Friday 27 September 2013

How to start a business? Edisi ke-6 (Tamat)


      Coach Chandra Liestiawan
      Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia

     
6 .      Strategi marketing

Apapun jenis usaha yang dijalankan, strategi marketing adalah hal yang mutlak. Bagaimana perusahaan ingin mengenalkan produk atau jasanya? Siapa target marketnya? Dimana para konsumen ini berada? Apa yang mereka cari? Bagaimana cara menyampaikan kelebihan produk atau jasa kita kepada mereka? Media apa yang akan dipilih? Berapa biaya yang dibutuhkan? Apakah biaya yang dikeluarkan tersebut mampu mendatangkan keuntungan bagi perusahaan? Apa alasan bagi konsumen untuk memilih kita? Bagaimana cara kita menjaga pelanggan yang telah kita dapatkan? Apakah kita terus mereview dan mengevaluasi apa yang telah kita lakukan? Sehingga kita bisa mengetahui strategi mana yang sesuai dengan jenis usaha yang kita jalankan.
Kelima hal tersebut di atas dilakukan dan dievaluasi secara terus menerus dengan tujuan memberikan informasi yang cukup bagi owner untuk mengambil keputusan.
Bagian mana yang perlu disistemasi? Apakah diperlukan penambahan karyawan atau training? Karyawan mana yang menunjukkan kinerja sesuai harapan perusahaan? Apa alat ukurnya?

Mayoritas orang yang berbisnis mengerti hanya satu bagian dari keseluruhan formula bisnis. Orang yang menguasai produksi akan sangat membanggakan produknya. Dengan produk/jasa yang mereka hasilkan, pasti bisa diterima di masyarakat. Jika kita menanyakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan bagaimana cara marketing yang akan dijalankan, mereka tidak mengetahui dengan pasti. Yang mereka yakini adalah produk yang mereka hasilkan adalah produk yang bagus.

Demikian juga dengan orang yang menguasai marketing. Mereka yakin bahwa strategi marketing yang akan mereka jalankan pasti mendatangkan keuntungan. Bagaimana cara mendapatkan supplier dan proses produksinya? Berapa biaya produksi dan operasional yang diperlukan? Bagaimana mengontrol team? Buat mereka, pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak penting dan akan dipikirkan kemudian setelah berjalan.

Panduan di atas akan memberikan kesempatan bagi para calon wirausahawan untuk berpikir terlebih dahulu. Ada tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum memulai bisnisnya sehingga mereka lebih siap mengantisipasi kesiapan dana dan tenaga yang diperlukan. Sehingga pada saat memulai, tantangan yang dihadapi adalah tantangan yang tidak terprediksikan. Gunakanlah pertimbangan-pertimbangan di atas sebagai alat untuk menyiapkan diri memulai suatu usaha.

Selamat berbisnis……

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal