Thursday 26 September 2013

5 Tips untuk Mengelola Tim Proyek Anda Edisi ke-1


oleh Coach Dion Widia
(Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)

Mendapatkan perhatian dari tim Anda dan menjaga semua orang pada ritme yang sama tidak mudah. Tetapi jika Anda bisa melakukan lima hal ini secara baik, maka tim Anda akan berkembang dan proyek Anda akan mulai sampai selesai dengan sempurna.

1.      Mendengarkan dengan seksama Tim Anda

Semua orang suka untuk didengar. Hal ini terutama terjadi ketika orang-orang membicarakan pendapat mereka tentang cara terbaik untuk menyelesaikan sebuah proyek. Sangat penting bagi Anda untuk mendengarkan dengan saksama semua pendapat dari orang dalam tim proyek Anda.
Apakah ini berarti bahwa Anda akan melakukan segalanya yang tim Anda sarankan? Tentu saja tidak! Itu tidak mungkin seperti apa yang satu orang sarankan mungkin menjadi konflik langsung dengan saran dari orang lain. Tapi, itu tidak berarti bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk mendengarkan ide-ide seseorang, memberikan mereka pertanyaan, dan kemudian mengambil waktu untuk menjelaskan apakah ide-ide mereka akan masuk ke dalam gambaran besar proyek.

2.    Berkomunikasi sesering mungkin dengan Tim Anda

Seberapa sering Anda mendengar "Aku tidak tahu tentang hal itu" dari seseorang dalam tim Anda ketika Anda tahu topik terbaru tersebut dibahas pada pertemuan yang dihadari oleh semua anggota tim? Ini adalah kejadian umum yang telah menjadi musuh bagi banyak manajer proyek.
Anda dapat mengambil pelajaran dari para pemasar produk. Ada pepatah yang mengatakan seseorang harus mendengar sesuatu hingga 7 kali sebelum mereka mengambil tindakan pada pesan tersebut. Pemasar akan menyajikan pesan yang sama dengan cara yang berbeda, pada waktu yang berbeda, dan dalam format yang berbeda sampai sesuatu akhirnya cocok dengan calon pembeli mereka. Anda perlu melakukan hal yang sama sebagai manajer proyek. Mudah-mudahan, Anda tidak perlu mengulangi diri 7 kali, tetapi cobalah mencari peluang untuk memastikan anggota tim Anda dengan jelas memahami pesan Anda.

3.     Buat (dan taati) Aturan Dasar yang jelas untuk Tim Anda

Bukankah kita  membenci sebagai seorang anak ketika bermain dan aturannya selalu tampak berubah? Segera setelah Anda pikir Anda telah menemukan cara untuk bermain, seseorang datang dan mengatakan hal itu akan dilakukan secara berbeda. Yang lebih parah, ini biasanya untuk merugikan Anda!
Hal itu cukup buruk dialami sebagai seorang anak, tapi hal itu benar-benar menjadi  frustasi bagi Anda yag sudah dewasa ketika berusaha untuk menyelesaikan proyek Anda. Menjadi tugas Anda sebagai manajer proyek untuk membuat aturan-aturan dasar yang wajar dan memastikan semua orang bermain dengan aturan tersebut. Aturan-aturan dasar yang wajar meliputi laporan apa yang jatuh tempo dan kapan, bagaimana perbedaan pendapat atau konflik akan diselesaikan, harapan untuk kinerja individu, dan ketika isu perlu meningkat. Ini sama pentingnya bahwa Anda menjaga konsistensi seluruh anggota tim pada penerapan aturan-aturan dasar. Namun hati-hati juga ketika Anda membuat aturan. Anda diminta untuk menjaga aturan-aturan dasar sesederhana mungkin. Anda tidak ingin membanjiri tim Anda dengan “beribu-ribu” aturan yang membuat beban bagi mereka  dan malah mengganggu pekerjaan mereka.

Coach Dion Widia
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk Informasi lebih lanjut bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal