Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
6 . Strategi
marketing
Apapun jenis
usaha yang dijalankan, strategi marketing adalah hal yang mutlak. Bagaimana
perusahaan ingin mengenalkan produk atau jasanya? Siapa target marketnya?
Dimana para konsumen ini berada? Apa yang mereka cari? Bagaimana cara
menyampaikan kelebihan produk atau jasa kita kepada mereka? Media apa yang akan
dipilih? Berapa biaya yang dibutuhkan? Apakah biaya yang dikeluarkan tersebut
mampu mendatangkan keuntungan bagi perusahaan? Apa alasan bagi konsumen untuk
memilih kita? Bagaimana cara kita menjaga pelanggan yang telah kita dapatkan?
Apakah kita terus mereview dan mengevaluasi apa yang telah kita lakukan?
Sehingga kita bisa mengetahui strategi mana yang sesuai dengan jenis usaha yang
kita jalankan.
Kelima hal
tersebut di atas dilakukan dan dievaluasi secara terus menerus dengan tujuan
memberikan informasi yang cukup bagi owner untuk mengambil keputusan.
Bagian mana
yang perlu disistemasi? Apakah diperlukan penambahan karyawan atau training?
Karyawan mana yang menunjukkan kinerja sesuai harapan perusahaan? Apa alat
ukurnya?
Mayoritas orang yang
berbisnis mengerti hanya satu bagian dari keseluruhan formula bisnis. Orang
yang menguasai produksi akan sangat membanggakan produknya. Dengan produk/jasa
yang mereka hasilkan, pasti bisa diterima di masyarakat. Jika kita menanyakan
berapa biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan bagaimana cara marketing
yang akan dijalankan, mereka tidak mengetahui dengan pasti. Yang mereka yakini
adalah produk yang mereka hasilkan adalah produk yang bagus.
Demikian juga dengan
orang yang menguasai marketing. Mereka yakin bahwa strategi marketing yang akan
mereka jalankan pasti mendatangkan keuntungan. Bagaimana cara mendapatkan
supplier dan proses produksinya? Berapa biaya produksi dan operasional yang
diperlukan? Bagaimana mengontrol team? Buat mereka, pertanyaan-pertanyaan
tersebut tidak penting dan akan dipikirkan kemudian setelah berjalan.
Panduan di atas akan
memberikan kesempatan bagi para calon wirausahawan untuk berpikir terlebih
dahulu. Ada tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum memulai
bisnisnya sehingga mereka lebih siap mengantisipasi kesiapan dana dan tenaga
yang diperlukan. Sehingga pada saat memulai, tantangan yang dihadapi adalah
tantangan yang tidak terprediksikan. Gunakanlah pertimbangan-pertimbangan di
atas sebagai alat untuk menyiapkan diri memulai suatu usaha.
Selamat berbisnis……
No comments:
Post a Comment