Friday 27 September 2013

How to start a business? Edisi ke-2


oleh Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Setelah kita memahami pengertian bisnis itu sendiri, sekarang mari kita telusuri apa yang harus dipersiapkan bagi para calon wirausahawan di dalam membangun bisnis baru.
  1. Jenis usaha
Ini adalah tantangan pertama yang dihadapi oleh seorang calon wirausahawan pada saat memulai membangun bisnis. Bisnis apa yang akan dipilih? Bagaimana saya bisa yakin bahwa ini adalah bisnis yang cocok dengan saya? Apa bisnis yang sedang menjadi trend saat ini?
Kita sering mendengar bahwa bisnis dimulai dari passion atau minat kita. Yang menjadi masalah adalah begitu banyak orang tidak mengetahui apa yang menjadi passion nya. Ketika hal ini terjadi, orang cenderung menjadi peniru atau pengikut trend. Apakah semua bisnis yang sedang trend di pasar berlaku sama juga bagi kita? Apakah keberhasilan yang dinikmati oleh pebisnis lain semata-mata karena mereka juga mengikuti trend pemain sebelumnya? Apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami tantangan dalam bisnis tersebut? Apakah Anda akan tetap bertahan dan mencari jalan keluar? Ataukah Anda akan mundur sebelum memulai dan menerima kondisi bahwa tidak memungkinkan untuk memulai suatu usaha?
Jika seseorang mengetahui apa yang menjadi passionnya, mereka memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi untuk memulai. Masalah yang dihadapi tidaklah menjadi masalah lagi, melainkan tantangan untuk menemukan solusi. Mengerjakan sesuatu yang menjadi passion kita adalah hal yang paling menyenangkan di dunia ini. Apalagi ketika hal tersebut juga mendatangkan keuntungan bagi pelakunya.
Apakah memulai suatu usaha dari passion pasti menjamin bahwa usaha tersebut akan sukses dan demikian pula sebaliknya? Tentu tidak. Masih banyak faktor penentu lainnya. Jika hanya mengandalkan passion, maka bisnis tidak lagi berorientasi untuk menghasilkan, melainkan hanya untuk mewujudkan passionnya. Banyak pengusaha yang akhirnya gulung tikar karena lebih mengutamakan passionnya daripada perkembangan usahanya.

bersambung..

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal