Wednesday 25 September 2013

Benarkah Salah Team ? edisi pertama oleh Coach Elly Raharja (Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia)



“Team saya tidak mengerti apa yang saya sampaikan”. “Sudah diberitahu berkali-kali, tetap saja tidak dijalankan”.
Dua kalimat di atas sering terlontar dari business owners. Team yang tidak bekerja sesuai harapan, instruksi berkali-kali, prosedur yang tidak dijalankan, dan sederet keluhan lainnya mengenai team. Tidak jarang owner kecewa dengan team yang tidak kompeten dan memberhentikan mereka. Apakah hal ini semata-mata merupakan kesalahan team?
Ada beberapa penyebab terjadinya kondisi ini :

1.       Team yang tidak kompeten
Owner sering sekali menyalahkan team jika team tidak bekerja sesuai ekspektasi. Apakah ini semata-mata dikarenakan team yang tidak kompeten? Bagaimana caranya team yang tidak kompeten bisa terpilih sebagai team? Bukankah owner atau setidaknya HRD yang memilih team yang bersangkutan? Kriteria seperti apa yang harus dimiliki oleh kandidat pelamar?
Apakah seorang laki-laki atau wanita? Berapa kisaran usia yang cocok? Apa latar belakang pendidikan yang sesuai? Apakah perlu memiliki pengalaman terlebih dahulu? Berapa tahun pengalaman yang harus dimiliki? Apakah memerlukan keahlian di bidang lain?
Dengan kriteria yang telah ditetapkan, pencarian bisa dimulai. Dimana perusahaan bisa mendapatkan kandidat tersebut? Apa yang akan ditawarkan kepada kandidat? Media apa yang akan dipakai? Tes apa yang akan digunakan untuk memilih kandidat yang terbaik? Siapa yang akan melakukan tugas seleksi? Apakah cukup hanya team HRD? Atau ditambah dengan kepala bagian yang memerlukan tenaga tersebut. 

2.       Ketidakjelasan prosedur kerja dan job description
Dengan kesibukan operasional sehari-hari, tenaga baru yang didapatkan sering langsung dimasukkan ke dalam on job training. Dengan melihat dan ikut melakukan apa yang dilakukan oleh seniornya, diharapkan mereka akan langsung mengerti tugas yang harus dijalankan. Jika tidak, masih bisa bertanya kepada atasannya langsung atau ke owner, untuk beberapa usaha kecil dimana semua karyawan melapor langsung kepada owner.
Tidak maksimalnya kerja team bisa dikarenakan team tidak mengetahui dengan jelas apa saja yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya secara tertulis. Apa yang mereka lakukan adalah mengikuti apa yang telah menjadi rutinitas operasional sehari-hari. Wajar jika ada beberapa ekspektasi owner yang tidak dikerjakan oleh team.
Sudahkah owner memiliki panduan bagi team? Apa job description dari masing-masing jabatan? Bagaimana prosedur kerja yang seharusnya? Apakah terdapat aturan umum yang tertulis? Adakah panduan ‘how to manual’ bagi team untuk bekerja? 

Coach Elly Raharja
Bisnis Coach PT Formula Bisnis Indonesia
Untuk informasi lebih lanjut tentang bisnis coach bisa menghubungi PT Formula Bisnis Indonesia dengan nomer 021 583 583 33

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG, SELAMAT BERKUNJUNG

DAPATKAN INFO BISNIS SEMINAR TRAINING MOTIVASI TERBARU

DAPATKAN INFO MITRA BISNIS, INFO ENTREPRENUR, INFO BISNIS

ADD PIN 57BD201A untuk Info Bisnis dan Silahkan isi form untuk info lebih lanjut

MENGGUNAKAN BLOG karena ingin menunjukkan bisnis tanpa modal