Friday 27 September 2013

How to start a business? Edisi Ke-5


       Oleh Coach Chandra Liestiawan
       Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia

       4. Struktur organisasi 
 
Pebisnis memiliki team yang terdiri dari sejumlah karyawan. Dan tidak jarang, seluruh karyawan tersebut melapor langsung kepadanya. Alasannya adalah agar semua kejadian di dalam bisnis diketahui langsung oleh owner. Jika semua karyawan melapor kepada owner, berapa banyak waktu yang tersisa bagi owner untuk mengurus perkembangan perusahaan? Apakah owner memiliki kewajiban untuk mengurus langsung semua hal yang terjadi di dalam perusahaannya? Pekerjaan yang mana yang bisa didelegasikan?
Struktur organisasi yang ditetapkan terlebih dahulu akan membantu setiap karyawan mengerjakan tugas mereka dengan benar. Tidak ada pekerjaan sama yang dilakukan oleh dua orang yang berbeda. Team yang menjadi leader akan belajar untuk bertanggung jawab atas team yang dipimpin. Setiap orang memahami kesempatan jenjang karier yang ada di dalam perusahaan.
Bagian yang umumnya ada dalam satu perusahaan adalah HRD, Finance, Operation, Marketing, Sales dan Research and Development.  Struktur ini harus disesuaikan dengan jenis usaha yang dibangun, yang mana yang diperlukan dan mana yang tidak.
Jika belum memungkinkan untuk langsung mempekerjakan professional di bidang masing-masing, umumnya owner akan turun tangan langsung menangani hal yang dianggap penting. Dan tidak jarang satu orang merangkap beberapa pekerjaan sekaligus. Jumlah karyawan yang diperlukan juga dilihat dari ritme kerja bisnis yang bersangkutan. Struktur organisasi yang jelas akan membantu setiap orang yang terlibat untuk mengerti apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing dan kapan menjalankan fungsi yang mana.
Team yang telah direkrut dan mengisi posisi sesuai dengan yang dibutuhkan, perlu ditindaklanjuti agar bisa mendukung owner di dalam pencapaian visi perusahaan.  Training apa yang perlu diberikan agar bisa selaras dengan owner? Alat apa yang diperlukan team di dalam menjalankan tugasnya? Bagaimana cara komunikasi yang formal dan informal dengan team? Berapa kali dalam seminggu hal ini dilakukan? Bagaimana pelaporan sebaiknya disampaikan? Apakah team mengerti tentang job description yang harus dilakukan? Apakah mereka juga mengetahui ‘how to’ dalam menjalankan pekerjaannya?
Jika perusahaan terbangun dari beberapa shareholders, maka sesame share holders juga merupakan satu team yang harus dibina baik komunikasi maupun kerjasamanya. Apakah shareholders juga ikut menjalankan perusahaan sebagai direksi? Owner harus mengerti kapan menggunakan topi sebagai shareholder dan kapan sebagai direksi.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal