Wednesday 5 February 2014

SOP Franchise


Waralaba/Franchise Operasi Manual (SOP) - Cara Menulis Sebuah SOP Waralaba/Franchise Pedoman Dalam Tiga Mudah, Langkah Terjangkau

Manual operasi waralaba mungkin tampak menakutkan, terutama bagi perusahaan yang belum pernah menulis sebuah operasi manual sebelumnya. Bingung dengan bisnis baru waralaba/franchise, dengan persyaratan legal, dokumen pengungkapan waralaba/franchise, manual operasi, program pelatihan, dll, banyak perusahaan mendelegasikan tanggung jawab kepada konsultan waralaba mahal.
Tetapi menggunakan seseorang untuk menulis petunjuk operasi waralaba yang tahu benar apa-apa tentang bisnis Anda, tidak pernah masuk akal ketika semuanya dianggap obyektif. Dan, selain harga yang lumayan sebesar $ 20.000 atau lebih untuk menulis manual, menggunakan konsultan waralaba membawa lain, mahal hasil - risiko hukum. Berikut adalah beberapa tips penyusunan dan strategi dari yang diakui oleh pakar franchise internasional .
Mengapa Konsultan Waralaba Adalah bisnis yang beresiko

Membayar seseorang yang tahu apa-apa tentang bisnis Anda, dan memiliki mereka belajar dari awal dengan biaya Anda benar-benar hanya akal sehat. Menggunakan konsultan franchise untuk apa adalah tugas yang relatif mudah dan sederhana tidak pernah masuk akal - kecuali untuk konsultan waralaba yang mengenakan biaya jumlah selangit untuk menulis manual operasi . Ini salah satu rahasia waralaba kecil bahwa konsultan tidak pernah menyebutkan atau membicarakan .
Menggunakan konsultan waralaba untuk menulis manual operasi waralaba juga membawa risiko hukum. Risiko hukum utama berasal dari termasuk topik-topik yang tidak pantas, bab dan kebijakan yang biasanya ditemukan di perusahaan yang dimiliki, manual operasi rantai. Jika dimasukkan, karena mereka sering berada dalam manual operasi waralaba, masalah kewajiban waralaba sangat signifikan muncul. Karena konsultan franchise tidak seperti pengacara franchise atau ahli lain, mereka sepenuhnya menyadari risiko ini. Mereka tidak tahu di mana peluru berasal dari dalam litigasi waralaba/franchise. Sebagai seorang ahli waralaba bersaksi dan konsultasi, saya rutin menemukan manual operasi waralaba yang disusun oleh konsultan waralaba dan do- it-yourself manual yang mengandung bab yang tidak pantas atau topik. Dan, karena mereka bergantung pada manual boilerplate digunakan untuk klien lain, di mana ( mudah-mudahan ) semua contoh burger, misalnya, dicari dan diganti dengan pajak, hasil akhirnya adalah tidak hanya berbahaya - juga sangat biasa-biasa saja. Memberikan petunjuk operasi biasa-biasa saja untuk pemilik waralaba yang telah menginvestasikan ratusan ribu (atau dalam beberapa kasus jutaan) dolar dalam model waralaba Anda jelas bukan cara terbaik untuk memulai atau memastikan hubungan waralaba halus.
The Best Practice Pendekatan Untuk Drafting Operasi Waralaba ManualSelain pendekatan mahal dan berisiko secara hukum ada yang lain, pendekatan praktek terbaik waralaba berdasarkan hampir tiga dekade menulis , mengedit dan meninjau ratusan waralaba operasi manual . Inti dari pendekatan ini juga akal sehat - membiarkan ahli benar dalam bisnis Anda menulis manual . Biasanya orang itu adalah pendiri bisnis , atau tim kecil dari personil manajemen yang tahu operasi bisnis di dalam dan luar . Sementara seorang ahli waralaba harus terlibat dalam proses tersebut , peran ahli harus terbatas pada perencanaan dan editing kapasitas.
Tiga Langkah Mudah Untuk Membuat draft SOP Operasi Waralaba Proses penyusunan dimulai dengan perencanaan dan pengembangan Daftar Isi untuk operasi manual waralaba. Ini termasuk memastikan semua bab dan topik yang sesuai yang disertakan, dan yang tidak pantas. Pengetahuan tentang manajemen waralaba praktik terbaik sangat penting di sini, dan itulah sebabnya masukan dan perencanaan ahli waralaba sangat penting. Karena kebanyakan waralaba operasi manual yang dimasukkan oleh referensi dalam perjanjian waralaba ( yang merupakan industri waralaba praktik terbaik) kontrak franchise juga terakhir. Beberapa informasi operasi - spesifik mungkin secara tidak sengaja disertakan dalam kontrak dengan pengacara , yang bukan merupakan hal yang baik . Hal ini perlu pindah atau tepat diubah .
Langkah kedua adalah memberikan orang-orang dalam perusahaan yang telah menyusun sampel tanggung jawab operasi gaya penulisan manual, panduan dan instruksi. Dengan ini, mereka dapat mulai menyusun setiap bab dari manual menggunakan pengetahuan operasional yang luas dari hari -hari , minggu ke minggu , dll aspek dari bisnis Anda .
Langkah ketiga dan terakhir adalah memiliki pakar franchise meninjau setiap bab seperti yang dirancang dan mengomentari profesionalisme dan kecukupan bab dari industri waralaba praktik terbaik dan Operator waralaba perspektif .
RingkasanPasangan pertama bab biasanya yang paling sulit untuk merancang, seperti yang Anda atau karyawan Anda belajar dan menerapkan operasi teknik penyusunan manual di bawah bimbingan seorang editor profesional. Tapi setelah itu, itu berjalan mulus melalui keseimbangan dokumen. Pendekatan ini menghasilkan profesional, mudah digunakan dan manual update operasi waralaba. Ini juga menjamin penggunaan yang paling efisien dari sumber daya dan bakat, dan menghilangkan harus membayar konsultan waralaba $ 20,000 atau lebih untuk tugas yang relatif sederhana ini. Apakah atau tidak perusahaan waralaba pada akhirnya, proses perencanaan, mendokumentasikan dan menerapkan prosedur operasi standar dan sistem melalui operasi manual, seperti blue chip waralaba dan perusahaan non - waralaba lakukan, membuat setiap perusahaan beroperasi secara lebih efisien dan kompetitif. Dalam lingkungan waralaba, memastikan operasi yang konsisten dan seragam, membantu personil dengan keahlian yang berbeda belajar untuk melakukan tugas-tugas dengan cara yang konsisten di seluruh jaringan waralaba. Akhirnya, penting untuk menyadari proses penulisan manual operasi waralaba tidak pernah berhenti . Sebagai model bisnis berkembang, sehingga harus operasi manual - alasan utama mengapa menulis panduan sendiri untuk memulai dengan membuat akal sehat dekat. Sebagai salah satu franchise eksekutif perusahaan diamati " Saya menemukan bahwa tidak hanya menulis operasi manual saya sendiri penghematan biaya , itu penting . "
copyright 2008-2009 , Kevin B. Murphy , BS , MBA , JD - semua hak cipta
Untuk informasi lebih lanjut , kunjungi website Yayasan Waralaba

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal