Wednesday 25 September 2013

FINANCIAL REPORT SEBAGAI RAPOR PERUSAHAAN Edisi ke-1 Oleh Coach Phoa William (Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)

Kemarin kita sudah berbicara mengenai bagaimana mengelola kas Perusahaan, dimana salah satu poin nya adalah memiliki Laporan Keuangan, dan disana juga sudah dijelaskan secara mendasar, tentang bagaimana mulai membuat laporan keuangan secara sederhana.

Berbicara mengenai laporan keuangan, saya pernah mendapat pertanyaan, mengenai apa pentingnya, atau apa perlunya ada laporan keuangan dalam suatu perusahaan?

Apa yg akan terjadi pada suatu perusahaan, jika mereka tidak memiliki laporan keuangan? Karena pernah juga salah satu teman saya membanggakan diri dan perusahaan nya, bahwa tanpa laporan keuangan pun, perusahaan nya tetap bisa berjalan dan memperoleh keuntungan, lalu kalau memang demikian, apa perlunya kita membuat laporan keuangan?

Bukankah ini suatu tambahan tugas baru, yang mungkin menurut beberapa orang, bahkan pemilik usaha, ini menjadi suatu tugas yg memusingkan dan membosankan, karena harus berhadapan dengan angka-angka?

Sebelum kita membahas ini lebih lanjut, ijinkan saya membagi sudut pandang suatu bisnis dari sisi finance/ keuangan, atau mungkin secara umum, yaitu bahwa “bisnis adalah suatu kegiatan usaha komersial yg bertujuan utk menghasilkan keuntungan, dan bertumbuh secara berkelanjutan”, disini ada 3 hal yg bisa kita lihat bersama, yaitu :

a. Kegiatan usaha komersial

Komersial disini berbicara ttg bentuk dan jenis usaha, yaitu komersil, dan bukan yayasan atau koperasi, artinya disini, dasar dari dijalankan nya suatu kegiatan usaha adalah untuk tujuan komersial, yaitu menghasilkan keuntungan, sesuai dengan prinsip ekonomi.

b. Bertujuan untuk menghasilkan keuntungan

Poin b ini lebih memperjelas dan menekankan arti dari poin a, bahwa suatu kegiatan usaha dijalankan bukan hanya untuk aktivitas atau produktivitas belaka, tapi pada akhirnya, maksud dari kegiatan usaha tersebut adalah untuk menghasilkan keuntungan, bagi si pemilik usaha.

c. Bertumbuh secara berkelanjutan

Poin c berbicara tentang tujuan jangka panjang, yg memperluas arti dari poin b, yaitu bukan sekedar menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek saja, tapi dari keuntungan tersebut, bisnis perlu untuk bisa bertumbuh, dan tidak hanya dalam hitungan hari atau bulan saja, tapi dalam hitungan jangka waktu yang lebih panjang, (kuartal, semester, tahunan, atau bahkan belasan dan puluhan tahun).

Bersambung...
Coach Phoa William
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk Informasi Bisnis Coach Bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia dengan menghubungi no 021 583 583 33

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal