Friday 27 September 2013

How to start a business? Edisi Ke-4

       Oleh Coach Chandra Liestiawan
       Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia


       3. Jumlah dan sumber dana
 
Setelah kita mengetahui bisnis apa yang akan kita bangun dan visi apa yang hendak dicapai, saatnya kita membuat business plan.
Apa target yang hendak dicapai? Kantor seperti apa yang cocok untuk usaha tersebut? Berapa biaya yang diperlukan untuk set up kantor? Berapa biaya yang diperlukan untuk running? Berapa fixed cost setiap bulannya? Berapa lama akan break even point? Dari mana sumber dana ini bisa diperoleh? Apakah ada kemungkinan untuk berpartner dengan beberapa rekan lain? Bagaimana pembagian saham yang sesuai? Berapa bulan target pengerjaan dari ide menjadi bisnis? Inventaris apa saja yang harus disiapkan? Berapa jumlah staff yang diperlukan? Berapa lama usaha ini akan bertahan dengan jumlah modal yang telah ditentukan jika target tidak tercapai?
Apakah Anda perlu menyiapkan semua ini di depan? Business plan sangat membantu owner mengantisipasi persiapan financial dan menjelaskan apa yang harus dikerjakan dalam rangka mencapai target yang telah ditentukan. Dan meminimalisasikan kemungkinan terjebak dalam permainan hutang karena tidak memprediksikan terlebih dahulu kebutuhan dari awal.
Pebisnis banyak menghindari membuat business plan dalam angka dengan alasan tidak menyukai angka dan hitung-hitungan. Suka atau tidak, bisnis adalah angka. Jika Anda tidak bisa membaca dan memahami angka, bagaimana Anda mengetahui bahwa Anda untung atau rugi?

Bersambung....

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal