Tuesday 8 October 2013

Istilah Coach dan Coachee (Coach Indonesia)


 

Coach     : Bisa saja seorang manajer (internal perusahaan) atau profesional (eksternal perusahaan)

Coachee :  Seorang atau siapa saja yang ingin menjadi lebih baik di pekerjaan mereka.

Istilah Coach dan Coachee sedikit berbau top down yang menyiratkan seakan Coach adalah seorang senior yang membagikan kebijaksanaan dan nasehat. Pada kenyataanya coaching dapat dilakukan antar kolega dalam sebuah tim dan bahkan tidak tertutup kemungkinan dimana seorang yunior naik melakukan coaching pada seniornya, seperti lazimnya dalam hubungan klasik manajer - tim

Coaching adalah sebuah proses kolaborasi atau kerjasama, dimana orang-orang di dalamnya punya peran yang jelas. Coach bertanggungjawab untuk menjaga percakapan agar tetap fokus pada sebuah tujuan yang sudah digambarkan secara jelas, memfasilitasi pemikiran orang lain, menilai kemajuan dan menyampaikan umpan balik yang bersifat membangun; Coachee bertanggungjawab untuk menghasilkan ide dan pilihan-pilihan, mengambil tindakan untuk mencapai tujuan dan melaporkan kemajuannya.

Salah satu hal yang kerap menjadi jalan buntu adalah ketika tanggungjawabnya ini menjadi kacau. Antara lain, bila Coach menjadi terlalu lekat ke cara tertentu dalam melakukan sesuatu, dan mulai MEMERINTAHKAN pada coachee apa saja persisnya yang mesti dilakukan.


No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal