Monday 29 July 2013

wirausaha sukses (perlunya sistemasi pada bisnis)



MENGAPA PERLU SISTEMASI PADA BISNIS ANDA

 

Apakah anda saat ini sedang membangun bisnis atau sekedar menjalankan bisnis? Banyak orang tidak menyadari bahwa kegiatan usaha yang mereka lakukan semata-mata hanya menjalankan bisnis saja. Terjebak dalam rutinitas operasional sehari-hari, hingga tidak terasa bertahun-tahun usahanya telah berjalan tanpa ada arah yang jelas. Jika hal ini terus dilakukan maka tidak mengherankan jika usahanya akan tetap begini-begini saja.
Ada baiknya anda melihat kembali apakah bisnis yang sedang anda geluti ini masih memiliki potensi bertumbuh yang selama ini belum maksimal. Jika anda ingin membuat bisnis anda semakin besar, semakin maju, maka sudah saatnya anda melalukan apa yang seharusnya anda lakukan. Mulailah membenahi bisnis anda. Buat dan hidupkan mimpi besar anda akan bisnis anda. Bayangkan bagaimana bentuk bisnis anda dipuncak kesuksesannya nanti. Berapa besar omzet yang didapatkan, berapa banyak cabang yang diinginkan, berapa bebasnya anda dalam mengatur waktu anda, berapa banyak karyawan anda, berapa banyak orang yang turut sejahtera berkat dari bisnis anda, betapa bisnis anda mampu memberi kebahagiaan bagi anda, keluarga dan orang-orang sekitar anda.
Untuk membenahi dan melakukan sistemasi pada bisnis anda, ada delapan hal yang perlu anda perhatikan, yaitu :
1.       Visi, Misi dan Budaya Perusahaan
Visi adalah suatu pandangan akan tujuan masa depan perusahaan anda. Visi akan menjadi arah panduan kemana perusahaan anda akan bergerak.
Misi adalah rangkaian aktifitas yang perlu dilakukan guna mencapai visi perusahaan. Agar visi dapat tercapai, maka misi perlu untuk dijalankan.
Budaya adalah nilai-nilai yang ingin ditanamkan pada setiap bagian dari perusahaan agar memiliki kemampuan untuk menjalankan misi.
2.       Goal Tahunan
Goal adalah tujuan secara bertahap yang ingin diraih oleh perusahaan. Goal umumnya dibuat per tahun, tetapi dalam prakteknya bisa saja dibuat untuk per semester ataupun per bulan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
3.       Organization Chart
Disebut juga susuan organisasi yang menggambarkan struktur perintah dan tanggung-jawab pada perusahaan. Dengan organization chart yang baik, maka pelaksanaan tanggung-jawab ditiap bagian perusahaan akan lebih jelas.
4.       Flow Chart
Menggambarkan bagaimana alur kerja suatu kegiatan di dalam perusahaan. Pada flow chart akan terlihat dengan jelas rangkaian proses apa saja yang perlu dilakukan untuk suatu tugas tertentu.
5.       Job Description
Tugas dan tanggung jawab apa saja yang diemban oleh masing-masing individu di perusahaan harus tertulis dengan jelas dan dipahami oleh invividu tersebut. Sehingga dihindari pembagian tugas yang tidak jelas dan juga saling menyalahkan antar bagian. Dengan adanya Job Desciption maka setiap bagian di perusahaan bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.
6.       How To Manual
Merupakan suatu panduan tertulis yang merinci bagaimana suatu pekerjaan harus dilakukan. How to manual bisa berupa tulisan atau juga gambar ilustrasi. Dengan adanya how to manual, setiap bagian akan memiliki standard yang jelas dalam melalukan suatu kegiatan.
7.       KPI / Key Performance Index
KPI adalah suatu sistem penilaian bagi masing-masing individu di perusahaan. KPI disusun sesuai dengan tugas yang perlu diemban oleh tiap bagian dalam rangka mencapai goal yang telah ditentukan. KPI akan menggambarkan apakah seseorang telah bekerja dengan optimal dibagiannya.
8.       Attachment
Attachment merupakan lampiran contoh dokumen yang digunakan di perusahaan. Misalnya contoh dokumen pemesanan barang untuk bagian purchasing, dokumen surat pengiriman barang untuk bagian pengiriman, dan sebagainya.
Kesalahan umum yang banyak dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan sitemasi ini adalah pembuatan sistemasi yang sepotong-sepotong. Seperti langsung membuat KPI tanpa terlebih dahulu membuat job description yang jelas. Atau tidak memikirkan apakah goal tahunan yang dibuat sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Coach Chandra Liestiawan

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal