Friday 27 September 2013

How to start a business? Edisi ke-3


       Oleh Coach Chandra Liestiawan
       Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia

      2. Tujuan usaha
 
Baru-baru ini saya bertemu dengan seorang calon wirausahawan. Ketika saya menanyakan apa tujuan yang ingin dicapai dari usaha tersebut? Beliau menjawab untuk mendapatkan uang. Jawaban yang lumrah bukan? Ketika saya menanyakan berapa jumlah uang yang ingin didapatkan? Jawabannya adalah 50 juta rupiah sebulan. Usaha yang ingin dibangun adalah bidang kuliner dengan membuka stand di depan sebuah minimarket.
Jika tujuannya adalah mendapatkan 50 juta rupiah, bagaimana cara mencapainya? Jawabannya cukup diplomatis. Jika kita tidak mulai, kita tidak akan tahu. Nanti toh akan berkembang dengan sendirinya. Begitu sudah berjalan, baru dipikirkan bagaimana perkembangannya.
Banyak orang yang mempertanyakan apakah perlu memiliki tujuan atau visi terlebih dahulu. “Jangan terlalu banyak berteori” demikian penyangkalan yang diberikan. Kalau terlalu banyak teori, nanti bisnisnya tidak jalan-jalan. Yang penting, kerjakan saja terlebih dahulu. Visi bisa belakangan..
Setuju bahwa bisnis perlu gerak. Pertanyaannya adalah, ‘Mau bergerak kemana? Apa yang diperlukan? Siapa yang akan membantu kita?’ Bagaimana pertanyaan tersebut bisa dijawab jika ownernya tidak mengetahui visi yang hendak dituju?
Visi adalah satu hal yang akan mampu membuat pemilik bisnis terus melangkah dan menjadikan masalah sebagai batu loncatan ke depan. Visi akan membuat tim menjadi kompak dan selalu di belakang owner apapun yang terjadi. Visi yang akan menjadi inspirasi bagi konsumen atau klien untuk bergabung dengan kita.
Jadi, apa visi yang ingin Anda capai dengan bisnis ini? Seberapa besar visi ini sehingga Anda rela menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran ke dalamnya? Apakah visi ini akan memberikan dampak positif bagi orang-orang yang mendukung Anda?

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal