Friday, 25 October 2013

Training Leadership (Motivational Leadership)



1. Pemimpin Perubahan Yang Berpengaruh
2. Nilai – Nilai dan Karakter seorang Motivational Leader
3. Menggali dan Mengembangkan Potensi Leader Sejati
4. Menetapkan Strategi Pencapaian Sasaran bersama Anggota Tim
5. Menciptakan Pengaruh melalui:
- Peran
- Ide
- Prinsip
- Fleksibilitas
6. Teknik Komunikasi Motivatif untuk:
- Membimbing dan Mengarahkan Karyawan
- Mengkomunikasikan Sasaran dan Upaya Pencapaianya
- Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas
- Mendorong Inisiatif dan Kreatifitas
- Membangun Komitmen Anggota Tim
- Memecahkan Masalah
- Memberikan Reward dan Punishment

Leadership training (Cara memimpin dengan hati)



Ada orang yang memang dilahirkan menjadi seorang pemimpin, ada pula yang dilahirkan di sebuah lingkkungan dimana banyak pemimpin di sekelilingnya. Bahkan ada yang berjuang untuk menjadi seorang pemimpin.

Menurut John C Maxwell ada lima jenjang tingkatan sebagai seorang pemimpin. Dimulai dari jenjang POSISI, PERMISI, PRODUKSI, MEMBANGUN ORANG LAIN, Sampai dengan HATI SEORANG PEMIMPIN

Untuk menjadi seorang pemimpin sejati, semua harus dimulai dari hati. Misal Bung Karno, Mother Theresa, Nabi Muhamammad, untuk bisa mengikuti mereka harus dilihat kegamuman terhadap figur itu bisa karena Kharisma, kasihnya atau kebijaksanaanya.

Untuk menjadi seorang pemimpin yang sejati harus ada Outcome, atau tujuan awal apabila menjadi seorang pemimpin. Berikut langkah yang dijalankan apabila ingin menjadi pemimpin sejati : 
1. Milikilah hati seorang pemimpin yang Anda kagumi dan Anda ingin menjadi sepertinya
2. Berusahanya dalam memberikan produktivitas dan memanusiakan manusia dalam prosesnya.
3. Sehingga akan mendapatkan izin dan posisi dalam memimpin orang-orang di sekitar anda.

Tidak ada sebuah keberhasilan tanpa mengalami kegagalan, ini adalah sebuah semagnat yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam meraih tujuannya.

Dalam mewujudkan sebuah tujuan, dibutuhkan seorang pemimpin yang kuat tapi tidak kasar, baik tapi tidak lembek, berani tapi tidak menggertak, penuh pertimbangan tapi tidak plinplan, rendah hati tapi tidak takut-takut, bangga tapi tidak arogan.

Anda tertarik mengembangkan Leadership yang anda miliki ikutilah Leadership Training yang akan diadakan tanggal 7-8 November 2013 klik disini untuk lebih jelas, bagaimana tahap-tahap leader bisa dibangun.

Thursday, 24 October 2013

Leadership development

Leadership dan  kualitas motivasi yang sangat baik untuk memiliki tidak hanya di kalangan manajemen dalam bisnis, tetapi di antara karyawan juga.
Banyak orang cenderung memiliki kecenderungan untuk menjadi leader, sementara beberapa belajar perilaku Leadership yang sukses dan terus menjadi leader yang efektif.
Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam kelompok. Menjadi leader yang baik membutuhkan pemahaman tentang apa yang memotivasi orang lain. Leader ingin mempengaruhi hal-hal untuk melanjutkan atau menciptakan perubahan. 

Untuk menjadi seorang leader, penting untuk memahami apa yang memotivasi karyawan di sekitar Anda. Hal ini diperlukan untuk menemukan kebutuhan mendasar bagi karyawan, rekan kerja, dan atasan miliki.
Semua orang memiliki kebutuhan untuk penghasilan pokok dan kebutuhan.
Selain itu, mereka memiliki kebutuhan untuk koneksi sosial yang mendalam dan persahabatan. Orang ingin masuk dalam suatu tempat dan merasa seolah-olah mereka berada.
Kategori lain besar kebutuhan manusia adalah kebutuhan untuk pertumbuhan dan tantangan. Anggota staf terpikat ke pekerjaan dengan gaji yang tinggi mungkin menemukan pekerjaan mereka tidak memuaskan jika dia tidak dapat memiliki persahabatan dan berhubungan dengan orang lain di tempat kerja. Adalah jauh lebih mudah untuk memimpin dan memotivasi jika Anda memahami apa kebutuhan dipungkiri orang adalah.

Ada beberapa kualitas yang tampaknya untuk menempatkan orang-orang menjadi leader sejauh kemampuan mereka untuk mendapatkan posisi kepemimpinan.
Banyak pemimpin cenderung keluar, berani, tumbuh tinggi, disukai, mengartikulasikan, dan berorientasi tugas. Dengan tidak berarti adalah kualitas ini selalu benar. Napoleon kebetulan menjadi orang yang sangat pendek, dan Abraham Lincoln telah digambarkan sebagai sangat introvert.
Ada faktor-faktor yang tak terhitung jumlahnya yang dapat membuat seseorang menjadi leader yang baik, tapi itu tergantung pada sekelompok orang yang mereka pimpin. Ada kesalahpahaman umum bahwa para pemimpin selalu blak-blakan, orang flamboyan, dan ini hanya tidak terjadi. Individu kurang mengartikulasikan dengan kombinasi lain dari keterampilan yang cukup sukses juga

Training Leadership (Tugas dan tanggung jawab leader)



Ikutilah training Super Team yang akan membahas step-step bagaimana Pengembangan leadership dibangun klik disini untuk info lebih lanjut

Sebagai seorang pemilik sekaligus pemimpin dalam usaha yang dijalaninya, maka seseorang tentunya akan memiliki banyak tugas dan Beberapa tugas dan tanggungjawab yang harus dijalankan oleh seorang pimpinan usaha, antara lain meliputi :
1. Mengevaluasi sekaligus menentukan supplier bahan baku yang akan digunakan dalam setiap proses produksi.
2. Mengelola karyawan yang akan maupun telah bergabung dengan usahanya seperti rekrutmen, pelatihan, penentuan upah, pengembangan karyawan, dan sebagainya.
3. Legalisasi hal-hal yang berhubungan dengan hukum seperti merek dagang logo, perpajakan, serta kontrak kerja sama.
4. Membuat dan menganalisa laporan keuangan serta mengambil keputusan atas dasar laporan keuangan tersebut.
5. Melakukan pengawasan (audit) atas berbagai hal yang ada dalam perusahaan tersebut untuk menghindari berbagai penyimpangan yang mungkin ada.
6. Mengatur jalannya operasional usaha agar semua berjalan dengan baik sesuai dengan yang diinginkan.
7. Melakukan usaha yang dirintis ke arah yang lebih besar dan luas lagi dengan membuka cabang di tempat lain.
8. Mengembangkan usaha  yang dirintis ke arah yang lebih besar dan luas lagi dengan membuka cabang di tempat lain.
9. Membuat budgeting (penganggaran) untuk periode tertentu agar usahanya berjalan stabil sesuai anggaran yang telah disiapkan.
10. Mempersiapkan dan menjaga stok dan kondisi bahan baku sehingga selalu dalam kondisi layak pakai.
11. Mengembangkan berbagai teknologi yang bisa digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi kerja.
12. Mengatur kondisi pergudangan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

5 Langkah untuk Memperoleh Staf Idaman




Dalam menjalankan suatu proyek, anda membutuhkan sebuh team. Sebuah team mungkin terdiri dari sedikit atau banyak orang.  Untuk memastikan Anda memperoleh staf yang tepat untuk peran yang tepat, maka langkah-langkah berikut harus diperhatikan:

1. Tentukan Peran
Kedengarannya mudah, tetapi mendefinisikan peran dengan benar adalah langkah yang paling penting untu diambil ketika merekrut staf baru. Anda perlu membuat sebuah dokumen Job Description yang menjelaskan:
• Tujuan dan tanggung jawab peran;
• Pelaporan dan hubungan komunikasi;
• Keterampilan, pengalaman dan kualifikasi yang dibutuhkan;
• Kriteria kinerja dalam tim;
• Gaji, komisi dan tunjangan;
• Lingkungan kerja dan kondisi khusus.

2. Cari Kandidat Top
Selanjutnya, mengiklankan peran baik internal maupun eksternal. Dalam membuat iklan harus sejelas mungkin dengan daftar tanggung jawab utama. Jelaskan tantangan yang akan mereka hadapi. Buatlah daftar persyaratan khusus bila diperlukan. Iklan harus dibuat semenarik mungkin, bisa memakai kaidah AIDA.  Kemudian, ketika iklan masih berjalan, identifikasikan para pelamar yang masuk  sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.  Tinjaulah daftar pelamar terhadap kriteria seleksi dan pilih antara 3 sampai 5 pelamar untuk diwawancarai.

3. Wawancara Calon
Selanjutnya, mewawancarai calon terpilih. Pastikan Anda mempersiapkan sepenuhnya untuk setiap wawancara. Untuk setiap wawancara, Anda harus:
• Siapkan daftar pertanyaan sebelum Anda mulai.
• Wawancara disesuaikan meliputi semua bidang Job Description.
• Catat setiap kekuatan dan kelemahan dari CV mereka.
• Pertimbangkan kualitas pertanyaan mereka yang diajukan kepada Anda.
• Wawancara bersifat spesifik, langsung ke sasaran setiap saat.
Jangan takut untuk melakukan pencatatan selama wawancara. Hal ini akan mempermudah anda, terutama jika Anda mewawancarai lebih dari 3 kandidat, maka Anda akan perlu bergantung pada catatan wawancara tersebut.

4. Uji Calon
Tergantung pada jenis peran yang Anda rekrut untuk posisi yang dimaksud, Anda juga mungkin ingin untuk secara resmi menguji calon Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dipilih untuk menguji kandidat dalam menentukan kesesuaian mereka terhadap Job Description:
1. Lakukan tes kepribadian dan kompetensi, serta pengujian numerik.
2. Buatlah mereka untuk mengirim sampel dari pekerjaan yang telah diselesaikan di masa lalu.
3. Minta mereka untuk melakukan tugas-tugas proyek tertentu. Misalnya, jika menyewa seorang pengembang perangkat lunak, buatlah  mereka untuk menulis contoh program.
4. Lakukan wawancara kedua dengan manajemen.
5. Ajak mereka untuk bertemu tim dan memungkinkan tim untuk mengajukan pertanyaan.
6. Ajak mereka untuk melakukan presentasi resmi untuk tim Anda.
7. Carilah 3 referensi profesional, semua dari atasan sebelumnya.
8. Minta mereka untuk memberikan 2 referensi pribadi, untuk memeriksa karakter.
9. Berbicara kepada pelanggan mereka sebelumnya untuk mengkonfirmasi kompetensi mereka.

5. Pilih Calon
Berdasarkan hasil wawancara dan tes, langkah berikutnya adalah memilih orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Katakanlah Anda memiliki sejumlah orang namun Anda tidak dapat memutuskan diantaranya, maka di sini adalah bagaimana menyortir pilihan Anda:
• Tidak ada yang dipekerjakan dan mulai dari awal lagi. Sangat sulit untuk melakukan ini karena waktu Anda telah dimasukkan ke dalam banyak pekerjaan untuk sampai ke titik ini. Tapi mungkin lebih baik untuk memulai lagi daripada mempekerjakan seorang calon yang tidak akan memenuhi kebutuhan Anda sepenuhnya.
• Pekerjakan keduanya dan memberikan awal. Dalam beberapa kasus, Anda dapat membagi Job Description dan mengalokasikan tanggung jawab untuk lebih dari satu orang.  Hal ini menantang dan berisiko, tetapi dalam beberapa kasus, Anda dapat menyelesaikan proyek pada biaya yang sama dengan menyewa 2 kandidat berbakat pada waktu yang sama.
• Pilih calon terbaik. Dalam kebanyakan kasus Anda mengakhiri dengan pilihan ini. Jika kedua kandidat "sama-sama berkualitas", cobalah mengandalkan intuisi Anda.  Siapapun bisa memberikan berbagai metode pengujian statistik untuk memilih orang yang tepat, tapi pada akhir hari mereka harus mampu melakukan pekerjaan dan cocok dengan tim  Anda dan hanya Anda akan tahu mana kandidat terbaik untuk melakukan ini.
Kemampuan Anda untuk mempekerjakan orang yang tepat akan menentukan keberhasilan Anda sebagai Manajer Proyek. Jadi luangkan waktu Anda dan menggunakan proses rekrutmen ini untuk memilih dengan bijak.

Coach Dion Widia
Coach PT Formula Bisnis Indonesia

Leadership training (tujuan)


 

Dengan mengikuti training leadership diharapkan :

1. Memahami dengan baik arti leadership (kepemimpinan) dalam sebuah usaha
2. Mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang leader (pemimpin).
3. Dapat memilih bentuk organisasi yang sesuai
4. Memahami dengan pasti lahirnya sebuah Leadership (kepemimpinan) pada diri seseorang
5. Mengetahui dengan baik 5 (lima) tingkatan dalam Leadership (kepemimpinan).
6. Mengetahui dan memahami kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin wirausaha
7. Memahami arti kepemimpinan dalam sebuah wirausaha hubungannya dengan tingkat produktifitas.
8. Mengetahui cara mengembangkan kepemimpinan.

Ikutilah Seminar Super Team yang akan membahas secara mendalam tentang arti mendalam leadership
Klik disini untuk info lebih lanjut.

Wednesday, 23 October 2013

wirausaha sukses (teknik delegating)


Kuadran terakhir adalah kuadran yang berisikan karyawan yang memiliki kemampuan yang sangat tinggi dan kemauan yang kuat. Pada tahap ini sebenarnya seorang karyawan sudah berada pada tahap sempurna. Kepadanya seorang wirausaha sukses harus berani mendelegasikan beberapa beberapa tugas dan tanggung jawabnya. Jika tidak, maka karyawan pada tahap ini justru akan merasa tidak berguna sehingga kemungkinan besar mereka akan memberi tempat yang menurut sesuai dengan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. 

Dengan mendelegasikan beberapa tugas dan tanggung jawab kepada karyawan tersebut, maka beban kerja seorang wirausaha sukses akan semakin berkurang, dan ia dapat lebih berkonsentrasi untuk mengembangkan usahanya dan justru mendirikan usaha yang baru.

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal