Friday, 23 August 2013

Leadership adalah (Gaya Pengaturan Langkah)

"Lakukan seperti yang saya sebutkan agar semua baik"

a) Gaya yang khas
  1) Memimpin dengan contoh yang dimengerti anak buah
  2) Menyusun target yang tinggi sesuai kriteria orang
  3) Kesulitan melakukan delegasi tugas
b) Kapan gaya ini terbukti efektif:
    "Anak buah memiliki kompetensi dan motivasi yang besar sehingga tidak butuh koordinasi detail terlalu
     banyak"
c) Gaya ini tidak efektif pada saat :
   1) Saat semangat tim dan perkembangan diri pekerja sangat dibutuhkan
   2) Saat pekerjaan membutuhkan delegasi yang terperinci

leadership adalah (Gaya Pengawasan)

Gaya Pengawasan

Perilaku umum: "Saya yakin kamu dapat berhasil"
a) Gaya yang khas
   1. Aktif membantu anak buahnya, dan menunjukkan pada mereka bagaimana mencapai hasil yang baik.
   2. Membantu anak buahnya bertumbuh makin baik.
   3. Mendorong anak buah membuat target kinerja.
b) Kapan gaya ini terbukti efektif:
   1. Saat mengevaluasi pencapaian target yang dilakukan oleh para pekerja.
c) Gaya ini tidak efektif pada saat :
   1. Ketika Leadership skills kurang memadai.
   2. Saat anak buah kurang kompeten dan butuh pengarahan yang lebih kuat

Leadership adalah (gaya Kepemimpinan)


Leadership adalah dengan memahami gaya dalam memimpin

1. Gaya Memaksa
2. Gaya Otoriter
3. Gaya Pertalian Hubungan
4. Gaya Demokratis
5. Gaya Pengaturan Langkah
6. Gaya Pengawasan

Dasar Leadership adalah (Identifikasi Gaya kepemimpinan)

Kepemimpinan vs Managerial

Kepemimpinan : adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk memotivasi orang lain untuk bertindak mencapai visi dan misi perusahaan. Pemimpin memiliki visi masa depan mengantisipasi ketidakpastian.

Manajerial : Kemampuan untuk memotivasi orang lain atas dasar kinerja organisasi. Orientasi pada perencanaan kerja, pengorganisasian, pengawasan, dan penilaian kinerja saat ini.


 Identifikasi Kebutuhan Gaya kepemimpinan
  1. Seorang pemimpin regu/ penyelia, manager yang baik harus mampu melakukan adaptasi gaya manajemen sesuai dengan kondisi yang berbeda.
  2. Pemimpin lini perlu melindungi iklim kerja yang baik, motivasi kerja anak buah, dan melaksanakan strategi yang ditentukan oleh jajaran pimpinan.
Kualitas pemimpin dari seorang Panglima perang, mengacu pada kualitas kebijaksanaan, sifat dapat dipercaya (reliable dan integrity), kemurahan hati, keberanian, dan disiplin. buku "Sun Zi" - Art of War

5 Sifat Pertama adalah Zhi, artinya:
-Kemampuan menganalisi dan menilai (zhi hui)
-Kemampuan untuk membedakan (zhi li)
-Kemampuan untuk membuat strategi (zhi lue)
-Kemampuan untuk merencanakan (zhi mou)

zhi = Kebijaksanaan

Sifat kedua adalan xin, artinya :
- Sifat dapat dipercaya (zin shi)
- Sifat dapat diandalkan (xin lai)
- Reputasi yang dapat dipercaya (xin wang)

xin = dapat dipercaya = integritas = diandalkan

Sifat Ketiga adalah ren, artinya Cinta dan Simpati :
- Kebaikan dan Kemurahan Hati (ren ci)
- Toleransi dan Pengertian (ren yi)
- Kemurahan dan sifat bersahabat (ren hou)

Ren mengandung pengertian: Jika seseorang bermurah hati pada Anda, diharapkan Anda untuk menanggapi dengan cara yang serupa sebagai balasannya.

Sifat keempat adalah yong, artinya: BERANI
- Berani dan tegas (yong jue)
- Tidak mengenal takut (yong meng)
- Berani karena melakukan Kebenaran (yong wu)

yong = Berani/ Keberanian

Sifat Kelima adalah yan, artinya Tegas :
- Keras atau Teguh (yan li) pada Prinsip dan Peraturan
- Tegas tapi Adil (yan ming)
- Dihormati (yan su)
Semua sifat ini menyangkut disiplin seseorang.




Leadership adalah (Pemimpin)

Pengertian Leadership (pemimpin) adalah kemampuan mempengaruhi orang lain agar bekerja untuk mencapai tujuan dan sasaran (Husler, 2000)

Pengertian Leadership (pemimpin adalah suatu proses aktivitas mempengaruhi dan mengorganisir orang lain/ kelompok dalam penyusunan dan pencapaian tujuan (Swanburg & Swanburg, 1999)\

Tujuan :
1. Tujuan lingkungan atau organisasi dan tujuan kelompok.
2. Tujuan individu baik anggota ataupun pemimpin

Tindakan atau Aksi yang efektif
1. Pemimpin berorientasi pada kemampuan untuk menentukan dan bertindak.
2. Pemimpin tidak dapat menunggu orang lain memberitahu apa yang harus dikerjakan
3. Pemimpin harus berfikir lebih dahulu sebelum bertindak.
4. Pemimpin harus mempunyai inisiatif.
 

Pengertian Leadership adalah (Pemimpin)


  1. Pemimpin (LEADER) Pemimpin (leader = head) adalah seseorang yang menggunakan wewenang dan kepemimpinannya mengarahkan bawahan untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya mencapai tujuan organisasi.
  2. Leader adalah seorang pemimpin yang mempunyai sifat – sifat kepemimpinan dan kewibawaannya (personality ). Falsafah kepemimpinannya bahwa pemimpin adalah untuk bawahan dan milik bawahan.
  3. Kepemimpinan Pancasila adalah kepemimpinan yang memiliki jiwa Pancasila, yang memiliki wibawa , dan daya untuk membawa serta dan memimpin masyarakat lingkungannya kedalam kesadaran kehidupan kemasyarakatan dan kenegaraan berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 45.
  4. Aspek kepemimpinanPancasila = Adalah sikap konsisten dan konsekuen dalam menghayati dan mengamalkan Pancasila. = Semangat kekeluargaan merupakan unsur penting dari kepemimpinan Pancasila.
  5. Asas utama kepemimpinan Pancasila = Ing Ngarsa Sung Tuladha , artinya seorang pemimpin haruslah mampu lewat sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola panutan ( ROLE MODEL ) dan ikutan bagi orang – orang yang dibimbingnya.
  6. Ing Madyo Mangun Karso, artinya seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang – orang yang dipimpinnya.• Artinya mempunyai visi dan misi kedepan untuk bangsa dan negara Indonesia .
  7. Tut Wuri Handayani, artinya seorang pemimpin harus mampu mendorong orang – orang yang diasuhnya berjalan di depan dan bertanggung jawab. Artinya harus bisa memotivasi dan GET THING DOWN (bisa memecahkan persoalan) dengan segala konsekwensinya .

Thursday, 22 August 2013

leader vs manager (leadership adalah)

Leader dan manajer. Sekilas, keduanya nampak sama, namun sebenarnya memiliki makna berbeda. Manajer memang banyak di dunia ini, namun hanya segelintir yang memang benar benar seorang pemimpin.

Manajer adalah orang yang memiliki subordinat dan memiliki jabatan tertentu. Sementara itu leader adalah orang yang memimpin orang lain ke arah tertentu. Leader tidak memiliki bawahan. Banyak pemimpin yang memiliki subordinate, namun itu karena mereka juga seorang manajer, Tetapi ketika mereka sedang memimpin, maka mereka harus melepas atributnya sebagai manajer. Karena pemimpin harus mempunyai pengikut, dan mengikuti adalah suatu aktivitas sukarela.

Lalu yang mana lebih baik? Menjadi pemimpin atau manajer?

Peribahasa lama mengatakan “Managers do things right, while leaders do the right thing.”

Keduanya dibutuhkan oleh organisasi. Manajer dibutuhkan, karena tentunya setiap organisasi ingin memiliki hasil dan kinerja yang baik (do things right). Sementara itu, leader lebih focus kepada proses yang baik menuju tujuan yang ingin dicapai (do the right thing). Kombinasi keduanya adalah yang paling baik.

Seorang manajer bertugas untuk melaksanakan fungsi klasik manajemen, antara lain planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pengarahan) dan controlling (pengendalian). Sementara itu, seorang leader adalah orang yang dapat menciptakan visi ke depan dan memberdayakan orang untuk mencapai visi tersebut.

Manajer adalah orang yang dibayar untuk melakukan pekerjaan tertentu dan mereka memiliki focus kepada pekerjaan dan hasil (work focus). Sementara itu, leader adalah orang yang lebih memiliki focus kepada people (people focus). Mereka memiliki skill yang bagus ketika berhubungan dengan orang dan dapat menciptakan loyalitas dengan baik. Bukannya tidak berfokus pada pekerjaan, namun mereka cenderung untuk mendorong orang lain supaya dapat bergerak menuju visi yang ingin dicapai.

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal