Friday 27 September 2013

How to start a business? Edisi ke-1


Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia


Melihat animo masyarakat Indonesia yang semakin tertarik untuk berwirausaha, merupakan tanda pertumbuhan ekonomi bangsa kita semakin hari semakin membaik. Walau angka wirausahawan masih jauh dari target pemerintah, yaitu 4%, namun antusiasme untuk memiliki usaha sendiri semakin nyata terlihat di masyarakat kita.
Peningkatan ini banyak terlihat di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota-kota lainnya. Ragam usahanya pun semakin berkembang, tidak saja usaha home industry, namun juga merambat ke dunia maya, online business. Jarak dan lokasi tidak lagi menjadi pertimbangan utama. Kita bisa memulai suatu usaha dan memiliki pelanggan di seluruh Indonesia.
Banyaknya keberhasilan yang diangkat ke media masa membuat para calon wirausahawan yang tadinya ragu untuk memulai, memberanikan diri untuk menerjuni usaha yang selama ini diimpikan. Namun juga tidak sedikit yang tetap berada dalam keraguan. Usaha apa, berapa modalnya, bagaimana mencari pelanggan, siapa saja teamnya dan masih banyak pertanyaan yang mengantung.
Beberapa orang mencemooh bahwa memulai suatu bisnis tidak perlu memikirkan banyak hal, yang penting adalah action. Yang penting bisa mendapatkan uang. Ada perbedaan antara berbisnis dan berdagang. Mari kita lihat perbedaannya :
Usaha dijabarkan sebagai sebuah badan usaha (organisasi) yang bertujuan untuk menghasilkan laba yang sebesar-besarnya secara terus menerus dan tumbuh berkesinambungan.
Ada unsur sebuah, badan usaha, menghasilkan laba, terus menerus dan berkesinambungan yang membentuk definisi sebuah kata usaha. Jika kita baru memenuhi unsur menghasilkan laba, kita belum bisa dikatakan memiliki sebuah bisnis/usaha.
Mari kita kupas satu persatu :
  1. Sebuah bisa diartikan bahwa kita memulai bisnis dengan satu fokus pada satu tujuan atau satu visi dan setiap manusia yang terlibat di dalam usaha tersebut memiliki satu tujuan bersama.
  2. Badan usaha memiliki makna bahwa ada sekelompok orang yang menjalankan usaha tersebut,  yang umum dikenal dengan nama struktur organisasi.
  3. Menghasilkan laba secara terus menerus adalah tujuan yang diharapkan dari membangun suatu usaha
  4. Tumbuh berkesinambungan memiliki makna bahwa suatu usaha harus bertumbuh dari waktu ke waktu. Jika tidak memiliki pertumbuhan, usaha ini pasti akan tergantikan oleh usaha yang lain 

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal