Monday, 8 July 2013

Wirausaha Sukses (modal yang digunakan untuk pengadaan peralatan)

Modal yang digunakan untuk pengadaan peralatan juga dapat digantikan dengan beberapa alternatif seperti :
(1) Pemanfaatan peralatan yang sudah ada,
(2) Mencari Bantuan
(3) Kerjasama dengan pihak lain,
(4) Meminjam peralatan milik orang lain,
(5) Menyewa peralatan yang ada dan
(6) Menyewa investor pengadaan barang.

Sedangkan modal untuk keperluan pengadaan bahan baku juga dapat digantikan dengan cara :
(1) Pengalihan biaya kebutuhan sehari-hari,
(2) Sistem Kasbon,
(3) Kemitraan,
(4) Menyediakan bahan baku sendiri, serta
(5) Pemanfaatan "limbah" sebagai bahan baku.

Disamping itu kebutuhan modal untuk pengembangan produk juga dapat digantikan dengan alternatif lain, seperti:
(1) Bekerja sambil belajar terlebih dahulu
(2) Tidak perlu melakukan uji coba terlebih dahulu,
(3) Pengalihan kesenangan (hobby), dan
(4) Pemanfaatan "limbah" untuk uji coba.

Terkadang seseorang tetap tidak bisa membuka usahanya tanpa adanya modal, terutama untuk usaha yang berskala besar. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan modal, diantaranya:
(1) Dana tunai mandiri,
(2) Menjual Aset,
(3) Memanfaatkan jasa pegadaian,
(4) Mencari pinjaman modal usaha,
(5) Dana Hibah, dan
(6) Program Kemitraan.

wirausaha sukses (Mengatasi Permodalan dan Pembiayaan Usaha)

Modal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam membuka sebuah usaha. Tanpa modal, maka usaha tidak mungkin untuk dimulai. Modal itu sendiri biasanya digunakan untuk:
(1) Sewa lokasi usaha,
(2) Pengadaan peralatan (equipment) usaha,
(3) Biaya pembelian bahan baku, dan
(4) Keperluan uji coba (trial) produk.

Namun demikian, sebenarnya keberadaan modal tersebut dapat digantikan dengan berbagai alternatif sehingga tanpa modal, seseorang tetap dapat membuka usahanya. Modal usaha untuk kebutuhan sewa lokasi dapat digantikan dengan cara
(1) Meniadakan lokasi sebagai tempat usaha,
(2) Mencari Lokasi yang tidak perlu mengeluarkan biaya (gratis),
(3) Menggunakan sistem bagi hasil (konsinyasi),
(4) Membayar dengan cara cicilan,
(5) Menukar (barter) biaya lokasi dengan hal lain,
(6) sisstem Sewa dengan bayar belakang

Sunday, 7 July 2013

bisnis (karena musim)

Suatu bisnis bisa dilakukan karena suatu keadaan dimana suatu saat banyak yang membutuhkan jasa/ produk itu karena memang kondisi  banyak orang membutuhkannya, misal sekarang musim menjelang puasa orang cenderumg akan mencari jasa atau produk yang berkaitan dengan musim yang sekarang banyak orang butuhkan, musim menjelang buasa bisa aja menjadi tepat untuk memulai sebuah bisnis, banyak orang membutuhkannya, misal untuk belanja menjelang buka puasa atau mukena untuk ibadah tarawih, pelajarilah perilaku orang disekitar anda kebiasaan menjelang sebelum mereka melakukan ibadah puasa, cari bisnis yang terjangkau karena hal itu akan sangat membantu anda dalam menentukan bisnis yang tepat untuk dilakukan sebelum ibadah puasa dilakukan.

Suatu bisnis bisa dimulai karena kondisi alam, misal ; musim hujan kita bisa menjual bisnis yang berkaitan dengan musim hujan, misal jas hujan. Bisnis karena kondisi ekonomi karena kenaikan BBM, ini juga bisa jadi literatur untuk membuat transportasi tanpa menggunakan BBM, misal angkot dengan tenaga listrik/surya.

Friday, 5 July 2013

Info seminar Bisnis Coaching (Coaching for Manager)


Seringkali istilah coaching terdengar di berbagai bidang usaha saat ini. Namun tidak sedikit yang masih awam untuk mengetahui apa sebenarnya coaching dan implementasinya dalam perusahaan.
Bottom of Form
Anda dapat merencanakan suatu tugas kepada tim anda dan percaya bahwa mereka dapat melakukannya, tetapi ketika anda memeriksa hasil pekerjaan mereka hasil yang terjadi diluar harapan semua pihak.
Apakah anda belum mengetahui bagaimana coaching dapat diimplementasikan dalam pekerjaan anda?
Apakah anda sudah pernah belajar mengenai coaching, namn bingung dalam mengimplementasikannya?
Apakah anda memiliki masalah yang seringkali berulang dalam pekerjaan sehari-sehari dan belum menenukan solusinya?
Bila anda menjawab YA pada salah satu pertanyaan di atas, maka training/workshop ini akan SANGAT membantu anda.

Apakah coaching dapat membantu anda?
Tentu saja anda dapat mengatakan kepada tim mengenai apa yang harus dilakukan; anda dapat dengan mudah menjelaskan sama seperti bila anda mengerjakannya. Tetapi coaching membuat anda untuk berdiri di belakang dan membuat tim anda untuk berpikir sendiri; melakukan terbaik dengan kemampuan terbaik yang mereka miliki karena itulah yang mereka pikirkan dan implementasikan.
Hal ini bukan berarti bahwa  anda tidak mengawasi pekerjaan tersebut, tidak berarti bahwa anda bebas dari tanggung jawab. Namun ini berarti bahwa anda memiliki sebuah tim yang melakukan terbaik yang mereka bisa karena mereka percaya dengan apa yang mereka kerjakan.
Di dalam dunia modern dimana sekian lama uang menjadi motivasi utama, dengan mengambil pendekatan coaching dalam manajemen anda berarti menciptakan sebuah tim yang tidak hanya melihat ke depan, tetapi juga melihat ke arah yang sama.
Dalam training ini, kami akan memberikan metode-metode praktis dalam menjalankan coaching bagi manager kepada anak buahnya. Dipadukan dengan role play, membuat training ini akan lebih mendalam dan mudah dipahami oleh peserta.

Siapa yang harus hadir
  • Para manager dengan latar belakang apapun yang merasa perlu pemahaman coaching
  • Para manager yang ingin mengembangkan potensi timnya
  • Para direktur dan pemilik perusahaan yang menginginkan perkembangan yang lebih baik untuk perusahaannya

Materi
  • Pengertian coaching
  • Jenis coaching
  • Perbedaan coaching dengan pendekatan lain
  • Coaching competency
  • 3 alat komunikasi
  • GROW model
  • Coaching tools
  • Coaching in organization
  • Sukses merubah organisasi
  • Role-play

Thursday, 4 July 2013

Cara Memulai Bisnis ( Bersahabatlah dengan Pesaing)

Dalam menjalankan usaha, cara praktis yang bisa dilakukan adalah mencari pesaing yang banyak.
Persaingan membuat kita banyak belajar dengan usaha sejenis. Bersaing sekaligus bersahabat akan memacu motivasi dan kreatifitas.

Sebagus apapun produk yang kita hasilkan, jika tidak laku dipasaran maka tidak ada artinya bagi usaha kita. Ada hal yang mestinya kita pahami, bahwa pemilihan produk tidak selamanya dilihat dari belum banyaknya produk pesaing, tetapi juga sangat bergantung kepada minat pasar untuk menerima produk tersebut. Ide-ide bagus belum tentu menjadi kenyataan yang bagus, tetapi sering kali lebih baik menjual produk yang sederhana tetapi dengan cara yang tepat.

Ada seseorang yang yang ingin mencoba memasarkan suatu produk baru yang penuh dengan inovasi. Ia mencoba menjelaskan bahwa produk ini benar-benar belum ada pesaingnya, sehingga berharap pasarnya pasti akan bagus. Tetapi sebenarnya tidak sederhana, karena tentunya dibutuhkan energi ekstra untuk meyakinkan calon konsumen untuk benar-benar membeli produknya. Mungkin akan lebih baik memilih produk yang umumnya dibutuhkan oleh masyarakat banyak, bukan sekedar mengenal, mencoba dan setelah itu tidak mau lagi.

Ketika kita akan memasarkan aneka kue, lokasi mana yang akan kita pilih, apakah Pasar kue Subuh senen, atau Pasar Tanah Abang. Bisa dipastikan akan memilih pasar Kue subuh. Kenapa? bukannya di sana banyak sekali pesaingnya, sedangkan di Tanah Abang belum tentu banyak pesaing? Jawabannya sederhana. Ternyata di Pasar Senen jumlah pembelinya sangat banyak, karena tanpa disadari pembeli memang sudah diarahkan ke pusat-pusat perdagangan tertentu.

Kasus diatas, menyadarkan kita bahwa berjualan di tempat yang belum ada pesaingnya mungkin malah tidak laku, tetapi bisa jadi malah harus mencari tempat usaha yang banyak pesaingnya karena pada umumnya disanalah pembeli sangat banyak.

Ada keuntungan lain dari mencari tempat yang banyak pesaingnya, yaitu kita justru bisa bekerjasama dengan para pesaing. Di Lokasi berkumpulnya pedagang makanan, jika satu warung tiba-tiba kedatangan banyak tamu, sementara persediaan makanan tidak mencukupi, maka warung tersebut akan pinjam ke warung pesaingnya yang tidak jauh lokasinya. Dengan demikian, kita harus berhubungan baik dengan mereka. Biasanya diantara mereka yang bersaing sekaligus bekerjasama, usaha mereka akan sama-sama maju sebaliknya jika mereka jarang bergaul dengan pesaing malah akan dikucilkan.

Dalam menjalankan usaha, cara praktis yang bisa dilakukan adalah mencari pesaing yang banyak. Persaingan membuat kita belajar dengan usaha sejenis. Bersaing sekaligus bersahabat akan memacu motivasi dan kreatifitas.

Wednesday, 3 July 2013

cara memulai bisnis (Banyak Bergaul)

Sikap supel dan mudah bergaul, merupakan salah satu modal penting untuk menjadi pengusaha sukses.
Semakin banyak teman bergaul, makin terbuka kesempatan untuk membangun relasi. Tapi, tentu saja, kita harus lebih selektif dalam mengenali kawan mana yang kira-kira berpeluang untuk diajak kerja sama dalam bisnis.

cara memulai bisnis (Persahabatan yang tulus)

Relasi bisnis yang baik, kadang kala terbentuk dari sebuah persahabatan yang akrab. Untuk itu berkawanlah dengan siapa saja tanpa pandang bulu.

Jangan buru-buru untuk membicarakan masalah bisnis, dengan orang yang baru saja anda kenal. Mungkin saja orang tersebut malah jadi berfikir bahwa anda hanya mau "memanfaatkan"dia.

Tawarkan persahabatan yang tulus terlebih dahulu. Jika mereka menganggap anda orang yang berkompeten dan merupakan sahabat yang baik, peluang kerjasama bisnis itu bakal muncul dengan sendirinya.

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal