Wednesday 25 September 2013

Bagaimana Coach melakukan Coaching





Sebagai Coach Anda, kami (Coach) akan mengajukan pertanyaan, mendorong, menasihati, menantang, meminta dan mendengarkan "esensi" Anda sehingga Anda tetap konsisten dengan siapa diri Anda yang sebenarnya sehubungan dengan tujuan, nilai-nilai dan visi Anda. Fokus Coach akan kepada Anda, apa yang Anda inginkan dan bagaimana Anda bisa mendapatkannya.

Namun, hubungan Coaching akan dibentuk oleh kita berdua dan kita masing-masing dapat menyempurnakannya  dengan memberikan dan menerima umpan balik (feedback). Meskipun Coach berkomitmen di dalam proses, Anda sendiri tetap memiliki tanggung jawab pribadi untuk mengambil tindakan (atau tidak mengambil tindakan) seperti yang Anda inginkan.

·    Coach mengharapkan yang terbaik dari Anda

Hasil yang terbaik dapat tercapai bila Anda siap untuk melakukan dan menjadi yang terbaik yang Anda bisa. Hal tersebut adalah menghadapai tantangan dan memberikan upaya terbaik Anda. Apabila ternyata bahwa Anda mungkin tidak memberikan yang terbaik, adalah menjadi tugas Coach untuk membuat Anda menyadari hal tersebut sehingga kita dapat mengerjakan apa yang benar-benar ingin Anda lakukan.

·    Coach mengajukan permintaan khusus

Apabila ternyata dibutuhkan, Coach akan mengajukan permintaan langsung seperti, "Dapatkah Anda melihat diri Anda menyelesaikan X dalam dua minggu ke depan"? Anda dapat memenuhi permintaan  tersebut  ("Ya  Coach,  saya  bisa  melakukan  itu"),  memberikan  pilihan  alternatif ("Saya tidak bisa melakukan X, tapi bisa melakukan Y") atau mungkin Anda menolak sama sekali (yang  jarang  terjadi).  Bagaimanapun  cara  Anda  menanggapinya,  Coach  akan  mendukung tindakan Anda.


·    Coach memberikan saran

Pada kesempatan tertentu, jika Coach mengetahui sesuatu hal tertentu, dan Anda terbuka untuk itu, Coach akan memberikan saran-saran spesifik tentang bagaimana untuk menangani masalah atau isu atau memanfaatkan kesempatan. Jika Coach tidak yakin tentang sesuatu hal, Coach akan mengatakan apa adanya. Terlepas dari hal tersebut, Anda akan perlu menggunakan kebijaksanaan dan penilaian Anda sendiri.

·    Coach akan selalu bersikap terbuka

Seandainya, Coach mendengar keraguan dalam suara Anda atau menyadari bahwa Anda mulai tidak konsisten, biasanya Coach akan menanyakan hal tersebut. Seringkali, di saat-saat seperti itu adalah waktu yang memungkinkan adanya kesempatan untuk menyelesaikan sesuatu. Setidaknya, Coach tidak akan mengkonfrontasi Anda.   Hal tersebut hanyalah pekerjaan Coach untuk menyoroti masalah tersebut dan memungkinkan Anda untuk mengatasinya dengan cara Anda sendiri.

·    Coach memberikan tugas

Biasanya, Coach akan meminta Anda untuk mengerjakan mungkin dua atau tiga goals (tujuan) agar tetap fokus di antara sesi kita bertemu. Jika Coach mendorong Anda terlalu keras, maka penting bagi Anda untuk menyampaikannya kepada Coach. Jika Anda ingin didorong lebih keras lagi,  penting juga bagi Anda menyampaikannya kepada Coach.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal