Thursday 18 July 2013

cara membuat SOP (Standard Operating Procedure)

Tips membuat SOP (standard operating procedure)

Belakangan ini perusahaan kita banyak membantu beberapa perusahaan/organisasi membuat standard operating procedure (SOP) termasuk diminta memberikan beberapa tips dalam membuat SOP untuk para entrepreneur muda dalam acara Wirausaha Muda Mandiri baru-baru ini.

Sebelum masuk pada tips, kami ingin menekankan fungsi penting SOP dalam sebuah organisasi:

1. SOP merupakan dokumentasi dari cara terbaik  dan termudah dalam melakukan suatu aktivitas sampai dengan hari ini.

Ada dua hal penting dalam statement diatas:

Dokumentasi dari cara terbaik: SOP merupakan kumpulan pengalaman dan pengetahuan (knowledge) dari sebuah organisasi. Tanpa SOP, organisasi dipastikan tidak akan menyimpan pengetahuan dan tidak bisa belajar dari masa lalu (no learning). Tanpa SOP, perusahaan/organisasi kita akan tergantung kepada orang, termasuk pimpinan atau pemilik perusahaan. Dengan SOP, pengetahuan bisa menjadi bagian dari sistem dan organisasi serta bisa menjadi panduan dalam training dan melakukan pekerjaan.

Proses terbaik hari ini: SOP sebagai dokumen harus selalu terupdate, dan tidak bersifat statis. SOP tidak boleh menjadi lembaran-lembaran tebal yang disimpan di library (atau di gudang). Artinya, SOP harus merupakan living document yang gampang diakses dan diupdate, namun tetap dalam cara yang terstruktur.

Nah, apakah SOP di tempat kamu bekerja sekarang gampang diakses dan diupdate? Kalau belum, berarti harus ada perbaikan. Karena artinya, SOP ditempat kamu hanya sebagai asesori aja…:)

2.  SOP merupakan alat untuk melakukan tracking, monitoring dan perbaikan.

Dengan adanya SOP, sebuah perusahaan mempunyai standar sehingga bisa melakukan evaluasi dan perbaikan. Tanpa SOP sulit bagi kita dan orang lain mengukur seberapa bagus proses kita.

Contoh:

Jika kita melakukan sebuah proses, misalnya kita petugas Kelurahan yang membuat KTP, namun kantor kita tidak punya SOP, tentunya kita tidak akan bisa menjawab jika warga bertanya berapa lama diperlukan untuk membuat KTP? Atau jika KTP selesai dalam waktu 7 hari, apakah ini termasuk proses yang baik? Kita tidak tahu karena tidak punya standar.

Bayangkan jika kita punya SOP, dan dalam standar disebutkan bahwa proses pembuatan KTP adalah 4 hari, dari sini kita tahu proses kita terlalu lama dan perlu dilakukan perbaikan, termasuk mencari dimana sumber kesalahan dalam proses.

Nah, mengingat pentingnya SOP tentu kita semua harus memastikan organisasi tempat kita bekerja punya SOP yang baik. Banyak yang menganggap membuat SOP susah dan harus tebal-tebal, padahal komponen sebuah SOP sangatlah sederhana, hanya perlu 3 hal berikut:

1. Urutan langkah-langkah dalam proses, dari awal sampai akhir.

2.  Durasi masing-masing langkah

3. Key poin dalam setiap langkah, apakah berupa parameter (seperti temperatur, warna, atau indikator tertentu) maupun alat khusus yang diperlukan untuk melakukan langkah terkait (misalnya penggorengan untuk menggoreng nasi).

Sangat mudah bukan? Sebagai gambaran sangat sederhana, ini contoh sebuah SOP dalam membuat Indomi Rebus:


Sesimpel apapun proses kita, jika selalu melakukan dan mendokumentasikan langkah-langkah dalam tiga komponen diatas, maka SOP akan sangat membantu pekerjaan kita. Jadi tidak usah berpikir SOP sebagai jilidan dokumen tebal berdebu yang dibuka setiap kali ada audit saja…

Yuk kita mulai!

Tips tambahan:

a. Cara terbaik dalam memastikan langkah-langkah SOP sudah tepat:
Mengikuti langkah-langkah dalam proses secara langsung (go to gemba)
Melakukan diskusi dengan pelaku lapangan (doer)

b. Gunakan multimedia (foto, video) untuk membuat SOP sangat visual dan gampang dicerna

Wednesday 17 July 2013

info seminar sebelum lebaran

Master Business Class

Bagi setiap orang yang telah ataupun akan melakukan bisnis tentunya mengharapkan agar bisnisnya tersebut bisa menguntungkan dan terus tumbuh secara berkesinambungan. Akan tetapi kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Tidak ada bisnis yang tidak memiliki tantangan. Sayangnya banyak pebisnis yang kurang memahami prinsip prinsip dasar untuk membangun pondasi bisnis yang kuat.

Tanpa pondasi yang kuat, akhirnya banyak pebisnis yang bingung dalam merencanakan bisnis mereka. Terlebih lagi persaingan yang terus bermunculan dan semakin lama semakin ketat. Ditambah dengan pembagian tugas yang tidak jelas didalam perusahaan mengakibatkan proses kerja menjadi tidak efesien, anda bukan business owner tapi malah menjadi business runner.

Untuk membantu anda membangun pondasi bisnis yang kuat, PT Formula Bisnis Indonesia akan kembali mengadakan acara Master Business Class (MBC), workshop 3 hari pada tanggal 25-27 juli tahun 2013 di hotel Intercontinental Jakarta MidPlaza, pukul 08.00 - 18.00 yang akan mengupas bagaimana membangun langkah-langkah untuk menjadi pebisnis sejati.

Dalam workshop selama 3 hari, ini akan dibawakan oleh :

1. Gendro Salim
    - Pendiri PT Formula Bisnis Indonesia (FBI)
    - Bisnis Owner yang sudah mendirikan lebih dari 5 perusahaan dengan jaringan nasional
    - Business Coac yang telah melakukan coaching lebih dari 10.000 jam coaching di 12 kota di Indonesia
    - Penulis 7 buku serial bisnis
    - Berpengalaman lebih dari 8.000 orang
2. Ari H. Handojo
    - Pemegang saham dan direktur PT Formula Bisnis Indonesia (FBI)
    - Pemilik bisnis yang sudah mendirikan 3 perusahaan dengan jaringan nasional
    - Trainer serta pembicara untuk perusahaan multinasional di lebih dari 9 kota di Indonesia
    - Memiliki pengalaman lebih dari 1.000 jam dalam melatih perusahaan.





Analisis laporan keuangan

Setiap pembuatan laporan keuangan tentu memiliki maksud tertentu. Salah satunya adalah sebagai bahan evaluasi orang-orang yang berkepentingan atas laporan keuangan tersebut, termasuk pihak manajemen. Atas laporan tersebut dapat memberikan arti bagi seseorang, maka perlu dilakukan analisis atas laporan keuangan tersebut. Dengan melakukan analisis maka seseorang dapat mengkaji, mengukur serta memahami berbagai hal yang disajikan dalam laporan tersebut.

Alat analisis yang digunakan dalam menganalisis laporan keuangan biasanya berupa rasio-rasio keuangan yang ada di suatu perusahaan. Dengan adanya rasio keuangan maka berbagai pertanyaan mendasar mengenai keadaan keuangan suatu perusahaan akan terjawab. Selanjutnya, dengan resiko tersebut maka seorang manajer dapat mengambil berbagai keputusan atau kebijakan untuk kepentingan masa yang akan datang.

Dengan membandingkan berbagai komponen yang ada di neraca maupun laporan laba rugi, maka seseorang dapat mengetahui rasio keuangan tersebut. Hasil analisis laporan keuangan dapat memberikan gambaran secara menyeluruh tentang kondisi, serta aktivitas perusahaan dalam periode tertentu. Dengan demikian maka pihak manajemen bisa melakukan berbagai perbaikan atas usaha yang sedang dijalankan agar kondisi keuangan secara keseluruhan dapat terus membaik di masa yang akan datang.

Ada beberapa bentuk rasio yang dapat digunakan dalam melakukan analisis laporan keuangan. Setiap rasio tentunya memiliki tujuan, manfaat serta arti tertentu yang dapat diinterpretasikan sehingga memiliki makna untuk digunakan sebagai dasar pengambil keputusan.

analisa laporan keuangan

Sebenarnya membuat laporan keuangan tidaklah sesusah yang dibayangkan kebanyakan para wirausaha sulit untuk membuat laporan keuangan. Namun banyak wirausaha muda yang enggan membuat laporan keuanagan secara baik dan benar. Bahkan menganggap sepele laporan keuangan. Akhirnya banyak juga yang membuat keputusan yang salah dalam hubungan dengan laporan keaungan. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh wirausahawan muda antara lain :

1. Tidak membuat laporan keuangan secara akurat.
2. Investasi yang berlebihan.
3. Menarik keuntungan semaunya.
4. Terlalu optimis dan tidak memperhitungkan resiko kegagalan.
5. Mencampuradukkan asset usaha dan pribadi.
6. Menggunakan kartu kredit untuk pembiayaan usaha.
7. Kurang kontrol kondisi keuangan.
8. Takut melangkah karena laporan keuangan.

wirausaha sukses (karakter wirausaha)

Ada beberapa karakter yang seharusnya dimiliki oleh seorang yang berkeinginan untuk menjadi wirausaha
1. Selalu memiliki tujuan yang jelas (visioner)
2. Berorientasi pada tindakan (action oriented)
3. Selalu optimis dan penuh keyakinan (optimism)
4. Berfikir kreatif (creative thinking)
5. Memiliki tata nilai yang baik (good manner)
6. Memiliki kepemimpinan yang kuat (leadership skill)
7. Berani melakukan perubahan (courageous to change)
8. Memiliki mata rantai yang luas (supplay chain)
9. Berorientasi pada perkembangan teknologi (technological development oriented)
10.Memahami manajemen moderen dengan baik (modern management understanding)

Tuesday 16 July 2013

Info seminar bulan Oktober dan November 2013

Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami untuk memberikan informasi mengenai PT. Formula Bisnis Indonesia (FBI), didirikan sebagai bentuk kepedulian untuk turut serta membangun citra bangsa yang adiluhung, serta sebagai wujud nyata peran serta kami dalam melakukan eksplorasi potensi sumberdaya untuk terciptanya keadaan yang lebih baik dalam perikehidupan bangsa yang beradab.
FBI memfokuskan diri pada eksplorasi potensi sumber daya manusia (human development) dan pelatihan bisnis (business coaching) bagi para pelaku bisnis, dengan menggunakan metodologi dan teknik-teknik NLP (Neuro Linguistic Programming).
Para Coach FBI telah memberikan seminar, training / workshop maupun business coaching pada lebih dari 300 perusahaan di Indonesia, antara lain : PT. Telekomunikasi Indonesia, PT. Bank Mandiri (Program Wirausaha Mandiri - Perwira Mandiri 2010), Hewlett-packard Indonesia, Novus Puncak (Hotel dan Resort), Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI), PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir-JNE, Maspion Industrial Estate, Nawilis Motor (Outomotive Services), UD Berkah, Pru Gemilang (Insurance), PT. Pharos Indonesia (Pharmaceutical) dan lain-lain

Layanan FBI antara lain Business Coaching, In House Training, Workshop / Seminar, Professional Coach Training (PCT), Business Coach Training (BCT), dan lain-lain

Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami untuk memberikan informasi mengenai rencana penyelenggaran workshop Professional Coach Training (sebelumnya dinamakan Executive Coach Training - ECT) dan Business Coach Training (sebelumnya dinamakan NLP Business Coach - NBC) dengan keterangan sebagai berikut:

Professional Coach Training (PCT)

PCT adalah program pelatihan bagi para Business Owners (Pengusaha), eksekutif atau bagi orang-orang yang berada pada jajaran Top Level di perusahaan/bisnis. Tujuannya adalah menjadikan mereka sebagai GOOD Manager, GOOD Leader sekaligus menjadi Internal Coach .
· Durasi 4 hari 3 malam,
· Customized Gala Dinner,
· Workbook,
· Certificate of Completion.

Waktu pelaksanaan : Tanggal 31 Oktober 2013 ,01,02, 03 November 2013 (Hari Kamis-Minggu)
Tempat : Hotel Mason Pine, Bandung
Jl. Raya Parahyangan Km. 1,8 Kota Baru Parahyangan, Bandung 40553 Indonesia


Paket Investasi :
Normal Rp 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah), EarlyBird 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah)
*) Termasuk biaya penginapan selama 3 hari 4 malam
**) Tidak termasuk biaya transportasi
***) Tidak termasuk segala macam bentuk pajak yang berlaku

Business Coach Training (BCT)
Program ini dirancang khusus untuk mencetak para Business Coach sekaligus Praktisi NLP yang kompeten dan profesional. Segmentasi program ini adalah para Business Owner ataupun Praktisi Bisnis, (General) Manager, maupun Profesional yang ’terpanggil’ untuk membantu banyak orang dengan menjadi Business Coach (pelatih bisnis). Peserta yang dapat mengikuti Workshop Business Coach Training (BCT) adalah peserta yang telah selesai mengikuti Professional Coach Training (PCT) yang diselenggarakan oleh PT. Formula Bisnis Indonesia.
· Durasi 4 hari 3 malam,
· Customized Gala Dinner,
· Aktifitas Outbond,
· Workbook,
· Certificate of Completion.
Waktu pelaksanaan : 21, 22, 23, 24 November 2013 (Hari Kamis-Minggu)
Tempat : Hotel Mason Pine, Bandung
Jl. Raya Parahyangan Km. 1,8 Kota Baru Parahyangan, Bandung 40553 Indonesia


Paket Investasi :
Normal Rp 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah), EarlyBird 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah)
*) Termasuk biaya penginapan selama 3 hari 4 malam
**) Tidak termasuk biaya transportasi
***) Tidak termasuk segala macam bentuk pajak yang berlaku

Bagi para peserta yang mendaftarkan diri dan melakukan pembayaran (H-14) untuk mengikuti kedua program tersebut secara sekaligus akan kami berikan paket investasi khusus:

Rp 23.100.000 (Dua Puluh Tiga Juta Seratus Ribu Rupiah)
Untuk harga normal Rp 40.000.000 (Empat Puluh Juta Rupiah)

Total Saving Rp 16.900.000 (Enam Belas Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah)

*) Termasuk biaya penginapan selama 6 hari 8 malam
**) Tidak termasuk biaya transportasi
***) Tidak termasuk segala macam bentuk pajak yang berlaku

Berikut kami lampirkan beberapa informasi mengenai kedua program tersebut di atas dan apabila ada hal-hal yang masih kurang dimengerti mohon agar kiranya dapat menghubungi kami di nomor telephone 021 583 583 33 atau dengan Bpk Anto di nomor telephone 085380880899

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Anto
Marketing Departemen
PT. FORMULA BISNIS INDONESIA
Komplek Grand Puri Niaga Blok K6-3L,
Jl. Puri Kencana,Jakarta 11610
M : +62 815 860 73 850
www.formulabisnisindonesia.com

Wirausaha Sukses

WIRAUSAHA SUKSES =   Hobi + Passion + goal + cita-cita
                                    

Hobi =
Sesuatu yang disenangi dan waktu terasa kurang apabila kita melakukan itu, dilakukan terus menerus.
Hobi : Membaca, menulis, sepak bola
Passion =
Passion adalah sesuatu yg dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia
Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi.
Passion adalah ketika kita melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal yang lain.
passion adalah sesuatu yang sangat kita sukai, sesuatu yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa kita merasa capek.Seseorang yang memiliki passion akan terus menerus memikirkan, built-in dalam dirinya, untuk mewujudkan sesuatu, dan ia tidak pernah akan berhenti sebelum sesuatu itu terjadi.
Misal Passion  : Menjadi dokter karena passion jadi tidak dibayar tidak masalah, passion jadi musisi sangat menyenangkan bila bermusik

Goal = 

Sesuatu yang ingin dicapai, dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka waktu yang lama.
Misal : Punya mobil alphard, rumah dengan harga 1 milyar,

Cita-cita =

Harapan yang ingin dicapai dari cita-cita itu sendiri.

Misal : Punya rumah satu milyar agar hidupnya nyaman, sejahtera.

Friday 12 July 2013

Wirausaha Sukses (Takut gagal = takut sukses)

Orang takut gagal sering kita dengar, tapi orang takut sukses, mungkin agak aneh. Tapi itulah kenyataanya. Takut gagal dan takut sukses sama-sama berdampak negative bagi perilaku seseorang, dan bisa mempengaruhi langkah usahanya.

Takut gagal dan takut sukses mungkin tipis perbedaannya. Takut gagal didorong kekhawatiran, sedangkan takut sukses didorong oleh rasa terlena dengan comfortzona, kerja dan usaha dia lakukan sekedarnya saja. Namun keduanya sama-sama membuat orang jadi sulit atau enggan melangkah. Takut gagal dan sukses adalah momok yang sering menjadi hantu yang berkepanjangan dalam hidup. Untuk itu kita harus atasi.

Untuk mengetahui apakah kita termasuk orang yang takut gagal atau takut sukses, kita perlu tanyakan kepada diri sendir. Apakah kita sudah menemukan apa yang ingin kita capai dalam hidup ini. Banyak orang yang melewati hari-harinya hanya dengan rutinitas, tanpa tahu akan berakhir dimana. Apa gambaran besar atau mimpi besar dalam hidup ini? gambaran/ mimpi besar itu ibarat sebuat puzzle yang harus kita selesaikan. Untuk itu kita perlu kepingan-kepingan puzzle, baik yang kecil maupun yang besar. Kepingan-kepingan itu kelak akan membentuk sebuah bentuk yang sempurna.

Orang yang takut gagal lebih banyak dari orang yang takut mati. Ini merupakan sebuah kalimat untuk menggambarkan bahwa takut gagal terkait dengan ketidakmampuan untuk memenuhi harapan-harapannya lagi, atau putus asa. Namun orang yang takut gagal belum tentu bodoh, ia hanya menghindari yang ia takutkan, pikirannya sudah disabotase perasannya.

Bentuk puzzle itu bisa kita temukan dengan sebuah perenungan. Namun ingat, hidup ini adalah pilihan. Kita bisa memilih untuk menjalankan sesuatu yang sesuai dengan passion kita. Dengan demikian kita akan menjalankan dengan happy.

Jangan berhenti, sehingga tidak melakukan apa-apa. Kalau kita berhenti itu artinya kita sedang berjalan menuju "kematian" (Kematian Pemikiran).

Carilah kepingan puzzle yang belum sempurna. Hal itu merupakan alat untuk mecapai tujuan. Mulailah dengan melakukan hal-hal kecil. Evaluasi, dan laukukan kembali jangan berhenti jika ada tantangan, karena itu berarti kita ada di jalan yang benar.

Jangan dengarkan suara-suara negatif yang muncul didala pikiran. Dengarkan suara yang positif. Lakukan self talk kepada diri sendiri setiap hari. Katakan tentang hal-hal yang positif. Hal itu akan menimbulkan rasa positif dan kepercayaan diri.

Wirausaha Sukses (Keuntungan Menjadi Seorang Pengusaha)

Apa Keuntungan wirausahawan? Jadi, wirausahawan adalah sebuah permainan, dimana kita harus tahu betul  aturan main, lalu menjalankan usaha secara cerdik, dan akhirnya menikmatikeuntungan. Beberapa peluang sebagai keuntungan yang memberikan dorongan kuat seseorang untuk berwirausaha adalah sebagai berikut :

1. Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki.

Kebebasan adalah sesuatu yang bernilai bagi seseorang. Wirausaha memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk menentukan tujuannya sendiri.

2. Mempunyai kesempatan untuk menunjukkan kemauan dan potensi diri secara penuh.

Banyak orang menyadari bahwa menjadi pekerja itu terkadang sangat membosankan, tidak menantang, dan sangat tidak menarik. Namun, bagi wirausaha sukses hal tersebut tidak berlaku, bahkan bekerja dan bermain hampir tidak ada bedanya, sangat menyenangkan.

3. Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal.

Menjadi wirausaha sukses akan memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri keuntungan atas investasinya. Meskipun uang bukan segalanya, laba dari usahanya merupakan faktor penting untuk memotivasi diri dalam mengembangkan usaha baru.

4. Terbukanya kesempatan untuk melakukan perubahan.

Menjadi karyawan tidak bebas dalam melakukan perubahan. Setiap perubahan haus atas persetujuan pemimpin dan pemilik. Apabila kita menjadi pengusaha, maka kita mempunyai kebebasan untuk mengubah kondisi perusahaan sesuai dengan keinginan kita yang sudah dipikirkan dengan sangat matang dan resiko yang diperhitungkan dengan cermat.

5. Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam menciptakan kesempatan kerja.

Dengan mendirikan sebuah usaha, berarti wirausahawan memberikan manfaat pada masyarakt untuk mendapatkan kesempatan kerja dan membantu masyarakat dalam mendapatkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

6. Terbukanya peluang untuk berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha mereka.

Biasanya para pengusaha, dari yang masih kecil sekalipun sering kali mendapatkan peran strategis dalam kehidupan sosial kemasyarakatan di lingkungannya, mereka dihormati, dipercaya, bahkan meraka sangat dihargai karena hasil usaha mereka yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat atau lingkungannya.


Info tip wirausaha dari Info Puri

Thursday 11 July 2013

Buku Motivasi (Leadership with NLP)


LEADERSHIP WITH NLP (NEURO-LINGUSTIC PROGRAMMING)MENJADI PEMIMPIN YANG EFEKTIF


Jim Rohn pernah berkata, "Tantangan dan kepemimpinan adalah menjadi kuat tapi tidak kasar, baik tapi tidak lembek, berani tapi tidak menggertak, penuh pertimbangan tapi tidak malas, rendah hati tapi tidak takut, bangga tapi tidak sombong, punya rasa humor tapi bukannya konyol". Apa filososi dari leadership? Bagaimana mengkondisikan diri Anda sebagai seseorang Pemimpin? Apakah Anda punya model kepemimpinan disekitar Anda? Apa saja karakter dari seseorang Pemimpin ideal? Menurut John C. Maxwell, leadership adalah tentang pengaruh.

Yakni keterampilan seseorang dalam membangun dan menanamkan pengaruh, sehingga orang lain dapat setuju dengan gagasannya, kemudian menerimanya dan bersedia melakukan tindakan nyata. Pada kesempatan ini saya akan mengupas leadership dengan metodologi dan teknik-teknik NLP (Neuro-Linguistic Programming). Apa saja faktor-faktor yang terkait dengan NLP untuk mengeksplorasi dan memberdayakan kemampuan Leadership, dan bagaimana mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pribadi, organisasi, perusahaan maupun pekerjaan anda.
 
Ketika kita bicara leadership maka kita juga akan bicara tentang tanggung jawab yang akan diambil sebanding dengan seberapa besar pengaruh yang anda inginkan, seberapa kuat pondasi yang anda miliki serta totalitas anda dalam menjalani prosesnya.

Leadership adalah sebuah ketrampilan dan keahlian (skill) memimpin. Sebagai sebuah keahlian, ia bisa dipelajari dan dilatih. Seperti halnya ketika kita ingin menjadi pemain sepakbola. Berangkat dari ketidakbisaan, kita bisa menjadi pemain sepakbola yang handal jika bersedia menjalani proses pembelajaran secara terus menerus dengan penuh semangat. SELAMAT MENIKMATI.

Pengarang : GENDRO SALIM

Telah menjadi pratisi NLP dan Hypnotherapi selama 12 tahun. Selain kesibukan memimpin ketiga perusahaannya, saat ini Gendro aktif membantu individu-individu untuk mencapai tujuan pribadi dan bisnis mereka. Bidang kerja individu yang telah dibantu meliputi berbagai sektor, dari perbankan sampai hiburan.

Buku Motivasi (Neuro Coaching)


Bilamana semua teknik sudah dilakukan untuk memajukan perusahaan anda, belum mendapatkan hasil maksimal, buku ini akan melengkapi wawasan anda tentang apa itu Coaching. Dan bagaimana teknik ini akan menjadi sebuah seni dalam memaksimalkan usaha anda sebagai pemilik usaha, pemimpin, manager, sales dan profesi lainnya.

Anda juga akan dapat membedakan teknik lainnya mentoring, consulting, training, terapi, managing, yang tentunya akan menjadi lebih efektif, bilamana dipakai dalam kondisi yang berbeda satu sama lainnya.

Temukan 5 langkah dalam memberikan coaching dengan cara sederhana yang tidak akan anda dapatkan dalam buku coaching lainnya. Lima langkah ini yang membuat coaching begitu mudah dan efektif, sehingga dapat dirasakan oleh coachee.

"Sukses adalah sebuah perjalanan". Bilamana Jhon Maxwell mengatakan hal tersebut, maka kiranya saya percaya, kalau keberhasilan anda sebagai coach ditentukan oleh perjalanan anda. Semakin banyak anda mempraktekkan apa itu coaching, maka kesuksesan anda akan semakin cepat. Keberhasilan anda tidak tidak ditentukan seberapa banyak anda mengetahui teori-teori coaching. Lebih baik, anda tahu sedikit dan sering mempraktekkannya.

enulis : Gendro Salim (klik untuk profile lebih jelas)
Praktisi NLP dan Hipnoterapi selama 14 tahun. Ia juga pernah mengisi talk show radio dan TV di Smart FM, PAS FM, Cakrawala FM and Heart Line FM, TVRI dan Qtv. selain Sibuk memimpin tiga perusahaannnya, saat ini Gendro salim aktif membantu individu-individu untuk mencapai tujuan pribadi dan bisnis mereka, meliputi berbagai sektor, seperti garmen, fitness center, retail, sekolah, manufacture tekstil, sumber daya manusi, public relations, arsitektur, kargo, properti, restoran, otomotif, asuransi, dan banyak lagi.

Monday 8 July 2013

Wirausaha Sukses (Dengan mengadakan pengajuan kredit)

Khusus pengajuan kredit, maka seseorang harus memperhatikan berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan kredit tersebut baik secara perorangan maupun badan hukum. Beberapa syarat pengajuan kredit perseorangan antara lain :
  1. Foto copy identitas diri (KTP, SIM dan Pasport),
  2. Foto copy akte nikah (bagi yang sudah menikah),
  3. Foto copy kartu keluarta,
  4. Foto copy rekening koran/rekening giro atau foto copy buku tabungan di bank manapun antara 3 hingga 6 bulan terakhir
  5. Foto copy slip gaji dan surat keterangan bekerja dari perusahaan, serta
  6. Foto copy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) pribadi
Sedangkan untuk pengajuan kredit oleh badan hukum, beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah :
1. Foto Copy  identitas diri dari para pengurus perusahaan (direktur dan komisaris)
2. Foto Copy NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
3. Foto Copy SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)
4. Foto Copy Akte Pendirian Perusahaan dari Notaris
5. Foto Copy TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
6. Foto Copy Rekening Koran atau Giro atau buku tabungan di bank manapun selama 6 hingga 3 bulan terakhir serta
7. Data keuangan lainnya, seperti neraca keuangan, laporan rugi laba, catatan penjualan dan pembelian harian, dan data pembukuan lainnya.

Hal lain yang harus diperhatikan jika seseorang akan mengajukan surat pinjaman kredit ke bank adalah point penting yang harus tertera dalam surat tersebut, meliputi :

1. Tanggal kredit tersebut diajukan
2. Mencantumkan perihal surat
3. Tujuan Surat
4. Identitas si pemilik usaha
5. Tujuan pengajuan kredit usaha tersebut
6. Dampak positif dengan adanya tambahan modal tersebut
7. Jumlah kredit yang dibutuhkan
8. Kemampuan mengangsur pinjaman baik pokok maupun bunganya
9. Mengetahui skim kredit yang ada
10. Siap di survey, serta
11. Ucapan terima kasih dan besarnya harapan untuk bisa disetujuinya permohonan pinjaman kredit tersebut.

Wirausaha Sukses (modal yang digunakan untuk pengadaan peralatan)

Modal yang digunakan untuk pengadaan peralatan juga dapat digantikan dengan beberapa alternatif seperti :
(1) Pemanfaatan peralatan yang sudah ada,
(2) Mencari Bantuan
(3) Kerjasama dengan pihak lain,
(4) Meminjam peralatan milik orang lain,
(5) Menyewa peralatan yang ada dan
(6) Menyewa investor pengadaan barang.

Sedangkan modal untuk keperluan pengadaan bahan baku juga dapat digantikan dengan cara :
(1) Pengalihan biaya kebutuhan sehari-hari,
(2) Sistem Kasbon,
(3) Kemitraan,
(4) Menyediakan bahan baku sendiri, serta
(5) Pemanfaatan "limbah" sebagai bahan baku.

Disamping itu kebutuhan modal untuk pengembangan produk juga dapat digantikan dengan alternatif lain, seperti:
(1) Bekerja sambil belajar terlebih dahulu
(2) Tidak perlu melakukan uji coba terlebih dahulu,
(3) Pengalihan kesenangan (hobby), dan
(4) Pemanfaatan "limbah" untuk uji coba.

Terkadang seseorang tetap tidak bisa membuka usahanya tanpa adanya modal, terutama untuk usaha yang berskala besar. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan modal, diantaranya:
(1) Dana tunai mandiri,
(2) Menjual Aset,
(3) Memanfaatkan jasa pegadaian,
(4) Mencari pinjaman modal usaha,
(5) Dana Hibah, dan
(6) Program Kemitraan.

wirausaha sukses (Mengatasi Permodalan dan Pembiayaan Usaha)

Modal merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam membuka sebuah usaha. Tanpa modal, maka usaha tidak mungkin untuk dimulai. Modal itu sendiri biasanya digunakan untuk:
(1) Sewa lokasi usaha,
(2) Pengadaan peralatan (equipment) usaha,
(3) Biaya pembelian bahan baku, dan
(4) Keperluan uji coba (trial) produk.

Namun demikian, sebenarnya keberadaan modal tersebut dapat digantikan dengan berbagai alternatif sehingga tanpa modal, seseorang tetap dapat membuka usahanya. Modal usaha untuk kebutuhan sewa lokasi dapat digantikan dengan cara
(1) Meniadakan lokasi sebagai tempat usaha,
(2) Mencari Lokasi yang tidak perlu mengeluarkan biaya (gratis),
(3) Menggunakan sistem bagi hasil (konsinyasi),
(4) Membayar dengan cara cicilan,
(5) Menukar (barter) biaya lokasi dengan hal lain,
(6) sisstem Sewa dengan bayar belakang

Sunday 7 July 2013

bisnis (karena musim)

Suatu bisnis bisa dilakukan karena suatu keadaan dimana suatu saat banyak yang membutuhkan jasa/ produk itu karena memang kondisi  banyak orang membutuhkannya, misal sekarang musim menjelang puasa orang cenderumg akan mencari jasa atau produk yang berkaitan dengan musim yang sekarang banyak orang butuhkan, musim menjelang buasa bisa aja menjadi tepat untuk memulai sebuah bisnis, banyak orang membutuhkannya, misal untuk belanja menjelang buka puasa atau mukena untuk ibadah tarawih, pelajarilah perilaku orang disekitar anda kebiasaan menjelang sebelum mereka melakukan ibadah puasa, cari bisnis yang terjangkau karena hal itu akan sangat membantu anda dalam menentukan bisnis yang tepat untuk dilakukan sebelum ibadah puasa dilakukan.

Suatu bisnis bisa dimulai karena kondisi alam, misal ; musim hujan kita bisa menjual bisnis yang berkaitan dengan musim hujan, misal jas hujan. Bisnis karena kondisi ekonomi karena kenaikan BBM, ini juga bisa jadi literatur untuk membuat transportasi tanpa menggunakan BBM, misal angkot dengan tenaga listrik/surya.

Friday 5 July 2013

Info seminar Bisnis Coaching (Coaching for Manager)


Seringkali istilah coaching terdengar di berbagai bidang usaha saat ini. Namun tidak sedikit yang masih awam untuk mengetahui apa sebenarnya coaching dan implementasinya dalam perusahaan.
Bottom of Form
Anda dapat merencanakan suatu tugas kepada tim anda dan percaya bahwa mereka dapat melakukannya, tetapi ketika anda memeriksa hasil pekerjaan mereka hasil yang terjadi diluar harapan semua pihak.
Apakah anda belum mengetahui bagaimana coaching dapat diimplementasikan dalam pekerjaan anda?
Apakah anda sudah pernah belajar mengenai coaching, namn bingung dalam mengimplementasikannya?
Apakah anda memiliki masalah yang seringkali berulang dalam pekerjaan sehari-sehari dan belum menenukan solusinya?
Bila anda menjawab YA pada salah satu pertanyaan di atas, maka training/workshop ini akan SANGAT membantu anda.

Apakah coaching dapat membantu anda?
Tentu saja anda dapat mengatakan kepada tim mengenai apa yang harus dilakukan; anda dapat dengan mudah menjelaskan sama seperti bila anda mengerjakannya. Tetapi coaching membuat anda untuk berdiri di belakang dan membuat tim anda untuk berpikir sendiri; melakukan terbaik dengan kemampuan terbaik yang mereka miliki karena itulah yang mereka pikirkan dan implementasikan.
Hal ini bukan berarti bahwa  anda tidak mengawasi pekerjaan tersebut, tidak berarti bahwa anda bebas dari tanggung jawab. Namun ini berarti bahwa anda memiliki sebuah tim yang melakukan terbaik yang mereka bisa karena mereka percaya dengan apa yang mereka kerjakan.
Di dalam dunia modern dimana sekian lama uang menjadi motivasi utama, dengan mengambil pendekatan coaching dalam manajemen anda berarti menciptakan sebuah tim yang tidak hanya melihat ke depan, tetapi juga melihat ke arah yang sama.
Dalam training ini, kami akan memberikan metode-metode praktis dalam menjalankan coaching bagi manager kepada anak buahnya. Dipadukan dengan role play, membuat training ini akan lebih mendalam dan mudah dipahami oleh peserta.

Siapa yang harus hadir
  • Para manager dengan latar belakang apapun yang merasa perlu pemahaman coaching
  • Para manager yang ingin mengembangkan potensi timnya
  • Para direktur dan pemilik perusahaan yang menginginkan perkembangan yang lebih baik untuk perusahaannya

Materi
  • Pengertian coaching
  • Jenis coaching
  • Perbedaan coaching dengan pendekatan lain
  • Coaching competency
  • 3 alat komunikasi
  • GROW model
  • Coaching tools
  • Coaching in organization
  • Sukses merubah organisasi
  • Role-play

Thursday 4 July 2013

Cara Memulai Bisnis ( Bersahabatlah dengan Pesaing)

Dalam menjalankan usaha, cara praktis yang bisa dilakukan adalah mencari pesaing yang banyak.
Persaingan membuat kita banyak belajar dengan usaha sejenis. Bersaing sekaligus bersahabat akan memacu motivasi dan kreatifitas.

Sebagus apapun produk yang kita hasilkan, jika tidak laku dipasaran maka tidak ada artinya bagi usaha kita. Ada hal yang mestinya kita pahami, bahwa pemilihan produk tidak selamanya dilihat dari belum banyaknya produk pesaing, tetapi juga sangat bergantung kepada minat pasar untuk menerima produk tersebut. Ide-ide bagus belum tentu menjadi kenyataan yang bagus, tetapi sering kali lebih baik menjual produk yang sederhana tetapi dengan cara yang tepat.

Ada seseorang yang yang ingin mencoba memasarkan suatu produk baru yang penuh dengan inovasi. Ia mencoba menjelaskan bahwa produk ini benar-benar belum ada pesaingnya, sehingga berharap pasarnya pasti akan bagus. Tetapi sebenarnya tidak sederhana, karena tentunya dibutuhkan energi ekstra untuk meyakinkan calon konsumen untuk benar-benar membeli produknya. Mungkin akan lebih baik memilih produk yang umumnya dibutuhkan oleh masyarakat banyak, bukan sekedar mengenal, mencoba dan setelah itu tidak mau lagi.

Ketika kita akan memasarkan aneka kue, lokasi mana yang akan kita pilih, apakah Pasar kue Subuh senen, atau Pasar Tanah Abang. Bisa dipastikan akan memilih pasar Kue subuh. Kenapa? bukannya di sana banyak sekali pesaingnya, sedangkan di Tanah Abang belum tentu banyak pesaing? Jawabannya sederhana. Ternyata di Pasar Senen jumlah pembelinya sangat banyak, karena tanpa disadari pembeli memang sudah diarahkan ke pusat-pusat perdagangan tertentu.

Kasus diatas, menyadarkan kita bahwa berjualan di tempat yang belum ada pesaingnya mungkin malah tidak laku, tetapi bisa jadi malah harus mencari tempat usaha yang banyak pesaingnya karena pada umumnya disanalah pembeli sangat banyak.

Ada keuntungan lain dari mencari tempat yang banyak pesaingnya, yaitu kita justru bisa bekerjasama dengan para pesaing. Di Lokasi berkumpulnya pedagang makanan, jika satu warung tiba-tiba kedatangan banyak tamu, sementara persediaan makanan tidak mencukupi, maka warung tersebut akan pinjam ke warung pesaingnya yang tidak jauh lokasinya. Dengan demikian, kita harus berhubungan baik dengan mereka. Biasanya diantara mereka yang bersaing sekaligus bekerjasama, usaha mereka akan sama-sama maju sebaliknya jika mereka jarang bergaul dengan pesaing malah akan dikucilkan.

Dalam menjalankan usaha, cara praktis yang bisa dilakukan adalah mencari pesaing yang banyak. Persaingan membuat kita belajar dengan usaha sejenis. Bersaing sekaligus bersahabat akan memacu motivasi dan kreatifitas.

Wednesday 3 July 2013

cara memulai bisnis (Banyak Bergaul)

Sikap supel dan mudah bergaul, merupakan salah satu modal penting untuk menjadi pengusaha sukses.
Semakin banyak teman bergaul, makin terbuka kesempatan untuk membangun relasi. Tapi, tentu saja, kita harus lebih selektif dalam mengenali kawan mana yang kira-kira berpeluang untuk diajak kerja sama dalam bisnis.

cara memulai bisnis (Persahabatan yang tulus)

Relasi bisnis yang baik, kadang kala terbentuk dari sebuah persahabatan yang akrab. Untuk itu berkawanlah dengan siapa saja tanpa pandang bulu.

Jangan buru-buru untuk membicarakan masalah bisnis, dengan orang yang baru saja anda kenal. Mungkin saja orang tersebut malah jadi berfikir bahwa anda hanya mau "memanfaatkan"dia.

Tawarkan persahabatan yang tulus terlebih dahulu. Jika mereka menganggap anda orang yang berkompeten dan merupakan sahabat yang baik, peluang kerjasama bisnis itu bakal muncul dengan sendirinya.

cara memulai bisnis (Miliki kartu Nama)

Kartu nama merupakan alat untuk menjalin relasi yang cukup efektif, tapi murah. Kenalan baru yang menerima kartu nama kita, akan lebih mudah mengingat kita dan menghubungi kita dan menghubungi kita. Jika kelak membutuhkan pelayanan bisnis kita. Pastikan nama, alamat dan kontak (nomor telepon) kita tercantum dengan jelas.

Cara Memulai Bisnis (Percaya Diri yang Kuat)

Kendati hanya mengelola usaha skala kecil, tidak ada alasan bagi kita untuk minder ketika berhadapan dengan pihak lain, misalnya pejabat atau manajemen perusahaan besar.

Jika punya keterampilan untuk membuat produk yang berkualitas, dan mampu bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan mereka, yakinlah bahwa kita merupakan pilihan terbaik bagi mereka. Jika kita mampu menunjukkan sikap percaya diri (bukan sombong), niscaya mereka akan lebih menghargai kita dan bersedia menjailin hubungan yang lebih dekat dengan kita.

cara memulai bisnis (Strategi Membangun Relasi)

Untuk menunjang pemasaran, mutlak di perlukan jaringan relasi yang luas. Inilah langkah awal yang penting dilakukan :

Sebagai pengusaha, keterampilan membuat produk yang berkualitas, kadang tidak cukup. Dibutuhkan keterampilan lain, yaitu memasarkan produk tersebut dengan baik. Bahkan, dalam prakteknya, keterampilan memasarkan ini seringkali terasa jauh lebih penting.

Salah satu langkah awal yang sangat strategis untuk dilakukan dalam rangka pemasaran, adalah membangun relasi yang luas dan kuat. Terlebih jika kita membidik pasar khusus. Misalnya, menjadi rekanan sebuah perusahaan atau instansi, sebagai pemasok kebutuhan konsumsi pegawainya. Berikut ini, empat hal sederhana yang bisa kita pertimbangkan untuk membangun relasi.

1. Percaya Diri yang kuat.
2. Banyak Bergaul
3. Miliki Kartu Nama
4. Persahabatan yang tulus

cara memulai bisnis (menjalankan usaha jangan mudah tergoda)

Menjalankan sebuah usaha, bukan hanya membutuhkan modal dan keterampilan saja, tetapi juga ketekunan dan kesabaran. Jangan mudah tergoda untuk berganti-ganti bidang usaha.

Seorang ayah yang jago merburu , ingin mewariskan kepiawaiannya pada sang anak. Suatu hari, dia mengajak anaknya ke hutan, untuk berburu rusa. Setelah memberikan pengarahan soal teknik membidik rusa dengan tepat, lantas si anak dibiarkan mencari rusa buruannya sendiri.

Si anaknya pun bergerak, dengan mata dan telinga yang siaga. Nyaris tida ada satupun gerakan dan suara disekitarnya, yang luput. Tiba-tiba dia terkesiap karena melihat seekor rusa yang sedang berjalan pelan. Dengan sigap, si anak pun mengokang senjanyanya. Lama dia berkonsentrasi membidik ke arah rusa, untuk mendapatkan posisi yang pas. Tapi, Konsentrasinya terpecah karena dia melihat ada rusa lain, yang ukurannya lebih besar. Dia berfikir, ayahnya akan lebih bangga lagi jika dirinya berhasil mendapatkan rusa besar.

Lantas, laras senapan pun dialihkan untuk membidik rusa besar itu. Tapi, rupanya gerakan sang pemburu pemula itu tercium indra rusa yang memang sangat tajam. Dalam sekejap mata, kedua rusa itu pun lari ke semak-semak hingga tidak kelihatan lagi. Si anak yang belum sempat menarik pelatuk senapan, cuma terbengong.

Kepada ayahnya yang baru saja datang menghampiri, dia bercerita dengan penuh kesal, karena tidak mendapatkan rusa besar.

Dengan nada bijak, sang Ayah pun berkata: "Nak, seandainya kamu tetap mengarahkan senapan pada rusa pertama, mungkin kau sudah berhasil mendapatkannya. Meskipun rusa itu kecil. Tapi, sayang, engkau malah tergoda untuk mengalihkan bidikan pada rusa yang lebih besar. Sekarang, kau tidak mendapatkan saru rusa pun."

Ilustrasi di atas menggambarkan bahwa dalam dunia usaha kecil menengah, kita sering melihat pengusaha yang mudah tergoda untuk berganti-ganti bidang usaha. Terlebih pengusaha pemula. Belum apa-apa, dia sudah merasa pesimis dengan usaha yang sedang ditekuninya, dan enteng saja berpindah pada bidang usaha lain, yang menurutnya tampak lebih menguntungkan.

Padahal, dalam bisnis, unsur ketekunan dan fokus pada satu bidang usaha sangat penting. Sebab, hanya dengan cara itulah, si pengusaha bisa mengetahui betul seluk-seluk bidang usaha, mulai dari soal yang bersifat teknis sampai strategi baik berupa tantangan maupun potensinya.
Mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai sukses, mungkin  tidak. Tapi, sejatinya, memang tidak ada jalan tol untuk mencapai sukses. Semuanya perlu proses, ketekunan dan kerja keras.

Sebaiknya pertimbangan hal berikut dalam menjalankan usaha :
1. Jangan mudah tergoda untuk ikut-ikutan usaha yang tampak sedang ngetren.
2. Kenali karakter bidang usaha yang akan dipilih, sesuaikan dengan karakter Anda.
3. "Lihat, apakah anda benar-benar menyukai usaha tersebut"
4. Pertimbangkan, apakah anda mampu menjalankan usaha tersebut.
5. Perhitungkan, berapa pengembalian modalyang akan anda dapatkan,sekaligus risiko yang mungkin anda tangggung

cara memulai bisnis (bagaimana bisnis bisa menjadi besar)

Banyak perusahaan makanan menjadi besar dan mereka dengan atraktif membuka outlet di Indonesia yang wah ! Bagaimana mereka bisa besar ? inilah antara lain yang mereka lakukan :


  1. Memiliki ciri khas rasa yang tidak ada di tempat lain, dan mampu mempertahankannya.
  2. Mampu menciptakan beragam produk dengan ciri khas rasa yang bervariasi tapi tetap kena lidah konsumen.
  3. Berani membuka outlet yang besar yang didesain menjadi tempat yang nyaman dan sehat.
  4. Berani membuka cabang di tempat-tempat strategis dan kota-kota besar.
  5. Buka dan tutup outlet tepat waktu dan tidak ada istilah hari libur, sekalipun hari besar.
  6. Memelihara loyalitas pelanggan dengan harga yang kompetitif dan pelayanan kepada pembeli menjadi salah satu prioritas.
  7. Memiliki akses perbankkan dan mampu menjalankan manajemen keuangan yang tertib dengan membuat laporan keuangan bulanan secara rutin serta diaudit oleh akuntan publik.
  8. Melakukan evaluasi dan koreksi terhadap usahanya.
  9. Menjadikan karyawan sebagai aset usaha.
  10. Memiliki jaringan pasar yang luas dan mampu membangun jaringan kemitraan dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan usahanya.



info seminar bisnis (cara membangun bisnis)



Seminar akan membahas bagaimana membangun bisnis yang komersil, menguntungkan dan memiliki system dan bisa berjalan tanpa pemiliknya harus terlibat sehari-hari.

yang akan dipelajari dalam seminar ini :
1. 6 langkah kritis yang harus dilewati bisnis yang ingin berjalan langgeng dan sukses
2. Bagaimana memastikan profit anda stabil berkembang dan mencegah kebocoran profit
3. Bagaimana memanage cashflow
4. 5 cara untuk meningkatkan profit hingga 201% dalam 12 bulan
5. Bagaimana membuat system yang sederhana dan efektif untuk meluangkan waktu anda
6. Bagaimana mencari dan memimpin team yang handal

Tuesday 2 July 2013

info seminar bisnis (Formula Bisnis Ideal)

   

3 jam Seminar yang dapat membantu Anda MENGETAHUI LANGKAH-LANGKAH MENJADI PEBISNIS SEJATI, agar Anda dapat MELAKUKAN APA YANG ANDA INGINKAN.

Gedung Jakarta Design Center (JDC) - Lantai 6
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 53 Petamburan Tanah Abang Jakarta Pusat

Rabu26 Juni 2013
Jam 13.317.00 WIB

Untuk pembicara : Chandra Liestiawan
                          
agenda seminar dihadiri beberapa peserta dari beberapa perusahaan












                                                                                                

Info Seminar Bisnis (Talkshow Pas FM)

TALKSHOW PAS FM

Ikuti Serial Talkshow "For Better Business in Indonesia"
Setiap Rabu, 08.00-09.00 wib
Di PASFM Jakarta - 92,4 FM

Pembahasan :

1. Dari cara memulai bisnis dengan benar, 2. Merestrukturisasi, 3. Menyelamatkan, 4. Meregenerasi, 5. Sampai dengan Ekspansi Bisnis Anda.

Akan dibawakan selama 6 bulan ke depan oleh GENDRO SALIM dan ARI H. HANDOJO-Formula Bisnis Indonesia (FBI)

Dapatkan Free CD mengenai For Better Indonesia dalam MEMBENAHI BISNIS Anda lebih baik lagi, dan UNDIAN 1 buah Software Akuntansi Accurate seharga Rp. 3.000.000,- setiap minggunya.

Untuk keterangan lebih lanjut
HUBUNGI : 021-583 583 33
www.formulabisnisindonesia.com

www.seminartrainingmotivasi.blogspot.com

Monday 1 July 2013

info seminar (In House Training Exploring Human Excellence)

Agenda seminar bisnis In House Training Exploring Human Excellence

Agenda seminar di laksanakan di PT Kadi Internasional tanggal 29 juni 2013 dengan pembicara Bapak Tjong Ka Bun dihadiri lebih dari 60 peserta dari perwakilan PT Kadi Internasional di seluruh indonesia.
Agenda seminar dilakukan dari jam 08.00-17.00




Feed Back dari peserta acara In House Training sangat beragam, sangat bagus untuk memotivasi pribadi untuk berkembang sehingga bisa selalu beradaptasi dengan lawan bicara dan memahami kemampuan diri.

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal