilah yang diberikan kepada penyimpangan psikologis ini, sehingga semua orang yang mengajar, memberi tuntutan, memberi caoching, atau mengelola orang lain belajar untuk memahami dan meminimalkan.
Kontratransferensi, merupakan komplikasi lebih lanjut dari transferensi, terjadi kalau orang yang sedang berkuasa, manajer atau coach itu sendiri, secara tidak sadar bereaksi terhadap transferensi dari sejarahnya sendiri dengan menghidupkan terus ketergantungan atau pemberontakan.
Pertanyaan bantuan, beberapa pertanyaan coaching mendorong minat orang agar mau menjawab, memfokus perhatian agar tepat dan menciptakan putaran umpan balik. Memberi instruksi sama sekali tidak menghasilkan satupun dari hal-hal itu.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal