Thursday 26 September 2013

5 Tips untuk Mengelola Tim Proyek Anda Edisi ke-2

Oleh Coach Dion Widia
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia



4.    Mengubah Gaya Manajemen Anda ketika Tim Anda berevolusi


Ada beberapa tahap pembangunan yang tim proyek akan dilalui saat mereka mulai bekerja bersama-sama. Ini biasanya dikategorikan sebagai Form (datang bersama-sama), Storm (konflik awal), Norm (hal mulai kelancaran keluar), dan Perform (mesin menyala dan berjalan).
Untuk secara efektif mengelola tim proyek sangat penting bahwa Anda memahami perilaku, kepedulian, perhatian, dan kegelisahan dari anggota tim dalam setiap fase dan mengelola masing-masing hal tersebut. Sebagai contoh, selama fase Storm dalam pengembangan grup, Anda akan menjabat sebagai lebih dari moderator, fasilitator, dan bahkan mungkin mediator. Anda akan sangat terlibat dan menghabiskan banyak waktu dengan anggota tim saat mereka bekerja melalui isu-isu ini. Begitu mereka telah mencapai tahap Perform, bagaimanapun, Anda ingin mundur dan memberikan semua ruang bagi mereka dan kebebasan untuk manjalakan pekerjaan mereka yang dilakukan dengan intervensi yang minimal.

5.    Berdayakan Anggota Tim Anda

Cara efektif untuk bisa memberdayakan tim adalah dengan memakai metoda coaching. Cobalah untuk senantiasa memberikan tantangan yang tidak biasa bagi tim anda. Lebarkan goal yang mereka ingin capai, sehingga mereka benar-benar bisa mengeluarkan segala daya upaya untuk mencapainya. Pastikan mereka mengetahui apa yang ingin mereka capai dan cobalah untuk mencari jalan keluar dalam menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dengan cara bertanya. Pertanyaan yang tepat akan memancing jawaban yang tepat pula.



Demikianlah tips untuk menelola tim proyek Anda. Jika Anda mendengarkan tim Anda, sering berkomunikasi, membuat (dan mentaati) aturan-aturan dasar, menyesuaikan gaya manajemen Anda sebagai tim berkembang, dan memberdayakan mereka untuk mendapatkan sesuatu maka Anda akan menemukan bahwa tim proyek Anda tidak sabar untuk bekerja dengan Anda pada proyek berikutnya yang Anda kelola!

  

Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk informasi lebih lanjut tentang bisnis coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal