Wednesday 25 September 2013

Cara Mengelola Keuangan Proyek Anda Edisi ke-2 Oleh Coach Dion Widia (Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)



Langkah 3: Pelacakan Mingguan
Langkah selanjutnya setelah menetapkan anggaran dan mengamankan dana cadangan adalah untuk mulai melacak bagaimana pengeluaran dana harian Anda pada proyek. Anda perlu untuk melacak setiap biaya yang terjadi. Mintalah tim Anda untuk mengisi formulir ketika mereka memerlukan dana dan menyerahkannya kembali kepada Anda untuk persetujuan. Jika Anda bisa mendapatkan tim Anda menunggu sampai Anda telah menyetujui permintaan dana sebelum biaya itu terjadi, maka Anda dapat lebih mudah mengontrol pengeluaran pada proyek. Selanjutnya,  Anda perlu untuk melacak pemakaian orang-orang Anda.  Gunakanlah tools Manajemen Proyek dimana  setiap orang diberikan tarif per jam dan total biaya jam yang dilakukan oleh orang-orang secara otomatis ditampilkan satu laporan, sehingga Anda dapat melihat apakah biaya orang Anda di bawah atau di atas anggaran.

Langkah 4: Penyelarasan
Ketika Anda mulai menghabiskan lebih banyak dana daripada anggaran Anda, Anda memiliki 3 pilihan yang tersedia untuk membantu Anda tetap dalam anggaran:
1. Buat perkiraan ulang mengenai pengeluaran Anda dan mintalah persetujuan anggaran baru kepada Sponsor Anda.
2. Segera mulai mengurangi biaya yang selama ini berjalan. Ini berarti pengurangan pengeluaran untuk tetap dapat melakukan aktivitas pekerjaan yang sama (yang memang seharusnya dilakukan).  Atau sebagai alternatif, apakah Sponsor Anda akan setuju jika lingkup pekerjaan berkurang, sehingga Anda memiliki ruang untuk membantu pengurangan pengeluaran dalam proyek.
3. Mulai menggunakan dana cadangan supaya  proyek Anda tetap berjalan di jalur utama.

Langkah 5: Manajemen Arus Kas
Pastikan Anda selalu memiliki cukup dana yang tersedia untuk menutupi pengeluaran Anda selama beberapa bulan ke depan. Manajemen Arus Kas adalah tentang mengelola uang tunai yang diperlukan untuk menjalankan dan menyelesaikan proyek Anda. Jadi pastikan Sponsor Anda telah menyetujui 1-2 bulan ke depan pekerjaan di depan waktu, dan dana yang dibutuhkan untuk mengelola proyek telah tersedia. Kemudian tetap lakukan pelacakan pengeluaran dana yang dikeluarkan setiap minggu.

Coach Dion Widia
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk Informasi Bisnis Coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia dengan menghubungi no 021 583 583 33

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal