Wednesday 25 September 2013

Rekrutmen oleh Coach Ari (Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)



Berapa banyak dari anda para pemilik bisnis yang selalu mengeluhkan bahwa sulit untuk mencari karyawan? Dan yang anehnya berapa banyak orang-orang yang mengeluhkan sulit untuk mencari pekerjaan. Jadi antara pemilik usaha yang butuh tenaga kerja, dengan tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan, sama sama kesulitan. Sungguh aneh.

Jika dilihat, saat ini bukan hanya pemberi kerja yang memiliki hak dalam memilih karyawan, akan tetapi karyawan sendiri juga memiliki hak dalam memilih bosnya. Dan masalahnya jika seorang pemilik usaha mendapatkan seorang karyawan yang tidak memilih, maka yang didapatkan adalah memang seorang karyawan yang sudah tidak ada pilihan lagi dalam bekerja. Artinya karyawan ini bukan karyawan yang kompeten.

Nah jadi, sebagai pemilik bisnis, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk bisnis anda mulai saat ini. Supaya kantor anda menjadi pertimbangan bagi para pencari kerja untuk mau bekerja di perusahaan anda.

1.    Tujuan perusahaan anda.  

Para pencari kerja yang memiliki ambisi, justru mencari sebuah perusahaan yang memang ingin berkembang. Jika sebuah hanya ingin stagnan di tempatnya maka anda akan sulit mendapatkan seorang pencari kerja. Ataupun jika anda mendapatkannya, maka anda hanya akan mendapatkan pencari kerja yang memang mencari kenyamanan saja. Dalam arti seorang pekerja yang sudah tidak mau maju juga. Tapi pada saat perusahaan anda menetapakan sebuah tujuan yang besar dan menginspirasi, maka akan lebih mudah bagi anda untuk mendapatkan pencari kerja.
 
2.       Infrastruktur. 

Beberapa klien saya memiliki kantor yang “tidak jelas” dan juga berantakan. Maksudnya adalah kantor yang tidak terlihat seperti kantor, penyusunan yang berantakan, kotor, file ada dimana mana, kabel-kabel tidak tertata, asap dimana mana. Karena pada saat anda melakukan interview di kantor, para pencari kerja juga ingin melihat sebuh kondisi kerja yang nyaman dan teratur. Dan banyak kasus dimana pemilik bisnis sudah mendapatkan karyawan, akan tetapi pada saat baru bekerja tidak sampai seminggu, si karyawan sudah minta resign, bukan karena pekerjaan yang diberikan, melainkan karena kantor yang tidak nyaman untuk bekerja.

3.       Suasana.

Suasana juga sangat berpengaruh untuk pencari kerja. Suasana yang hidup, ceria, ataupun serius dalam bekerja. Bukan suasana yang sunyi, karena karyawan baru 1 orang, dan semua orang terlihat seperti tidak bekerja, alias santai. Menciptakan suasana kerja yang hidup. Dan terlihat bahwa semua tim bekerja untuk mencapai sebuah tujuan, dan bukan sekedar menghabiskan waktu di kantor.

Membuat iklan untuk menarik banyak pelamar, juga sangatlah penting. Kebanyakan iklan lowongan yang di pasang di koran ataupun media internet lainnya, lebih berfokus pada kriteria si karyawan itu sendiri, bukan kepada fasilitas apa saja yang didapat oleh pencari kerja, pada saat dia diterima di perusahaan kita. Jika bisa dikombinasikan kedua hal tersebut, akan membuat iklan lowongan lebih menarik. Misalkan
Perusahaan distribusi mencari sales untuk wilayah jakarta.
Kriteria : Pria, umur max 30 thn, Pendidikan minimal D3, memiliki kendaraan sendiri.
Kadang-kadang pada lowongan yang selama ini ada, sampai ditulis : bersedia bekerja keras, Jujur dll. Padahal pada saat si pencari kerja melihat nama perusahaan anda, mereka tidaklah mengenal nama perusahaan anda. Kecuali jika memang nama perusahaan anda begitu banyak dikenal oleh orang lain. Maka mungkin iklan lowongan anda akan cukup banyak pelamarnya. Supaya lebih banyak menarik para pelamar, bisa ditulikan, fasilitas : Gaji plus komisi sampai dengan 20 juta rupiah per bulan, asuransi kesehatan, jenjang karir yang jelas, di latih langsung oleh para trainer ternama dan sebagainya.

Terkadang banyak perusahaan yang hanya berusaha membuat iklan yang menarik dalam marketing, untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan. Akan tetapi lupa membuat lowongan yang menarik untuk menjaring para pencari kerja yang bagus. Padahal untuk mendapatkan banyak pelamar yang akan melamar ke dalam perusahaan kita, dibutuhkan juga iklan yang menarik. Dan kata-kata yang ditulis sesuai dengan target pencari kerja yang kita inginkan. 

Coach Ari H. Handojo
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia

Untuk Informasi Bisnis coach Bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia 021 583 583 33


No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal