Thursday 26 September 2013

Tingkatkan Penjualan dengan Pengenalan Produk Edisi Pertama oleh Coach Chandra Liestiawan (Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)



Seberapa kenal calon pembeli Anda pada manfaat produk atau jasa yang Anda tawarkan akan mempengaruhi seberapa tertarik calon pembeli tersebut untuk membeli produk atau jasa Anda. Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa mampukah Anda atau tim penjualan Anda memperkenalkannya ke calon pembeli?

Sebagai pihak penjual sudah selayaknya Anda lebih mengenal produk tersebut dibandingkan calon pembelinya. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan terkait dengan Product Knowledge untuk peningkatan keberhasilan penjualan Anda dan tim.

1.       Rasa Ingin Tahu
Pastikan bahwa setiap bagian dari tim penjualan Anda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap produk-produk yang dipasarkan. Akan sangat baik jika tim penjualan Anda adalah orang-orang yang memang tertarik dengan produk Anda. Seperti misalnya Anda adalah seorang penjual mobil dan Anda menyukai mobil, maka tanpa perlu ditugaskan Anda akan dengan semangat sendiri mencari tahu seluk-beluk segala macam tentang mobil-mobil tersebut. Anda akan mudah untuk melihat dari sudut pandang seorang calon pembeli. Mengapa mobil yang ini bagus, mengapa mobil yang itu lebih laris, apa yang diinginkan calon pembeli, bagaimana perbandingannya dengan mobil lainnya, dan lain sebagainya.

Jika ternyata tim penjualan Anda bukanlah orang-orang yang antusias dengan produk Anda, setidaknya mereka harus belajar menyukai produk tersebut. Anda juga dapat menumbuhkan dorongan bagi mereka untuk mau lebih mencari tahu tentang produk dengan memberikan penjelasan bagaimana product knowledge dapat meningkatkan penjualan sehingga juga meningkatkan bonus mereka.


2.       Pelatihan Pengenalan Produk
Anda bisa coba meminta pihak principal / supplier untuk memberikan pelatihan pengenalan produk untuk tim Anda. Beberapa supplier memang memiliki anggaran dan tim khusus untuk melakukan hal ini, walaupun sering kali dibarengi dengan persyaratan pengambilan minimum order. Lakukan juga pelatihan internal secara berkala. Anda dapat menugaskan setiap anggota tim penjualan untuk secara bergiliran memberikan pelatihan pengenalan produk ini. Anda juga dapat mengadakan semacam games atau test pengetahuan tim terhadap produk.

Bersambung

Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk informasi Bisnis Coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia dengan menghubungi no 021 583 583 33

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal