Seminar training motivasi merupakan agenda untuk membangun Indonesia lebih baik dengan mengadakan seminar bisnis, seminar franchise, seminar leadership, seminar kewirausahaan, seminar cara bisnis, bisnis coach indonesia, kerja sama mitra bisnis, bisnis online gratis, memulai cara bisnis dengan training-training bisnis sehingga membantu pebisnis mendapatkan uang banyak sehingga akan menjadikan wirausaha sukses dan pengusaha sukses yang akan meningkatkan perekonomian di Indonesia
Wednesday, 25 September 2013
APAKAH PENGHARGAAN ANDA MALAH MERUSAK KARYAWAN ANDA? oleh Coach Chandra (Coach PT Formula Bisnis Indonesia) edisi ke-2
LAKUKAN PENILAIAN YANG BENAR SECARA FAIR
Sebelum anda
memberikan penghargaan ke karyawan anda, pastikan terlebih dahulu apakah cara
anda melakukan penilaian sudah benar.
Entah disadari
atau tidak, banyak perusahaan yang ternyata belum melakukan penilaian secara fair. Sering kali penilaian tidak
dilakukan dengan objektif. Atau juga kriteria penilaiannya yang tidak tepat.
Agar penilaian bisa dilakukan secara fair,
maka anda perlu memahami terlebih dahulu latar belakang penentuan kriteria-kriteria
tersebut.
Tiap karyawan di
perusahaan anda memiliki peranannya masing-masing dalam kemajuan perusahaan
anda, sesuai dengan jabatan dan pekerjaannya. Mereka bersinergi, bekerja
bersama-sama sehingga kemajuan perusahaan baru bisa tercapai. Tidak mungkin
anda mengharapkan bagian akunting untuk melakukan penjualan sebanyak bagian
sales. Tidak mungkin juga bagian HRD diharapkan menyusun rencana promosi sebaik
bagian marketing. Ingat ! Tiap bagian memiliki perannya masing-masing. Jadi
jangan gunakan kriteria yang sama untuk semua bagian.
Untuk mudahnya,
anda perlu membayangkan dengan jelas terlebih dahulu seperti apa harapan ideal
anda pada masing-masing bagian tersebut. Misalnya, untuk bagian sales anda
mengharapkan nilai dan kuantiti penjualan meningkat, penambahan pelanggan baru,
re-order dari pelanggan lama, dsb. Untuk bagian keuangan dan akunting: laporan
keuangan yang akurat dan tepat waktu, pengaturan umur hutang-piutang, kelancaran
tagihan, refinancing, dsb. Untuk
bagian gudang dan pengiriman: Efisiensi penyimpanan barang, zero incident barang hilang atau rusak, waktu
dan frekwensi pengiriman, dsb.
Selain
kriteria-kriteria khusus tersebut, tuliskan juga kriteria umum yang anda
harapkan dari karyawan anda, seperti: kedisipilinan, kerjasama tim, loyalitas, pengembangan
diri, dsb.
Setelah itu, berikan
bobot masing-masing kriteria itu sesuai dengan seberapa penting kriteria itu
harus dimiliki oleh karyawan anda pada bidangnya. Bisa jadi kriteria yang sama
tapi memiliki bobot yang berbeda untuk bagian yang berbeda. Misalnya jika anda
berpendapat bahwa disiplin waktu kerja untuk bagian akunting lebih penting
daripada bagian sales, maka berikan bobot lebih tinggi untuk kriteria waktu
pada bagian akunting dan yang lebih rendah pada bagian sales.
Satu hal yang kadang
suka terabaikan saat membuat kriteria penilaian adalah bahwa penilaian ini
harus searah dengan arah tujuan perusahaan. Pastikan bahwa dengan semakin
tingginya nilai seorang karyawan maka itu benar-benar berefek pada kemajuan
perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjangnya. Jadi pastikan terlebih
dahulu bahwa perusahaan anda telah
memiliki arah tujuan yang luar biasa.
bersambung edisi ke-3
Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk Informasi Bisnis Coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia
dengan menghubungi 021 583 583 33
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment