Wednesday 25 September 2013

APAKAH PENGHARGAAN ANDA MALAH MERUSAK KARYAWAN ANDA? oleh Coach Chandra Liestiawan (Coach PT Formula Bisnis Indonesia) Edisi ke-4



INGAT GAMBARAN BESARNYA TAPI JANGAN LUPAKAN DETILNYA

Keep it simple. Buatlah tetap mudah. Ingat bahwa sistem penilaian dibuat untuk mendorong kemajuan karyawan dan kemajuan perusahaan pada saat yang bersamaan. Sesuaikan sistem ini dengan skala perusahaan anda. Tidak perlu sistem yang terlaku kompleks jika perusahaan anda termasuk SMI. Sebisa mungkin terapkan sistem ini bisa dimengerti oleh tiap karyawan dan jalankan dengan se-transparan mungkin. Ibaratnya pada setiap pertandingan olahraga, pasti memiliki aturannya masing-masing yang harus jelas, dilakukan dengan adil dan pemain harus memahami aturan-aturan tersebut.
Systemize the routine, humanize the exception. Sistemasi rutinitas, toleransi pengecualian. Jangan masukan hal-hal yang sifatnya pengecualian pada kriteria penilaian yang anda buat. Sampai nantinya pengecualian itu menjadi suatu rutinitas. Misalnya, suatu ketika karyawan akunting anda terpaksa melakukan pengiriman karena semua sopir anda tidak ada yang bisa, maka jangan kemudian kriteria sopir dibebankan pada karyawan akunting tersebut. Kecuali sampai suatu saat karyawan akunting benar-benar telah rutin melakukan pekerjaan sopir juga.
See the tree but don’t forget the forest. Lihat pohonnya tapi jangan lupa hutannya. Setiap karyawan anda adalah bagian dari tim. Selain penilaian-penilaian yang ditujukan untuk masing-masing karyawan, persiapkan pula penilaian untuk tim. Hal ini bisa diterapkan dengan 3 cara, yaitu : menambahkan kriteria yang berhubungan dengan tim, atau memberlakukan perhitungan total per tim, atau gabungan keduanya. Intinya jangan sampai tim menjadi hancur karena persaingan antar karyawan yang tidak sehat.
Better know where you want to go before you hit the road. Sebaiknya ketahui tujuan anda sebelum anda jalan. Mengetahui tujuan yang ingin dicapai, kemudian menyusun jalan menuju tujuan tersebut, akan membantu anda untuk membuat setiap langkah anda menjadi berguna untuk ke tujuan tersebut. Siapkan visi-misi, budaya, goal, target jangka pendek dan jangka panjang lalu sesuaikan kriteria-kriteria anda pada hal-hal tersebut. Ada kalanya perusahaan memiliki goal yang berbeda pada tahap perkembangan yang berbeda. Jadikan sistem penilaian ini untuk mendorong tercapainya goal tersebut.
Practice make perfect. Latihan membuat kesempurnaan. Ingatlah bahwa anda tidak bisa menghasilkan sistem penilaian yang langsung sempurna saat pertama kali anda membuatnya. Sistem penilaian yang telah jadi, perlu dievaluasi dan disesuaikan berkali-kali hingga akhirnya anda mendapatkan sistem penilaian yang tepat.
To have a good game every player must know the rules of the game.Untuk mendapatkan permainan yang baik, setiap pemain harus mengetahui aturannya dahulu. 

Coach Chandra Liestiawan
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk informasi bisnis coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia dengan menghubungi no
021 583 583 33

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal