Monday 21 October 2013

CD Audio tentang Bisnis (Super Team)


Super Team

            Saya percaya bahwa selain omset yang selalu di keluhkan oleh para pebisnis, ada keluhan terbesar yang lainnya, yaitu bagaimana membuat orang-orang menjadi lebih kompeten dan lebih bisa dipercaya untuk memegang apapun kerjaan kita sebagai pebisnis. Berikut ini contoh yang Saya alami beberapa tahun silam, pada saat mendirikan perusahaan Saya yang pertama. Pada waktu itu Saya bingung bagaimana memulai usaha ini, mana yang harus didahulukan, apakah mencari tempat, ataukah mencari order dulu. Ternyata yang harus dilakukan yaitu mencari beberapa orang tim pendukung untuk menjalankan usaha Saya tersebut. Singkat cerita, setelah Saya merekrut beberapa orang, mulailah timbul beberapa masalah-masalah mengenai ketidakjelasan karyawan, diantaranya ada yang belum jelas tugasnya, bagaimana pembagian hak-hak dan kewajiban masing-masing karyawan, sampai dengan Saya jugalah yang melakukan hampir semua kegiatan untuk membuat usaha ini bisa berjalan. Lalu Saya sadar, ada beberapa bagian yang tidak bisa Saya kerjakan sendiri kalau seandainya usaha ini ingin ditingkatkan. Maka Saya mulai melakukan pembagian tugas, setelah selesai, timbul masalah baru, terlihat adanya tumpang tindih pekerjaan antara yang satu dengan yang lain, ada yang tidak kerja, ada yang kerja dan lain-lain. Saat itulah Saya berfikir, hal mengenai orang ini di dalam perusahaan merupakan sesuatu yang memerlukan perhatian khusus.
            Hal lainnya yaitu mengenai kepercayaan. Pada saat coaching dilakukan klien Saya berkata, “bukan Saya tidak mau merekrut orang lebih banyak di bagian penjualan tapi bila mereka keluar, maka klien-klien yang berhubungan akan di bawa pergi dengan mereka”. “Di bagian accounting, apabila yang mengerjakannya tidak kita percaya, data-data akan bocor, data gaji, pajak, keuntungan perusahaan, dll”. “Lalu biaya tenaga kerja, cari yang semurah dan seefektif mungkin, makin pintar makin bagus”. Selain itu ada hal penting yang tidak dikomunikasikan si pebisnis diawal waktu merekrut karyawan, salah satunya kemana arah pebisnis mau membawa timnya. Mereka pikir bahwa uang bisa membayar setiap orang, selama Saya punya uang dan Saya bayar semua pekerjaan yang dilakukan, maka Saya tidak akan mempunyai masalah tentang orang. Tapi tidak semua orang bisa dibeli dengan uang, mungkin orang yang rata-rata bisa, tapi tidak bila mau mendapatkan orang yang luar biasa.
Lalu bagaimana rumusan untuk mempunyai sebuah tim yang super duper, yang anda impikan? Ada 5 tahapan yang akan dibahas dalam CD ini :

  1. Sekuat apa visi Anda, dan sekuat apa Anda menjadi pemimpin di perusahaan terlebih dahulu,
  2. Proses perekrutan, mulai dari sumber yang tepat, kriteria yang tepat, cara interview yang tepat, sampai dengan apa yang ditawarkan kepada calon karyawan selain uang,
  3. Membangun dan mengembangkan tim tahapan demi tahapan baik softskill maupun hardskill,
  4. Membangun komunikasi dua arah yang baik,
  5. Penilaian untuk menuju jenjang karir selanjutnya

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal